Resiko Kematian Lebih Tinggi Jika Masuk Rumah Sakit di Akhir Pekan

0
1513
operasi dokter

Hasil penelitian terbaru yang dipublikasikan di jurnal BMJ Quality and Safety oleh tim ilmuwan internasional memberikan kesimpulan bahwa adanya peningkatan kematian pasien yang dioperasi pada akhir pekan terutama hari minggu. Sebagai contoh, Rumah Sakit di Australia ditemukan kasus dua kali lipat lebih mungkin meninggal bila melakukan operasi di hari minggu.

Resiko Kematian Lebih Tinggi Jika Masuk Rumah Sakit di Akhir Pekan seperti dilaporkan detik.com.

Hasil statistik tersebut diperoleh dengan menggunakan data dari 5 negara dan laporan menunjukkan apa yang disebut efek weekend ini ada di semua tempat meski intensitasnya berbeda-beda. Sudah lama sebenarnya dokter menyadari fenomena namun baru sekarang ada buktinya.

operasi dokter

Ada argumen yang mengatakan penyebab peningkatan risiko kematian di akhir pekan didorong tenaga medis yang lebih minim, namun hal ini dibantah oleh Richard Lilford, profesor kesehatan masyarakat dari University of Warwick yang menanggapi studi.

“Tidak ada yang tahu kenapa ada peningkatan risiko kematian jika orang masuk RS pada akhir pekan. Tidak ada bukti yang menunjukkan ini karena kualitas pelayanan yang lebih rendah,” ujar Lilford seperti dikutip dari ABC Australia pada Selasa (21/7/2015).

Lilford mengatakan hal yang lebih mungkin menjelaskan fenomena adalah memang orang-orang yang masuk ke RS pada akhir pekan cenderung lebih serius kasusnya. Karena itu lebih banyak yang meninggal dan membuat angka statistik tinggi.

“Sifat dari kasus-kasus di akhir pekan memang bisa menyebabkan tingkat kematian lebih tinggi karena biasanya operasi yang dilakukan saat itu sudah dipilih terlebih dahulu dan lebih mendesak,” pungkas profesor bedah dari University of Adelaide, Guy Maddern, mengamini.



Apakah hal ini berlaku di Rumah Sakit di Indonesia? sayangnya belum ada yang meneliti di tanah air. Namun, dari data 5 negara di negara maju yang kita ketahui teknologi lebih maju, ternyata resiko kematian bisa terjadi lebih tinggi dibanding hari biasa. Bagaimana menurut bidhuaners?