Penjelasan Lengkap Cataflam Obat Apa? Indikasi, Kegunaan dan Gambar

191
Penjelasan Lengkap Cataflam Obat Apa? Indikasi, Kegunaan dan Gambar
Penjelasan Lengkap Cataflam Obat Apa? Indikasi, Kegunaan dan Gambar

Bidhuan.id – Siapa yang tahu cataflam obat untuk apa? Anda tentu saja tidak ingin mengalami sakit atau penyakit karena sakit yang kita alami bisa sangat menganggu kita dan membuat kita menderita. Namun tenang saja karena kebanyakan penyakit memiliki obat yang berfungsi untuk menyembuhkan dengan mengurangi gejala yang dialami. Oleh karena itu jika sakit jangan diam saja ya, pergi ke dokter dan minum obat yang diberikan oleh dokter sehingga penyakit yang Anda alami bisa segera sembuh dan Anda bisa kembali produktif seperti dulu lagi.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan infromasi kepada Anda mengenai salah satu jenis obat yang sering Anda konsumsi mungkin namun belum tahu informasinya secara lengkap dan keseluruhan.

Gambar obat cataflam

gambar obat cataflam
gambar obat cataflam

Apakah Anda mengenal nama obat yang satu ini? Cataflam, pernah mendengar atau bahkan pernah mengkonsumsi? Sebagai masyarakat yang cerdas, sebelum meminum obat tertentu maka kita harus mengetahui secara jelas apa saja manfaat obat tersebut, kegunaan, dosisnya, serta efek sampingnya yang mungkin saja bisa kita alami.

Karena setiap obat memiliki kandungan yang berbeda dan juga reaksi terhadap tubuh setiap orang juga akan berbeda. Bahkan ada beberapa obat yang tidak baik untuk penderita penyakit tertentu karena bisa mempengaruhi organ dalam seperti misalnya ginjal, atau hati. Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberitahu info penting mengenai cataflam. Berikut adalah informasi lengkapnya untuk Anda!

Ikhtisar obat cataflam 50 mg

cataflam 50 mg
cataflam 50 mg

Seperti yang sudah kami singgung di atas sedikit, sebelum membeli obat untuk dikonsumsi maka kami menyarankan supaya Anda mencari tahu terlebih dahulu informasi dari obat tersebut dan apa kegunaannya. Lebih jelasnya, ketahuilah informasi mengenai obat itu secara lengkap dan juga pasti, sehingga Anda bisa mengetahui kegunaan cataflam secara pasti juga.

Obat cataflam sendiri merupakan salah satu jenis obat yang termasuk ke dalam jenis OAINS yang merupakan antinyeri. Obat cataflam yang biasa kita konsumsi di keadaan tertentu ini memiliki kandungan kalium diklofenak dan memiliki kegunaan untuk mengatasi nyeri ringan seperti misalnya sakit gigi, kemudian mengatasi juga nyeri yang sedang seperti nyeri atau kram karena menstruasi, sakit atau nyeri pada sendi dan juga tulang.

Untuk mendapatkan cataflam ini terkadang kita harus menggunakan obat resep ya. Cataflam tersedia dalam dua ukuran, ada yang 50 mg dan ada yang 25 mg. Untuk konsumen hanya diperbolehkan orang dewasa saja yang boleh mengkonsumsi cataflam.

Kegunaan atau indikasi dari cataflam 25 mg dan 50 mg

Setelah kita membahas mengenai ikhtisar dari obat cataflam 50 mg, maka kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada Anda mengenai kegunaan dan juga indikasi dari cataflam yang 25 mg serta yang 50 mg. Sehingga Anda bisa mengetahui apa saja kegunaan dan manfaat dari cataflam sehingga Anda bisa mengkonsumsi obat ini sesuai dengan keluhan yang Anda alami.

Berikut adalah beberapa indikasi atau kegunaan dari obat cataflam untuk Anda :

1. Sakit gigi

Cataflam merupakan obat yang bisa mengobati nyeri. Nyeri yang ringan hingga nyeri yang sedang, salah satu nyeri yang bisa Anda rasakan adalah sakit gigi. Mungkin jika sakit gigi kita terkadang akan terasa sangat nyeri di bagian gigi dan bahkan bisa sampai pusing atau sakit kepala. Cataflam bisa mengobatinya.

2. Kram menstruasi

Bagi para wanita yang sedang mengalami menstruasi, tentu saja akan terasa nyeri dan kram di perut pada awal-awal menstruasi. Daripada minum obat yang tidak jelas dan belum tentu baik untuk kesehatan kami menyarankan supaya Anda mengkonsumsi cataflam saja karena obat ini bisa membantu untuk mengobati dan meredakan kram menstruasi.

3. Masalah nyeri otot

Jika Anda seringkali mengalami nyeri-nyeri otot, maka kami menyarankan supaya Anda menggunakan cataflam sejak saat ini sehingga Anda bisa mengatasi nyeri ototnya. Namun kami menyarankan supaya Anda mengkonsumsi cataflam jika diperlukan saja. Cataflam ini baik untuk mengatasi masalah nyeri otot seperti misalnya tendinitis, bursitis, tenosinovitis, strain, keseleo, dan juga dislokasi.

4. Sakit kepala

Seperti yang sudah kami katakan di atas tadi jika cataflam ini juga bisa mengobati nyeri yang ringan seperti misalnya sakit kepala. Jadi jika Anda mengalami sakit kepala maka kami menyarankan supaya Anda mengkonsumsi cataflam ya. Cataflam ini bisa mengobati sakit kepala maupun serangan migrain yang Anda alami.

5. Mengatasi nyeri setelah operasi

Biasanya setelah melakukan operasi besar kita akan merasakan nyeri, nah untuk mengatasi itu maka tidak ada salahnya Anda mencoba mengkonsumsi cataflam. Namun ada baiknya sebelum mengkonsumsinya Anda berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu. Cataflam ini berguna untuk mengendalikan rasa sakit pasca operasi serta pencabutan gigi.

6. Radang sendi

Disini mungkin banyak dari Anda yang mengalami asam urat, ketika mengalami asam urat atau yang sering disebut dengan gout maka biasanya kita akan mengalami radang sendi. Jika mengalami radang sendi maka cataflam ini juga bisa membantu untuk mengatasinya.

Baca juga : Kalium Diklofenak: Obat Anti Nyeri untuk Sakit Gigi hingga Kram saat Menstruasi

Kontradiksi obat cataflam 50mg dan 25mg

cataflam 25mg
cataflam 25mg

Walau memiliki banyak indikasi dan juga kegunaan ternyata cataflam ini tidak boleh dikonsumsi sembarangan orang ya. Sebelum mengkonsumsinya kita harus memperhatikan apa saja kontradiksi dari obat cataflam. Karena beberapa penderita kondisi tertentu akan mengalami bahaya jika sampai mengkonsumsi obat ini.

Apa saja? Simak ulasanya di bawah ini!

1. Orang yang memiliki alergi tertentu

Semua jenis obat tidak bisa kita konsumsi sembarangan, oleh karena itu kita harus membaca peraturan sebelum kita mengkonsumsi obatnya. Salah sat aturan dari cataflam adalah cataflam tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang memiliki alergi tertentu. Untuk lebih spesifik, cataflam ini dilarang dikonsumsi penderita hipersensitif atau alergi terhadap kalium diklofenak.

2. Orang yang memiliki penyakit yang berhubungan dengan jantung

Tak hanya itu saja, bagi Anda yang menderita penyakit yang berhubungan dengan jantung sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi cataflam. Bagi penderita gagal jantung kongestid atau CHF NYHA II-IV, kemudian yang mengalami penyakit arteri perifer juga serebrovaskular, penyakit jantung iskemik, penderita gagal jantung berat sebaiknya tidak mengkonsumsi cataflam karena bisa mempengaruhi jantung Anda.

3. Penderita gagal hati dan gagal ginjal

Selain itu bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit gagal hati maupun gagal ginjal maka sebaiknya tidak mengkonsumsi cataflam karena dikhawatirkan bisa memperburuk kondisi kesehatan Anda.

4. Memiliki riwayat penadarah saluran cerna

Yang selanjutnya, jika Anda pernah mengalami pendarahan saluran cerna atau mungkin perforasi setelah terapi OAINS maka kami menyarankan supaya Anda tidak mengkonsumsi cataflam yang 25mg maupun yang 50mg.

5. Penderita penyakit tukak lambung

Lalu bagi Anda yang memiliki penyakit tukak lambung maupun tukak usus sebaiknya juga tidak mengkonsumsi cataflam karena obat ini bisa menyebabkan Anda menalami perforasi ataupun pendarahan.

Baca: Obat Pereda Sakit Gigi untuk Pengobatan Sakit Gigi di Rumah

Petunjuk penggunaan cataflam 25mg dan 50mg

harga obat cataflam 2018
harga obat cataflam 2018

Jika tadi kita sudah mengetahui apa saja indikasi dan kontradiksi dari obat cataflam sekarang ini kami akan memberitahu Anda mengenai petunjuk penggunaan dari obat cataflam sehingga Anda bisa mengetahui bagaimana harusnya sebelum mengkonsumsi cataflam.

Berikut ini adalah beberapa petunjuk yang harus Anda pahami sebelum mengkonsumsi cataflam :

  1. Untuk mengkonsumsi cataflam, dianjurkan supaya mengkonsumsi cataflam setelah makan atau dikonsumsi bersamaan ketika Anda sedang makan. Jangan sampai mengkonsumsi cataflam dengan keadaan perut kosong.
  2. Untuk mengkonsumsi cataflam disarankan supaya tidak dihancurkan, dan langsung ditelan utuh bersama cairan seperti air putih.
  3. Untuk kondisi tertentu, ikutilah anjuran dari dokter dan selain itu jangan sampai lupa untuk membaca petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan obat cataflam sebelum Anda mengkonsumsi obat ini.
  4. Selain itu sebaiknya upayakan supaya selalu minum obat di jam yang sama setiap hari sehingga bisa mendapatkan interval antar dosis yang sama. Jadi misalnya jika setiap hari Anda minum jam 12 siang dan jam 4 sore maka sebaiknya setiap harinya tetap pada rentang jam itu ya. Jika lupa maka tunggu jadwal minum selanjutnya saja ya, jangan pernah menggandakan dosis minum caraflam.

Itulah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada Anda mengenai cataflam obat. Obat ini merupakan salah satu jenis obat yang memiliki banyak indikasi, namun jangan sampai lupa untuk berkonsultasi kepada dokter sebelum mengkonsumsi jenis obatnya ya!

Baca: Antrain, Obat Peringan Rasa Sakit Yang Terbukti Ampuh

ARTIKEL TERKAIT