7 Obat Mencret Dewasa Dan Anak Di Apotek

91
Obat mencret menggunakan larutan oralit
Obat mencret menggunakan larutan oralit

Bidhuan.id – Apa saja obat mencret yang dijual di apotek dan terbukti ampuh? Mencret atau yang juga disebut dengan diare merupakan kondisi dimana anda akan pergi ke kamar mandi dengan frekuensi yang lebih sering atau tinggi dibandingkan kondisi pada umumnya.

Seseorang yang memiliki diare atau mencret akan mengeluarkan tinja berbentuk cair dan terkadang dibarengi dengan mengalami sakit perut. Kondisi ini tentu harus cepat ditangani agar tidak sampai semakin parah yang akan merugikan diri anda. Hal inilah yang mendorong kami untuk membagikan informasi mengenai apa saja obat mencret di apotek yang bisa anda konsumsi.

Namun sebelum kita masuk ke topik pembahasan, kami menganjurkan anda memperoleh informasi lainnya tentang apa saja yang termasuk Obat Diare Paling Ampuh untuk Dewasa dan Anak dan juga Entrostop atau Diapet sebagai Obat Anti Diare.

Obat Mencret di Apotek

Meskipun sebenarnya diare merupakan penyakit yang bisa diderita oleh segala usia, namun ternyata penyakit ini lebih banyak dialami oleh anak-anak, dan bahkan ketika anak tersebut telah diberikan pengobatan diare, lalu sembuh, namun terkadang ia bisa mengalaminya kembali suatu saat nanti.

Kondisi ini akan lebih beresiko dialami oleh anak yang memiliki kegemaran bermain pasir dan kemudian ia memegang makanan tanpa mencuci tangannya. Maka kemudian bakteri yang menyebabkan anak tersebut mengalami diare akan ikut masuk bersama makanan dan kemudian membuat pencernaannya mengalami masalah.

Berikut ini kami akan memberikan penjelasan mengenai apa saja obat mencret atau obat diare yang bisa anda jadikan referensi pengobatan yang bisa anda pilih.

1. Obat mencret menggunakan larutan oralit

Obat mencret menggunakan larutan oralit
Obat mencret menggunakan larutan oralit

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan oralit karena obat ini merupakan pilihan pertama bagi seseorang yang menderita diare. Selain itu, jika satu keluarga menderita mencret atau diare, maka pengobatan pertama yang akan disarankan oleh dokter adalah dengan meminum larutan oralit.

Jika anda tidak memiliki waktu atau malas membuat larutan oralit, maka anda bisa membelinya di apotek karena sudah banyak apotek yang menjual obat oralit. Harganya pun juga sangat terjangkau.

Meskipun begitu, anda harus ingat bahwa sebenarnya obat oralit bukan digunakan untuk langsung mengatasi diare, melainkan hanya sebagai tindakan pencegahan agar supaya anda tidak mengalami dehidrasi maupun diare yang anda alami semakin parah.

Akan tetapi, jika sudah terlanjur parah, maka tentunya anda harus mengkonsumsi obat lain atau anda bisa langsung menghubungi dokter.

2. Obat mencret menggunakan Loperamide

Obat mencret menggunakan Loperamide
Obat mencret menggunakan Loperamide

Perlu anda tahu bahwa Loperamide merupakan obat mencret yang diperuntukkan bagi orang dewasa maupun anak-anak yang sudah berusia di atas 12 tahun yang mengalami mencret atau diare, terlebih jika diare yang dialami bersifat akut.

Adapun cara kerja dari Loperamide yakni dengan melakukan penghambatan terhadap kinerja usus besar. Hal ini kemudian akan menyebabkan makanan tertahan dalam waktu yang lebih lama dalam usus. Kondisi ini akan memberikan keuntungan dimana usus anda akan memiliki banyak waktu menyerap cairan dan ketika fases, maka yang dikeluarkan akan memiliki bentuk yang lebih padat.

Ada hal penting yang harus anda ingat sebelum anda mengkonsumsi Loperamide bahwa obat ini hanya diperuntukkan untuk membantu mengobati gejala diare atau mencret. Sedangkan anda yang sudah menderita mencret yang cukup parah, maka kami sarankan agar anda segera pergi ke dokter guna memperoleh pengobatan intensif.

Baca: Lodia Obat Diare: Obat Golongan Agonis Opioid Reseptor untuk Atasi Diare Akut dan Kronis

3. Obat mencret menggunakan Atagip

Obat mencret menggunakan Atagip
Obat mencret menggunakan Atagip

Kami yakin beberapa dari anda masih belum banyak yang tahu mengenai informasi yang berkaitan dengan obat atagip. Obat ini terbukti ampuh digunakan sebagai pilihan pertama di dalam mengatasi mencret yang mana penyebabnya tidak diketahui.

Sebelum anda mengkonsumsi atagip, anda harus tahu bahwa obat mencret yang satu ini juga hanya diperuntukkan bagi orang dewasa maupun juga anak-anak yang telah berusia di atas 12 tahun sehingga bagi anak-anak yang berusia di bawah 12 tahun, kami sarankan untuk mengkonsumsi obat mencret lainnya.

Dosis yang harus dikonsumsi adalah sebanyak 2 tablet dan diminum pada saat setelah buang air besar. Dosis maksimal yang boleh diberikan adalah sebanyak 12 tablet dalam kurun waktu 24 jam.

4. Obat mencret menggunakan Amerol

Amerol merupakan obat yang menjadi alternatif mengobati mencret atau diare akut maupun kronik. Dosis awal yang harus dikonsumsi adalah sebanyak 2 tablet setelah buang air besar, kemudian 1 tablet pada saat anda mengalami diare.

Untuk dosis maksimal yang hanya boleh dikonsumsi dalam jangka waktu sehari atau 24 jam adalah sebanyak 8 tablet.

5. Obat mencret anak dengan Daryazinc

Daryazinc merupakan obat mencret yang diperuntukkan untuk dikonsusmi oleh bayi yang masih berusia 2 bulan sampai dengan 5 tahun. Tentu di dalam pemberian dosis Daryazinc, anda harus berpedoman terhadap informasi pada kemasan atau yang telah diberikan dokter.

6. Obat mencret anak menggunakan Diralox

Hampir sama dengan Daryazinc, obat Diralox hanya diperuntukkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak yang masih berusia 1 tahun sampai dengan 5 tahun. Obat ini tidak boleh anda berikan kepada anak yang masih berusia di bawah 3 bulan karena hanya akan memberikan masalah yang tidak diinginkan.

7. Obat mencret anak menggunakan Interzinc

Obat ini hanya boleh dikonsumsi oleh anak yang berusia 6 bulan sampai dengan 5 tahun. Selain itu, jangka waktu pengobatan dengan menggunakan interzinc pun tidak boleh melebihi 10 hari.

Meskipun sebelum 10 hari diare telah sembuh, disarankan untuk tetap diberikan sampai benar-benar mencapai jangka waktu 10 hari.

Demikian informasi dari kami mengenai obat mencret untuk dewasa maupun anak-anak. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT