Bagaimana rekaman video kondisi lalu lintas di Jepang

0
1818

Di hari Sabtu pagi yang cerah ini saya coba merekam Video bagaimana kondisi lalu lintas di Jepang terutama di lampu stopan dan juga bagaimana cara menyebrang. Mungkin beberapa orang akan penasaran karena ada beberapa fakta unik disini. Di video ini bisa menjawab kenapa untuk memperoleh SIM mobil di Jepang sulit dan perlu beberapa kali.

 

1. Pejalan kaki dan pesepeda adalah raja

Kendaraan akan berhenti dan mendahulukan pejalan kaki dan sepeda apabila lampu hijau untuk pejalan kaki menyala. Karena tidak ada aturan belok kiri jalan terus, jadi semua kendaraan termasuk bus kota akan hati-hati untuk berbelok dan mempersilahkan pejalan kaki dan pesepeda untuk lewat. Sepertinya di Indonesia, mau nyebrang aja sulit ya…

2. Kereta Tram mematuhi aturan lalu lintas

Kereta tram tidak ada jalan pemisah seperti busway di Jakarta. Apabila akan melewati rel kereta tram, tram lah yang harus diutamakan. Jadi harus hati-hati pengendaramya. Anehnya tidak pernah ada kecelakaan antara tram dengan kendaraaan. Di Indonesia ada palang pintu kereta aja sering terjadi kecelakaan..

3. Rambu lalu lintas di jalanan

rambu lalu lintas di jalanan jepang

Untuk tanda rambu-rambu dilarang belok kiri/kanan/memutar dan batas kecepatan di cat di jalanan. Jadi mengendarai disini wajib melihat rambu-rambu di jalan juga. Di Indonesia hanya di jalan tol dan itu pula hanya pelengkap.

4. Tidak ada polisi lalu lintas

Polisi lalu lintas hanya bertugas apabila terjadi kecelakaan, dan sangat jarang terjadi. Jangan harap bisa melihat polisi di tengah jalan untuk mengatur lalu lintas di stopannya seperti yang sering kita lihat di Indonesia terutama di jam pergi dan pulang kerja.

5. Sabar dan tanpa klakson

Klakson hanya digunakan untuk emergensi, apabila ingin berbelok harus memastikan kendaraan di depan kita yang lurus ke arah kita harus didahulukan dan sampai habis baru bisa berbelok. Di kita, siapa cepat dia dapat.

6. Kuning berarti berhenti

Kuning adalah berhenti, atau injak rem. Gak bisa komentar untuk yang satu ini :)



Itu adalah sedikit keanehan yang saya temukan, akan lebih banyak lagi terutama bagi mereka yang ingin mengikuti ujian SIM pasti banyak sekali yang perlu di pelajari.

SHARE