Reaksi Suporter Ketika Iwan Setiawan Hina Lawan-lawannya

1893
Iwan setiwan

Sensasi kembali dibuat oleh pelatih Pusamania Borneo FC (PBFC), Iwan Setiawan di ajang Indonesian Championship Torabika 2015 memperebutkan Piala Jenderal Sudirman. Psy War didengungkan coach Iwan kepada para pemain dan tim yang berkaitan dengan laga PBFC selanjutnya.

Reaksi Suporter Ketika Iwan Setiawan Hina Lawan-lawannya muncul setelah Iwan memberikan komentar pedas seperti diberitakan situs bola.net.

“Kami tidak terlalu memperdulikan PS TNI, kami lebih peduli dengan taktik tim kami. Karena buat kami PS TNI bukan apa-apa, bukan sandungan. Sepanjang kami fokus, sepanjang kami konsentrasi,” kata Iwan.
PS TNI mendapat apresiasi positif usai menaklukkan Surabaya United dengan skor 2-1, Minggu (15/11) lalu. Kecepatan dan kegigihan Legimin Raharjo dan kawan-kawan dinilai sebagai kunci kemenangan PS TNI.
Tapi Iwan Setiawan memiliki pandangan lain tentang PS TNI. “Mereka tidak ada yang cepat. Cepat bagaimana? Itu karena Surabaya United yang bodoh karena tidak bisa lari,” ucap Iwan ketika ditemui Bola.net, Selasa (17/11) siang di Best Western Papilio Hotel Surabaya.
Iwan juga menganggap PS TNI tidak memiliki pemain yang menonjol. Termasuk dua pemain yang mencetak gol ke gawang Surabaya United, yakni Manahati Lestusen dan kapten tim Legimin Raharjo. “Tidak ada yang menonjol. Lestusen? Buktinya dia cadangan,” sebut Iwan.
“Legimin pemain tua, guys. Dia tidak dipakai di Super League akhirnya dia turun kasta. Baru sekarang dia bisa menonjol,” sambung eks pelatih Persela Lamongan ini.
“Zaman bagus-bagusnya Legimin, kita tahu dia tidak hebat dalam heading. Tiba-tiba lawan Surabaya United dia bisa cetak gol dari heading. Berarti siapa yang pintar? Legiminnya atau Surabaya Unitednya yang goblok,” imbuh pelatih asal Aceh ini.
Pun demikian dengan dua pemain lulusan Tim Nasional (Timnas) U-19, yakni kiper Ravi Murdianto dan striker Dimas Drajat. Bagi Iwan, mereka belum apa-apa. “Timnas U-19 itu masih belum apa-apa. Orang lihat pemain senior saja masih gemetar,” cetus Iwan.
“Menangnya Timnas U-19 kita hebat? Orang dari Korea saja kalah kok. Setelah jadi juara disini, kita jadi bulan-bulanan di Myanmar. Hebat dari mana? Mereka belum apa-apa,” pungkas Iwan.

Selain itu, di artikel lainnya Iwan Setiawan menghina PSM dan Bali United sebagai tim Amatir seperti dikutip dari Bola.net.

“Tim-tim Super League di Indonesia, yang gaya mainnya amatir adalah PSM Makassar dan Bali United. Saya kalau mau ngomong ini sifatnya teknis,” ucap Iwan ketika diwawancarai Bola.net di Best Western Papilio Hotel Surabaya, Selasa (17/11) siang.
“Tim amatir gaya main bolanya seperti Perserikatan. Cepat, kencang. Kemana ada orang, dikejar. Mengandalkan semangat. Tapi, tanpa organisasi yang baik as a team. Sebagai sebuah tim. How to defence, how to attacking dengan organisasi yang terencana,” jelas Iwan.
Menurutnya, hal inilah yang tidak dimiliki Bali United. “Mereka tidak. Bayu Gatra saja. Itulah Bali United,” tutur mantan pelatih Persela Lamongan ini.
Secara kebetulan pada turnamen Piala Jenderal Sudirman ini, PBFC diperkuat mantan pemain andalan Bali United, Sandy Suta. Menurut Iwan, ia harus berusaha keras untuk mengubah ‘mindset’ Sandy yang baru saja ditangani Indra Sjafri.
“Saya harus kerja keras untuk main bolanya agar tidak liar sekali. Karena sebelumnya sama Indra Sjafri tidak kuat organisasinya. Hanya mengandalkan fisik, tanpa tempo. Itu lah yang Bang Iwan maksud tim amatir,” jabarnya.
“Bali United pas Piala Presiden kemarin waktu ketemu Mitra Kukar yang main organisasi bagus, tidak bisa menang, draw. Waktu lawan Arema, dihantam 4-1,” tutup Iwan

Situs Bola.com juga mengabarkan bahwa Iwan secara terang terangan menghina Persib Bandung.

“Tanpa Konate Persib permainannya jelek. Begitupun, adanya Konate tetap tidak ada gunanya, Persib mainnya tetap jelek,” ungkap Iwan yang dikontak bola.com pada Rabu (17/11/2015).
Meski menang dengan skor 3-2, Tim Pangeran Biru harus menunggu hingga menit ke-85 untuk menciptakan gol kemenangan melalui Konate.”Sebenarnya Persib kalah atas Persela. Sepak bola di Indonesia belum jujur, jadi ada bantuan wasit. Persib bisa menang dengan bantuan wasit,” ungkap Iwan tanpa basa-basi.

Kontan para suporter yang merasa tersindir dengan perkataan dirinya mengeluarkan kata-kata yang mencengangkan seperti berikut ini.

@AngkringanBola:
Iwan Setiawan ngatain PSM & BU tim amatir, tp lupa sejarah PBFC yg berasal dari Perseba Bangkalan layaknya klub abal2 gonta ganti nama 😝

@vikinglombok:
Si Iwan Setiawan Seneng cari Sensasi?Prestasi>Nyunsep:-)

FB North Jack Mania :
ini nih org yang sok jadi pelatih paling pintar di indonesia,
mulutmu bau tai aja sok”n main ketemu persib aja berlagak seperti pelatih kelas kakap,
kita lihat aja yg lolos BUP sama PSM atau BORNEO A****,
muka kaya m****┬ámana bisa bikin prestasi buat indonesia lihat BUP memakai pemain U-19 sedangkan BORNEO ngandalin pemain” gratisan tp gx juara,

FB Rajagukgukhendrafajarmulia :
Setidaknya psms dan pelatih nya suharto pernah merasakan juara, pembuktiannya dilapangan hijau nanti bung, jangan besar omong aja ,

FB Andy Then :
pelatih besar mulut ama perut…haha.. dia sendiri belum dapat apa-apa

FB Sang Pemimpi :
Serius saya doakan orang ini cepet kena struuk…

FB Baedhowi S:
bukan Komentar Orang sehat… Pelatih Kasta Kampung ngomongnya ya kayak orang tak pernah sekolah. wajar saja dia tak bisa hormat pada lawannya… kalo saja dia masih muda, aku kirim dia sekolah ke Primer leage, biar pinter dikit lah

FB Bayu Bayu Murti :
Iwan setiawan,, sesumbar kalah dari PERSIB mulutnya diam kaya ngunyah TAI,,, buktikan kau pelatih hebat,, indra syafrie yg di bilang amatir tapi sdh bisa memberikan kebanggaan bagi negara ini,,, di atas langit ada langit,,, sekaliber MOURINHO bisa kalah ke dasar lautan,, jangan takabur itu kawannya IBLIS,, urus aja team sendiri, kasih bukti dulu baru bicara

FB Adri Ariya :
Pelatih cari sensasi tim besar dibilangi amatir. We klau mau dikenal lompatko dri gedung lt 10 biar dikenalko setan

@beungeutcloth :
Kalo kata Iwan Persib tim jelek tapi bisa juara trus tim yg dilatih Iwan grade nya apa attuh gabisa juara ?



@Luthfyfalsyah7 :
Kalau persib jelek ,ko bisa juara isl sama piala walikota padang,piala presiden wan ,kamu kapan juara? Yang katanya timnya bagus wkwkwj