Fakta terbaru : Hidup sehat menunda resiko demensia dan penyakit jantung

0
943
demensia

Bidhuan.id – Penelitian di Inggris telah membuktikan bahwa dengan pola hidup yang sehat dapat menunda demensia selama 12 tahun. Selain itu, kemungkinan terkena penyakit jantung 7 tahun lebih lama dibandingkan dengan mereka yang mengabaikan diet dan olahraga.

Penelitian yang dilakukan di South Wales, sebanyak 2.500 pria terlibat dalam penelitian selama 35 tahun. Ada 5 poin penting yang dijaga dari para sukarelawannya, yaitu olah raga teratur, tidak merokok, memiliki berat badan yang ideal, pola makan yang baik dan asupan alkohol yang rendah.

Seperti yang di tuils di situs dailymail.co.uk, dari tahun 1979 sampai saat ini, para peneliti dari Cardiff University mengikuti kebiasaan gaya hidup pria berusia 45-59 yang tinggal di daerah Caerphilly. Mereka menemukan bahwa pria yang mengikuti empat atau lima langkah sehat yang ditentukan, 60 persen lebih kecil kemungkinannya untuk terkena demensia. Hasil yang sama diperoleh bahwa 40 persen akan lebih kecil untuk risiko serangan jantung dan stroke. Selain itu, 70 persen lebih kecil terkena risiko diabetes.

Dalam peneltian ini, dalam kurun waktu 35 tahun, walaupun para pria mengikuti saran untuk mengikuti lima langkah saat, tidak bisa memproteksi dirinya terhindar dari penyakit. Akan tetapi dapat memperlambat terkena penyakit jantung sampai 6 tahun dan kepikunan selama 12 tahun.
Dari penelitian ini, menghasilkan rekomendasi untuk mengikuti 5 poin penting untuk hidup sehati, yaitu menjaga berat badan tetap ideal, banyak konsumsi buah-buahan dan sayuran, olahraga teratur, konsumsi alkohol rendah, dan tidak merokok berat.

Baca: Dikira Masuk Angin Ternyata Gejala Serangan Jantung Awal

Opini :

Apa itu demensia? Merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan penurunan fungsional yang disebabkan oleh kelainan yang terjadi pada otak. Pikun merupakan gejala umum demensia, walaupun pikun itu sendiri belum berarti indikasi terjadinya demensia. Orang-orang yang menderita demensia sering tidak dapat berpikir dengan baik dan berakibat tidak dapat beraktivitas dengan baik. Oleh sebab itu mereka lambat laun kehilangan kemampuan untuk menyelesaikan permasalahan dan perlahan menjadi emosional, sering hal tersebut menjadi tidak terkendali (Wikipedia).

Semakin memperkuat bukti bahwa menjaga pola makan dan gaya hidup adalah penting bagi kesehatan kita di masa yang datang. Sebagai contoh, makan junk food begitu lezat waktu itu tapi efeknya di masa depan belum tentu selezat yang kita makan.

Baca: Digoxin Tablet (Obat Gagal Jantung)