Ini Gambaran Lengkap Rancangan Permenkes Tentang Apotek 2015

6422
permenkes 2015 apotek

Ini Gambaran Lengkap Rancangan Permenkes Tentang Apotek 2015. Peraturan Menteri Kesehatan tentang Apotek akan segera disahkan. Saat ini masih dipelajari pihak Kemenkes RI.

Semua masukan dari Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) telah disampaikan ke tingkat Pengurus Pusat IAI. Seperti dikutip tribunews.com berikut ini.

Melalui Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Kementerian Kesehatan RI saat ini sedang menggodok draf Permenkes tentang Apotek yang dalam waktu dekat akan disahkan.

Menindaklanjuti hal tersebut, seluruh Pengurus Daerah IAI se Indonesia diminta masukan serta sarannya guna menyempurnakan point-point peraturan yang sudah ada.

“ Pengurus Daerah Sulsel sudah membahas draf permenkes tersebut. Kiritikan, saran dan masukan IAI Sulsel juga sudah kami ajukan ke pusat “ demikian ujar Prof. Gemini Alam, Ketua PD IAI Sulsel, di Makassar, (28/1/2016).

Menurut informasi yang datang Sekretariat Pengurus Pusat IAI, Saat ini sudah terkumpul semua hasil pembahasan dari masing-masing Pengurus Daerah se Indonesia. Hingga saat ini sedang dilakukan proses penyempurnaan untuk selanjutnya diajukan kembali ke Kementerian Kesehatan.

Ada beberapa point-point yang akan diajukan dalam permenkes ini, diantaranya soal tatacara pemberian SIA (Surat Izin Apotek), penerbitan SIP (Surat Izin Prakter) Apoteker, pemberlakuan jam praktek Apoteker di Apotek / papan praktek apotek, serta kewenangan-kewenangan Apoteker dalam pelayanan praktek kefarmasian lainnya, seperti soal Apoteker yang berhak menandatangani Surat Pesan (SP) obat, OWA (Obat Wajib Apotek), penggantian obat merk dengan obat generik, obat daftar G, dan lain sebagainya.

“Apoteker saat ini sudah harus melakukan praktek di apotek secara optimal. Komitmen praktek ini menjadi kewajiban yang harus dapat dikontrol oleh lembaga terkait khususnya pada izin praktek. Jadi proses pemberian izin apotek bukan hanya berlabel adanya apoteker tapi akan mencantumkan keberadaan jam praktek apoteker di apotek” tambah Gemini.

Jika penasaran terhadap poin-poin yang diungkap diatas, bidhuaners bisa download rancangan lengkapnya versi 8 Januari 2016.

Download RPM Apotek 07.01.2016 edit 8 Jan 2016

Intinya tidak akan mengalami perubahan yang signifikan, tetapi tentunya menunggu disahkan adalah hal yang lebih bijak jika ingin melihat versi sebenarnya.



Paling tidak Apoteker di seluruh Indonesia saat ini mengetahui apa isi rancangan Permenkesnya dan memberikan doa serta dukungan kepada IAI setempat dan Kemenkes RI agar bisa segera disahkan.