Dua Kentang Bisa Nyalakan Lampu 24 Jam, Ini Video dan Alasannya

0
6654
kentang listrik

Jika bidhuaners bepergian ketempat yang tidak memiliki listrik atau baterai, maka cukup sediakan 2 kentang segar dan 2 paku untuk menyalakan sebuah lampu. Terutama bagi para pecinta alam, hal ini bisa digunakan sebagai metode alternatif tanpa pusing memikirkan sumber listrik.

Dua Kentang Bisa Nyalakan Lampu 24 Jam, Ini Video dan Alasannya yang telah diteliti secara ilmiah.

Ada beberapa alasan mengapa kentang bisa menyalakan lampu. Kentang bisa membantu menghantarkan listrik dari kandungan elektrolit yang dimiliki kentang. Para peneliti di Hebrew University, Israel, menduga kandungan tepung 15 hingga 22% sebagai sumber energinya.

Kentang bisa membantu mengalirkan listrik dengan berperan sebagai “jembatan penghantar garam” antar kedua logam. Buah-buahan yang kaya elektrolit juga bisa menjalankan fungsi serupa (jeruk nipis, pisang, stroberi, dan lainnya). Buah-buahan ini adalah baterai asam natural yang sempurna.

Ada 4 alasan mengapa kentang lebih baik digunakan ketimbang buah lain yang mengandung elektrolit:

  1. jumlahnya sangat banyak di dunia. Pada tahun 2010, produksi kentang dunia adalah sebanyak 324.181.889 ton. Kentang adalah hasil panen terbesar (di luar biji-bijian) di 130 negara
  2. Kentang merupakan sumber saripati utama bagi miliaran orang di seluruh dunia. Kentang murah, mudah disimpan, dan tahan lama.
  3. kentang memiliki struktur yang solid, memudahkan pemasangan panel metal, awet, dan tidak mudah menarik serangga seperti hasil pertanian yang lain
  4. kentang dapat direbus. merebus kentang dapat memperkecil hambatan listrik (membuat elektron mengalir dengan lebih bebas)

Analisis biaya yang dilakukan peneliti ketika membandingkan baterai kering dengan kentang menunjukkan bahwa baterai kentang diperlakukan menghasilkan energi yang lima hingga 50 kali lipat lebih murah daripada yang tersedia secara komersial yakni 1,5 Volt sel D dan sel Energizer E91.

Cahaya yang dihasilkan oleh baterai kentang ini juga setidaknya enam kali lebih ekonomis daripada lampu minyak tanah sering digunakan di negara berkembang. Kekuatan kentang untuk menyalakan lampu bisa sampai 1 hari bahkan seminggu tergantung kandungan elektrolit yang ada di kentang.

Namun ada bebrapa hambatan ketika kentang akan digunakan sebagai sumber listrik sendiri, yakni :

  1. Kentang saat ini sebagai produk pangan, biaya produksi sebagai sumber listrik harus lebih murah dengan penjualan kentang sebagai sumber makanan.
  2. Penggunaan produk pangan sebagai sumber energi kalah populer dengan sumber energi alternatif lainnya (thermal, angin, solar panel) sehingga investasi di sektor ini pun sulit didapatkan.

2 video dibawah ini menjelaskan mengapa kentang bisa menyalakan lampu. Video terakhir menjelaskan bahwa 2 kentang telah diujicobakan menyala selama 24 jam.



SHARE