Curcuma Tablet : Komposisi, Indikasi, Manfaat, Dosis, Efek Samping dan Cara Penyimpanan

160
Curcuma Tablet - Komposisi Indikasi Manfaat Dosis, Efek Samping dan Cara Penyimpanan
Curcuma Tablet - Komposisi Indikasi Manfaat Dosis, Efek Samping dan Cara Penyimpanan

Bidhuan.id – Curcuma tablet ialah suplemen obat yang mengandung vitamin yang memiliki manfaat utama sebagai penambah nafsu makan. Pada sebagian orang, baik itu pada anak anak maupun dewasa, pola makan terkadang menjadi masalah khusus yang berdampak pada berat badan.

Curcuma Tablet
Curcuma Tablet

Kekurangan berat badan tentu menyebabkan tubuh terlihat kurang fit dan beresiko berbagai penyakit. Sebab itulah banyak orang yang berusaha memperbaiki kondisi tersebut dengan minum suplemen dan meningkatkan asupan makanan.

Baca juga hati hati vitamin c untuk anak ini mengandung babi

Salah satu yang sering digunakan masyarakat ialah Curcuma tablet yang dapat dengan mudah dibeli di Apotek tanpa menggunakan resep dokter. Namun dalam penggunaannya, tentu harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara kerjanya dan hal lain yang berhubungan. Berikut penulis ulas secara lengkap hal hal penting mengenai suplemen Curcuma tablet.

Komposisi Curcuma Tablet

Komposisi atau kandungan dari Curcuma tablet ini ialah berupa curcuma atau dalam istilah awam disebut dengan temulawak yang diolah secara modern hingga berbentuk serbuk. Suplemen Curcuma tablet yang beredar di pasaran hanya memiliki sediaan atau bentuk berupa tablet dengan selaput warna orange seperti warna temulawak.

Indikasi Curcuma Tablet

Suplemen Curcuma tablet umumnya digunakan untuk menambah nafsu makan baik bagi dewasa maupun bagi anak anak karena aman dikonsumsi. Curcuma tablet memang tepat digunakan sebagai suplemen yang membantu kenaikan berat badan secara sehat. Orang orang yang dianjurkan untuk meminum suplemen Curcuma tablet ialah :

  • Orang dewasa atau anak anak dengan gangguan selera makan dan masalah berat badan yang kurang dari normal.
  • Orang yang memiliki masalah pada hati dan penyumbatan saluran empedu.
  • Orang yang memiliki penyakit kuning.
  • Wanita yang tidak kunjung haid dalam beberapa bulan atau memiliki siklus haid yang tidak teratur dimana haid juga dipengaruhi oleh kesehatan tubuh termasuk berat badan.

Curcuma tablet tentunya dapat diminum oleh siapa saja yang memiliki masalah dengan nafsu makan dan berat badan, namun perlu diperhatikan pula riwayat alergi sebelumnya, yakni pastikan tidak memiliki alergi terhadap kandungan curcuma sebelumnya.

Kondisi kehamilan dan menyusui tetap diperbolehkan mengkonsumsi suplemen Curcuma tablet, jauh lebih baik untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar dapat mengetahui penggunaan yang tepat sesuai dengan rekomendasi dokter.

Manfaat Curcuma Tablet

Ada beragam manfaat mengkonsumsi suplemen Curcuma tablet jika digunakan sesuai dosis atau aturan pakai yang dianjurkan, yaitu :

Manfaat Curcuma Tablet
Manfaat Curcuma Tablet
  • Meningkatkan dan mengembalikan nafsu makan pada dewasa dan anak anak.
  • Memelihara fungsi hati agar tetap normal dan terlindung dari penyakit atau gangguan fungsi hati.
  • Mengeluarkan racun racun dalam tubuh dan memperbaiki metabolisme tubuh.
  • Melancarkan buang air besar.
  • Meningkatkan fungsi ginjal.
  • Bagi wanita, dapat melancarkan siklus haid.

Dosis Curcuma Tablet

Apabila ingin mendapatkan manfaat maksimal dari suplemen Curcuma tablet, diharuskan untuk mengkonsumsi sesuai dengan dosis yang dianjurkan, yaitu :

  • Untuk penderita gangguan selera makan, dapat mengonsumsi 1 – 2 tablet per hari.
  • Untuk penderita penyakit hati, dapat ditambahkan menjadi 3 tablet per hari.
  • Untuk wanita yang mengalami maslaah haid, dapat mengkonsusi 1 – 2 tablet per hari dan dimulai pada hari pertama terjadinya haid atau saat itu juga ketika lama tidak mendapat haid.
Dosis Curcuma Tablet
Dosis Curcuma Tablet

Panggunaan suplemen Curcuma tablet dapat dilakukan setelah makan yang bertujuan untuk menghindari iritasi pada lambung. Minum suplemen Curcuma tablet setelah makan akan memaksimalkan makanan untuk dapat diserap gizinya dan diolah tubuh sehingga dapat menambah berat badan dan mempengaruhi nafsu makan berikutnya.

Dalam mengkonsumsi suplemen Curcuma tablet yang dapat diminum hingga 3 kali sehari, pastikan terdapat jarak ketika meminumnya setidaknya  5 sd 6 jam atau sesuai anjuran dokter. Hindari meminum sekaligus lebih dari 1 tablet sebab akan berpengaruh pada kerja organ lambung dan efektifitas dari suplemen Curcuma tablet itu sendiri.

Efek Samping Curcuma Tablet

Sebenarnya suplemen Curcuma tablet ialah jenis vitamin yang aman dan tidak memiliki efek samping yang terlalu serius dalam tubuh dan kesehatan secara keseluruhan, namun terkadang dapat terjadi kondisi tertentu yakni jika memiliki kondisi alergi atau mengkonsumsi tidak sesuai dengan aturan pakai.

Efek samping yang kadang terjadi ialah :

  • Mual

Merasa mual disini ialah dalam taraf ringan atau sementara, hal ini dapat terjadi pada orang yang merasa kurang nyaman dengan aroma suplemen Curcuma tablet atau tidak terlalu menyukai baunya. Hal ini ialah wajar dan akan hilang jika telah terbiasa meminumnya. Yang harus diwaspadai dan dikonsultasikan dengan dokter ialah jika mual terjadi terus menerus yang merupakan tanda dari adanya alergi.

  • Masalah Kulit dan Kepala

Berupa gatal gatal dan ruam, sakit kepala ringan, hingga muntah yang juga merupakan tanda dari alergi.

  • Masalah Lambung

Berupa rasa nyeri pada ulu hati yang merupakan tanda iritasi lambung, terjadi jika suplemen Curcuma tablet diminum sebelum makan.

Cara Penyimpanan

Simpan suplemen Curcuma tablet pada tempat yang aman, yakni pada suhu kamar yang terlindungi dari cahaya matahri langsung. Simpan pula di tempat yang jauh dari tempat kotor seperti toilet dan kamar mandi serta jauh dari jangkauan anak anak dan hewan peliharaan.

Letakkan suplemen Curcuma tablet pada tempatnya atau dalam plastik kemasan yang sudah ada, tak perlu membukanya dan meletakkan di wadah khusus untuk dijadikan 1 tempat sebab beresiko munculnya kuman. Jangan letakkan di tempat atau wadah yang tertutup rapat serta perhatikan masa berlaku atau tanggal expired date pada kemasan setiap mengkonsumsinya.

Baca juga apoteker mulai berperan dalam layanan konsultasi obat online gratis

ARTIKEL TERKAIT