Fakta Ilmiah : Melinjo tidak menyebabkan kadar asam urat meningkat

0
2031
Fakta Ilmiah : Melinjo tidak menyebabkan kadar asam urat meningkat
Fakta Ilmiah : Melinjo tidak menyebabkan kadar asam urat meningkat

Bidhuan.id – Berdasarkan pada uji klinik terakhir oleh the Juntendo School of Medicine Tokyo,Jepang, dan telah di publikasikan di jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine. Ekstrak biji melinjo dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah yang telah di uji cobakan pada laki-laki sehat di Jepang. Lalu kenapa sampai saat ini ada bukti bahwa makan emping/melinjo meningkatkan asam urat?

Benarkah Melinjo menyebabkan asam urat meningkat?

Sebelum kita bahas, mari kita bandingkan terlebih dahulu screenshoot di wikipedia versi indonesia dan bahasa inggris tentang Gnetum gnemon.
Melinjo - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas 2014-10-26 15-53-35

Gnetum gnemon - Wikipedia, the free encyclopedia 2014-10-26 15-53-11

Terlihat disini, wikipedia situs bahasa indonesia per hari ini belum diupdate, yang masih menyatakan bahwa melinjo pangkal masalah meningkatkan asam urat sedangkan di versi bahasa inggris telah dirubah mengacu ke penelitian terbaru yang akan saya review di postingan kali ini. Berikut adalah artikel yang di publikasikan dan free acces untuk full artikel

Melinjo (Gnetum gnemon L.) Seed Extract Decreases Serum Uric Acid Levels in Nonobese Japanese Males: A Randomized Controlled Study. Konno et all. Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine. Volume 2013,ID 589169.

1. Kandungan dan Manfaat ekstrak biji melinjo

Kato et al. menemukan bahwa biji melinjo yang telah diekstrak memiliki berbagai senyawa stilbenoids seperti trans-resveratrol (3,5,4′-trihydroxy-trans-stilbene), gnetin C (GC; resveratrol dimer), gnetin L (GC derivative), gnemonoside A (GC-diglucoside), gnemonoside C (GC-monoglucoside), dan gnemonoside D (GC-monoglucoside). Kumpulan senyawa ini dikenal dengan Melinjo resveratrol yang telah dipatenkan sebagai suplemen tidur.

Manfaat dari Melinjo Reserveratrol diantaranya terbukti secara praklinis dapat digunakan untuk diabetes dan penyakit kardiovaskular. Selain itu, memiliki efek antibakteri, inhibisi angiogenesis dan imunostimulator.

Opini : ternyata banyak manfaatnya ya dan prospektif loh, di Jepang lagi giat meneliti melinjo, di kita?

2. Metode dan hasil penelitian

Menggunakan metode double-blind, kontrol sampel acak, 30 laki-laki berusia 35–70 tahun dengan fungsi endhotelial ≤10% (flow-mediated dilatation/FMD). Diberikan plasebo (tanpa melinjo) atau 750 mg ekstrak kering selama 8 minggu. Dengan kriteria eklusi konsumsi makanan yang berhubungan dengan metabolisme lipid dan glukosa, alergi terhadap melinjo, sering minum anggur yang menggandung trans-resveratrol, dalam medikasi hipertensi, diabetes atau hiperlipidemia, memiliki gangguan hati, ginjal dan paru-paru.

Hasil penelitian menunjukan ada nya perbedaan yang signifikan antara plasebo dengan konsumsi melinjo. Ekstrak melinjo menurunkan kadar asam urat dalam darah pada minggu ke 4 dan ke 8. Serta kolesterol HDL juga meningkat pada grup yang mengkonsumsi melinjo. Dalam penelitian ini juga dilakukan aktivitas inhibisi xantin oksidase terhadap senyawa murni melinjo resveratrol yang meyakinkan hasil dalam uji klinisnya bahwa kadar asam urat dalam darah menurun dan dapat meningkatkan metabolisme lipid dengan peningkatan kadar kolesterol HDL.

Opini : Nah loh, perlu diluruskan, bertahun-tahun bahkan berabad-abad menyalahkan bahwa melinjo bisa meningkatkan kadar asam urat itu keliru secara ilmiah.

3. Mengapa banyak fakta makan emping kadar asam urat meningkat?

Kita cermati terlebih dahulu kriteria eklusi dari penelitian ini, artinya disini yang diuji cobakan terhadap orang yang sehat dan normal serta non obesitas. Jadi, apabila individu memiliki kriteria eklusi yang disebutkan di poin 2 itulah yang menyebabkan kadar asam urat meningkat. Contoh kasus, LDL/vLDL yang mungkin menggangu kinerja ginjal sehingga gagal untuk memetabolisme asam urat. So, mari kita makan emping sepuasnya dan mari giliran kita yang patenkan dan jadikan bahan obat.

Baca: Obat rematik generik ampuh, yang Dapat Dibeli di Apotik