Captopril Adalah Obat ACE Inhibitors : Indikasi, Efek Samping dan Harga

186
Captopril Adalah Obat ACE Inhibitors - Indikasi Efek Samping dan Harga
Captopril Adalah Obat ACE Inhibitors - Indikasi Efek Samping dan Harga

Bidhuan.id – Apakah Anda tahu captopril adalah? Jika belum tahu maka pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasinya untuk Anda semua. Yang pasti captopril adalah salah satu jenis obat. Karena masih banyak masyarakat yang belum mengetahui obat ini maka kami akan memberikan informasinya dengan lengkap dan juga detail sehingga Anda semua tahu apa kegunaan dari obat ini, dan mungkin juga harganya. Tak usah menunggu lama, berikut ini adalah infromasi penting mengenai obat captopril untuk Anda :

Obat captopril 50 mg

captropil adalah
captropil adalah

Apakah Anda pernah mendengar obat ACE Inhibitors? Mungkin ada yang sudah pernah mendengar dan juga belum pernah mendengarnya sama sekali. ACE inhibitors ini adalah jenis obat yang biasanya diberikan kepada beberapa jenis penyakit, ACE Inhibitors merupakan obat yang termasuk ke dalam kelompok penghambat enzim pengubah angiotensin. Dan obat captopril ini merupakan salah satu jenis obat yang masuk ke dalam kelompok obat ACE Inhibitors.

Fungsi utama dari obat captopril ini adalah untuk mengatasi hipertensi dan juga biasanya diberikan kepada pasien yang mengalami penyakit jantung seperti gagal jantung misalnya. Bahkan obat ini juga diberikan kepada penderita yang sering mengalami serangan jantung, serta diberikan kepada penderita penyakit ginjal akibat komplikasi diabetes. Nah jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai obat ini maka simak ulasannya di bawah ini :

1. Indikasi obat captopril 25 mg

captopril 25 mg
captopril 25 mg

Karena banyak yang belum mengenal obat captropil maka kami juga akan memberikan informasi mengenai indikasi atau kegunaan dari obat yang satu ini. Sehingga ketika Anda merasa memiliki keluhan dari penyakit tersebut Anda bisa mencoba captopril. Berikut ini adalah beberapa indikasi dari captopril :

  • Meredakan hipertensi atau darah tinggi

Seperti yang sudah kami singgung di pembukaan tadi, salah satu indikasi obat hipertensi adalah bisa meredakan hipertensi atau darah tinggi. Jadi jika Anda memiliki keluhan darah tinggi atau hipertensi dan mengalami gejala-gejalanya maka kami sarankan supaya Anda mengkonsumsi obat captopril saja. Karena jika hipertensi teratasi maka Anda bisa menghindarkan beberapa komplikasi seperti mencegah stroke, mencegah masalah ginjal.

  • Untuk serangan jantung

Selain bisa membantu untuk meredakan hipertensi atau tekanan darah tinggi seperti yang sudah kami sebutkan di atas, penyakit jantung ini ternyata juga bisa membantu bagi orang yang baru saja mengalami serangan jantung atau mungkin orang yang sering mengalaminya. Obat captopril ini membantu untuk meningkatkan kelangsungan hidup seseorang yang telah mengalami serangan jantung.

  • Untuk melundungi ginjal

Penyakit diabetes ternyata bisa menimbulkan beberapa komplikasi pada manusia. Salah satu komplikasi yang bisa dialami jika diabetes sudah parah adalah bisa merusak ginjal. Obat captopril ini merupakan salah satu jenis obat yang bermanfaat untuk melindungi ginjal dari kerusakan yang semakin parah karena komplikasi diabetes.

  • Untuk pasien gagal jantung

Indikasi keempat dari obat captopril adalah bisa membantu pasien yang gagal jantung. Pasien gagal jantung diberi obat captopril ini karena bisa membantu meringankan gejalanya. Bagi para pasien gagal jantung, obat captopril ini bekerja dengan cara  mengurangi cairan yang berlebihan di dalam tubuh kita sehingga bisa membantu mengurangi beban kerja jantung. Selain itu captopril juga membantu untuk memperlambat perkembangan gagal jantung pasien.

2. Efek samping captopril jangka panjang dan jangka pendek

efek samping captropil jangka panjang
efek samping captropil jangka panjang

Sekarang Anda sudah tahu kan apa saja kegunaan dan juga indikasi dari obat captopril? Sekarang ini kami akan memberikan informasi yang tak kalah pentingnya mengenai efek samping dari captopril jangka panjang dan juga jangka pendeknya sehingga Anda bisa mengetahui dan mungkin menghindari konsumsinya dalam jangka waktu lama. Berikut ini adalah beberapa efek samping yang bisa Anda alami :

  • Gangguan pencernaan

Jangka pendek yang bisa Anda alami jika mengkonsumsi captopril dalam jangka waktu yang pendek adalah Anda bisa mengalami gangguan pencernaan. Jika Anda tidak cocok dengan obat ini maka mungkin Anda akan mengalami gejala seperti diare atau konstipasi. Jika Anda mengalami gangguan pencernaan berkepanjangan selama mengkonsumsi captopril maka kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

  • Kesulitan tidur

Biasanya ketika minum obat banyak dari kita yang merasa mengantuk. Namun ada beberapa efek samping lain yang bisa kita alami jika mengkonsumsi obat captopril. Salah satunya adalah mungkin kita akan kesulitan tidur. Jika Anda setelah mengkonsumsi obat ini menjadi insomnia maka kami menyarankan supaya Anda berkonsultasi pada dokter saja.

  • Ruam kulit

Captropil adalah salah satu obat ACE Inhibitor, namun tidak semua orang bisa dibilang langsung cocok dengan obat ini. Ada beberapa orang yang tubuhnya mengalami reaksi setelah mengkonsumsi obat ini. Salah satu ciri jika Anda mengalami alergi ketika mengkonsumsi obat ini adalah akan muncul ruam pada kulit dan biasanya ruam itu kemerah-merahan dan terasa gatal.

  • Rambut rontok

Selain tiga gejala diatas, efek samping yang bisa dialami ketika seseorang mengkonsumsi captopril dalam jangka waktu yang panjang maka mungkin bisa merontokkan rambutnya. Jadi jika rambut Anda mulai rontok maka mungkin itu bisa disebabkan efek samping dari captopril yang Anda konsumsi.

  • Detak jantung meningkat

Efek samping selanjutnya yang bisa Anda rasakan adalah detak jantung yang meningkat dan lebih dari biasanya. Gejala jantung meningkat ini disebut juga sebagai takikardia. Jika Anda merasa jantung berdetak kencang dan berdebar setelah mengkonsumsi obat ini maka bisa jadi itu merupakan efek sampingnya.

Itulah beberapa efek samping yang mungkin saja Anda rasakan setelah mengkonsumsi captopril. Jika gejala yang Anda rasakan ini tidak kunjung reda dan bahkan semakin parah seperti misalnya saja mengalami pembengkakan pada wajah, bibir, mata, tangan, dan lidah. Ruam yang sangat parah serta kulit dan mata Anda juga menguning maka segera mungkin hentikan pemakaian obat captopril dan juga segera memeriksakan diri ke dokter sehingga segera mendapatkan penanganan karena Anda mengalami efek samping serius yang disebut sebagai angioedema. Jangan sampai mengabaikannya!

Baca juga : Cataflam, Obat Nyeri Dan Pereda Rasa Sakit Yang Ampuh

3. Harga obat captopril

captopril 50 mg
captopril 50 mg

Setelah mengetahui apa saja indikasi dan juga efek samping yang bisa ditimbulkan oleh captopril, maka kami akan memberikan informasi penting mengenai harga dari obat captoril. Karena mungkin masih banyak dari Anda yang belum mengetahui secara detail berapa harga dari obat ACE Inhibitor yang satu ini. Untuk harga obat captopril ini bermacam-macam sesuai dengan miligramnya. Mulai dari 15 ribu hingga 18 ribu per box yang berisi 10 strip. Untuk setiap apotek dan tiap daerah berbeda ya harganya. Kami hanya memberi perkiraan saja rentang harga dari obat captopril, karena setiap tempat memiliki harga yang berbeda tentunya. Untuk bisa membeli obat captopril ini maka Anda harus membelinya di apotek dan menggunakan resep dari dokter karena captopril ini tidak boleh dikonsumsi sembarangan.

4. Dosis captopril dewasa

Dosis captopril dewasa
Dosis captopril dewasa

Karena captopril merupakan obat yang cukup keras dan tidak boleh dikonsumsi sembarangan maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Yang pertama adalah jangan memberikan obat captopril ini kepada orang lain walaupun mereka memiliki gejala atau penyakit yang sama dengan Anda karena dosis tiap orang berbeda, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Hal kedua yang harus Anda perhatikan adalah dosis captropil, berikut ini adalah beberapa dosis untuk orang dewasa :

  • Untuk hipertensi : Bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi maka dosisinya yaitu 12,5 miligram per harinya.
  • Untuk gagal jantung : Bagi penderita gagal jantung maka dosisinya yaitu 6,25 hingga 12,5 miligram per harinya.
  • Untuk pasca serangan jantung : Bagi penderita pasien pasca serangan jantung dosisnya yaitu 6,25 hingga 12,5 miligram per harinya.
  • Untuk nefropati diabetes (penyakit ginjal karena komplikasi diabetes) : Bagi penderita nefropati diabetes dosisnya yaitu 75 hingga 100 miligtam per harinya.

Catatan : Biasanya untuk para penderita hipertensi, gagal jantung, dan juga serangan jantung maka dokter akan memutuskan untuk meningkatkan dosis dari penggunaan captorpil secara bertahap hingga maksimalnya 25 miligram per harinya. Untuk dosis konsultasikan lebih lanjut dengan dokter.

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada Anda semua mengenai captopril adalah.Jangan mengkonsumsi captopril melebihi dosis yang dianjurkan oleh dokter karena itu bisa berbahaya ya. Sebaiknya hubungi dokter jika mengalami keluhan setelah mengkonsumsi captopril! Semoga informasi ini bisa berguna dan juga bermanfaat bagi Anda semuanya!

ARTIKEL TERKAIT