Ini Alasan Mengapa Bali United Tampil Perkasa di Piala Presiden

2009
bali united indra sjafri

Bali United Pusam saat ini tampil sebagai juara Grup C di Piala Presiden 2015 dan berhak lolos ke babak 8 besar. Bali United benar-benar menghidupkan kembali sepakbola di Bali selepas Gelora Dewata dan Perseden Denpasar yang sempat tampil di kancah sepakbola tertinggi di Liga Indonesia.

Ini Alasan Mengapa Bali United Tampil Perkasa di Piala Presiden yang dirangkum dalam cover story dari vidio.com. Sebelumnya mari sejenak kita lihat sejarah klub sepak bola yang pernah ada di Bali dilansir dari cnnindonesia.com.

Ada 4 tim yang paling dikenal oleh masyarakat Bali, yakni Gelora Dewata, Perseden Denpasar, Persegi Gianyar, dan Bali Devata

Gelora Dewata didirikan oleh pengusaha HM. Mislan. Gelora Dewata pindah ke Sidoarjo pada musim kompetisi 2001 setelah menjalani beberapa pertandingan awal Divisi Utama LI 2001, dengan menggunakan nama Gelora Putra Delta. Sempat beberapa kali berganti nama setelah sebelumnya bernama Deltras Sidoarjo sekarang menjadi Delta Raya Sidoarjo.

Persatuan Sepakbola Indonesia Denpasar yang disebut Perseden Denpasar ini bermarkas di Stadion Ngurah Rai, Denpasar, Bali.

Pada 2003 lalu, klub yang memiliki julukan Laskar Catur Muka itu sempat promosi ke Divisi Utama Liga Indonesia. Namun satu tahun kemudian mereka kembali terdegradasi ke Divisi Satu setelah gagal memenangkan babak play-off.

Persatuan Sepakbola (PS) Gianyar merupakan sebuah klub sepakbola yang berbasis di Gianyar, Bali.

PS Gianyar ini merupakan nama baru dari Persegi Gianyar yang mengalami kesulitan keuangan pada 2005. Saat itu Persegi memutuskan bubar namun dibangun kembali oleh klub-klub lain di Bali dengan nama Bali FC.

Namun Bali FC juga mengalami kebangkrutan pada akhir 2007 silam. Akhirnya PS Gianyar bangkit lagi mengganti Bali FC pada 2011 lalu. Pada musim 2013 lalu, klub ini berhasil promosi ke divisi kedua Liga Indonesia.

Meski bukan klub asli Bali, Persires Cirebon sempat menggunakan stadion kandang di Bali. Saat itu mereka masih bernama Bali Devata FC yang bermain di kompetisi Liga Primer Indonesia (LPI).

Sejarah klub ini bermula dari sebuah klub yang bernama Persires Rengat yang bermarkas di Stadion Narasinga, Rengat, Riau. Klub itu kemudian bergabung dengan Bali Devata FC pada 2011 untuk membentuk Persires Bali Devata.

Sejak dua tahun lalu klub itu kembali memindahkan markas dan namanya karena dibeli. Sempat bermain dengan nama Persires Kuningan di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, klub itu lalu turun gunung ke kabupaten Cirebon. Nama klubnya pun diganti jadi Persires Cirebon FC.

Ini Alasan Mengapa Bali United Tampil Perkasa di Piala Presiden

Di dalam video cover story Bali United, CEO Bali United, Yabes Tanuri menegaskan bahwa Bali United adalah sebuah klub yang mendahulukan kebersamaan dan bukan tim jadi, tetapi mengajak semua elemen untuk bersama-sama membangun Bali United.

Sementara coach Indra Sjafri lebih menekankan kepada pembinaan generasi muda dan memanfaatkan potensi pemain lokal yang ada di seluruh pelosok bali dan juga di tanah air. Selain itu disaat tidak adanya kejelasan kompetisi, tim Bali United tetap bersama melakukan latihan rutin.

ARTIKEL TERKAIT