Video Presepsi Salah dan Cara Atasi Kebakaran Karena Bocor Gas LPG

0
1854
cara penanganan kebakaran karena gas

Ternyata selama ini hampir seluruh masyarakat Indonesia memiliki presepsi yang tidak benar terhadap kasus-kasus yang terjadi akibat ledakan tabung gas LPG. Seperti tabung gas yang meledak dan puntung rokok pemicu kebakaran. Satu-satunya cara untuk memadamkan api adalah tidak panik dan lepaskan selang regulator.

Video Presepsi Salah dan Cara Atasi Kebakaran Karena Bocor Gas LPG. Dijelaskan dalam sebuah video yang menggambarkan demonstrasi tindakan pertama jika terjadi kebakaran karena kebocoran gas. Video pertama diupload oleh Netizen, Bhonie Ontohood di youtube yang kemudian tersebar di facebook.

Latar video terlihat berada di sebuah lapangan milik Kepolisian yang belum jelas dimana tempatnya. Ada beberapa hal penting yang selama ini menjadikan sumber ketakutan bagi warga yang menggunakan kompor gas. 3 hal sebagai faktor pemicu kebakaran yakni dari orangnya, cara penggunaan, dan alat yang dipakainya.

Tabung gas meledak

Presepsi yang salah saat terjadi kebocoran gas adalah tabung gas akan meledak. Padahal yang meledak adalah bukan gas LPG tetapi bagian kompor yang tertutup rapat yang menghimpun kebocoran gasnya. Semakin lama maka gas akan semakin banyak dan ledakan akan semakin besar.

Puntung rokok sebabkan kebakaran

Ternyata ketika dicoba ketika posisi gas terbuka, dan puntung rokok didekatkan, maka rokok akan padam. Sebaliknya ketika ada percikan api maka semburan api akan keluar. Ajaibnya, ketika lubang gas ditutup oleh tangan tidak panas dan api padam.

Api menyala padamkan dengan air

Cara memadamkan api ketika melihat video demonya sangat mudah, dengan menutup sumber gas api langsung padam. Bukan dengan air, pasir ataupun lainnya. Jadi kepanikan adalah hal yang harus dihindari.

Berikut adalah video demonstrasinya



https://www.youtube.com/watch?v=mw5WokwDpsI&feature=youtu.be