Microlus Alat Prospektif Pendeteksi Dini Sel Kanker Masa Depan

0
1260
deteksi kanker

Kanker akan lebih mudah disembuhkan jika ditemukan sejak dini. Namun saat ini pendeteksian kanker sangat rumit dan sulit serta tidak akurat karena variasi genetik setiap individu.  Jorge Soto, salah seorang ahli IT bidang kanker yang menemukan alat pendeteksi dini kanker yang bernama Microlus.

Microlus Alat Prospektif Pendeteksi Dini Sel Kanker Masa Depan. Alat yang fenomenal yang cara kerjanya mirip Microplate Reader ini menggabungkan teknologi smartphone dengan Micro-RNA (miRNA) yang bisa membaca kode genetik yang berkorelasi terhadap jenis kanker tertentu  seperti diungkap dalam video presentasinya di TedTalks selama 11.21 menit.

deteksi kanker

Cukup hanya membutuhkan sampel darah dan diaplikasikan ke Microlus selama 60 menit tepatnya ke 96 lubang standar yang selalu digunakan untuk pembacaan kode miRNA. Setiap lubang diisikan reagen biokimia temuan tim untuk mendeteksi miRNA.

Kemudian sebuah smartphone dengan software khusus bisa menganalisis kecepatan reaksi dan menganalisis data untuk memberikan diagnosis yang akurat. Sejauh ini, Jorge menyatakan bahwa perangkat telah mampu secara akurat menentukan pola ekspresi miRNA untuk kanker pankreas, kanker paru-paru, kanker payudara, dan banyak lagi. Berikut adalah videonya

Jika bidhuaners ingin tahu mengenai asal-usul, penyebab, dan terapi kanker bisa melihat artikelnya disini.