PS TNI vs SPFC : Wasit Tarik Kartu Kuning dan Beri Penalti, Bolehkah?

1322
wasit anulir kartu kuning
@netmediatama : berdiskusi

Laga antara PS TNI melawan Semen Padang FC di perempat final Piala Jenderal Sudirman diwarnai keputusan kontroversial wasit Jumadi Effendi. Netizen pun mulai gerah dan mengeluarkan opininya.

PS TNI vs SPFC : Wasit Tarik Kartu Kuning dan Beri Penalti, Bolehkah? sebelum menjawabnya berikut beberapa screenshoot yang diambil dari @netmediatama.

Dimenit 74, striker Nur Iskandar dijegal di kotak penalti PS TNI, karena wasit melihat asisten pelatih mengacungkan bendera. Secara refleks mengeluarkan kartu kuning karena disangka wasit Jumadi adalah diving, namun beberapa detik kemudian melihat gerak gerik asistennya dan akhirnya berdiskusi. Hasil diskusi memutuskan penalti.

Berikut beberapa komentar Netizen di media sosial
@FaktaPersibBDG
Ada ya wasit udah ngeluarin kartu kuning, eh di masukin lagi. alias ga jadi. jumadi jumadi :))))

@sayogasurya :
Indonesia taek.. wasit gak nggadek. Permainan wes diseting. Pantes main internasional g tau menang. Pssi bubar…

@rozitahrir:
Wasit utama nampak main sabun.. Bisa lo beda keputusan jo wasit garis 😂😂😂

@87_besar :
wasit tarkam kog dipakek? Terlihat kasih peluang TNi untuk menang

Lalu bolehkah ini terjadi, menurut mantan pemain, pelatih, dan juga asesor kepelatihan Inggris,Jim Gordon yang telah manjalani lebih dari 3500 pertandingan. Hal ini dibenarkan jika secara langsung menganulir dengan catatan hasil diskusi dari asisten wasit bukan atas protes pemain, selain itu pertandingan belum digulirkan kembali ato wasit belum meniup peluit kembali.

“Seorang wasit dapat mengubah keputusannya baik itu untuk kartu kuning maupun merah, tetapi hanya jika bermain belum dijalankan lagi. Wasit mungkin (harus) berkonsultasi asisten wasit nya mengenai keputusan ini, untuk memastikan apa yang mereka saksikan. Wasit mungkin tidak berkonsultasi atau memperhitungkan masukan dari orang lain selain asistennya.” Ujar jim dikutip dari quora.com.

Jadi kejadian di laga antara PS TNI melawan Semen Padang diperbolehkan. Pertandingan ini sendiri dimenangkan oleh Semen PAdang dengan kedudukan 2-1. Hasil ini membuat Semen PAdang memimpin sementara Grup D.



Klik untuk mengetahui | Jadwal Pertandingan | Hasil dan Klasemen Penyisihan | Perempat Final | Top Skorer | Live TVVideo Highligt | Profil Klub |