Antrain, Obat Peringan Rasa Sakit Yang Terbukti Ampuh

316
Antrain, Obat Peringan Rasa Sakit Yang Terbukti Ampuh
Antrain, Obat Peringan Rasa Sakit Yang Terbukti Ampuh

Bidhuan.id Obat Antrain merupakan sebuah obat yang di dalamnya mengandung suatu zat aktif yang bernama Metamizole. Berbicara mengenai Metamizole, obat ini masuk ke dalam kategori analgetik, antispasmodik, atau juga antipiretik yang memiliki kegunaan atau peran utama dalam meringankan rasa sakit.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Antrain

Meskipun begitu Antrain juga tidak jarang digunakan sebagai obat penurun demam. Obat Antrain masuk ke dalam salah satu jenis obat keras, jadi ketika anda ingin mengkosnusmi Antrain, maka anda harus bisa mendapatkan resep dokter terlebih dahulu karena jika tidak maka tentu saja anda tidak akan bisa mengkonsumsi Antrain.

Obat Nyeri
Obat Nyeri

Antrain tersedia dalam bentuk dua varian, yakni tablet maupun injeksi. Mengenai komposisi dari kedua varian tersebut adalah seperti di bawah ini:

  • Antrain 500 mg tablet, setiap tablet mengandung Metamizole setidaknya 500 mg
  • Antrain injeksi, setiap mL dari obat ini mengandung setidaknya Metamizole sebanyak 500 mg

Berikut ini informasi yang lebih lengkap tentang Antrain yang bisa anda jadikan sebagai referensi sebelum mengkonsusmi obat ini.

Baca: Obat Fasidol: Obat Penurun Panas Demam dan Pereda Nyeri untuk Semua Umur

1. Indikasi Antrain

Berikut ini simak penjelasan kami tentang apa saja indikasi atau kegunaan dari Antrain yang harus anda ketahui sebelum anda mengkonsusmi obat tersebut.

  • Antrain merupakan obat yang berguna dalam membantu meringankan sakit gigi.
  • Antrain termasuk obat yang direkomendasikan untuk membantu meringankan dismenore. Dismenore merupakan nyeri yang terjadi ketika wanita dalam masa haid atau menstruasi.
  • Antrain juga digunakan untuk membantu mengurangi rasa nyeri pada saraf atau yang disebut dengan Neuralgia maupun juga bisa digunakan sebagai obat pereda nyeri bagi pasien yang menderita nyeri sendir atau yang disebut dengan Arthralgia.
  • Indikasi lainnya dari Antrain adalah sebagai obat untuk membantu mengatasi nyeri otot atau dalam bahasa medisnya lebih terkenal dengan istilah Mialgia.
  • Dalam beberapa kasus diketahui juga bahwasanya Antrain merupakan obat yang nantinya akan berperan sebagai antipiretik bagi pasien yang terindikasi menderita penyakit radang saluran pernapasan atau atau ISPA maupun penyakit infeksi lainnya.

Sementara untuk Antrain dalam bentuk injeksi lebih banyak disediakan untuk membantu mengatasi nyeri yang bersifat akut dan parah seperti nyeri yang terjadi bagi pasien setelah ia menjalani operasi pembedahan, nyeri karena tremor, maupun juga digunakan untuk penyakit klonik ginjal dan empedu.

2. Kontraindikasi Antrain

Berikut ini akan kami jelaskan kepada anda mengenai apa saja kontraindikasi dari Antrain yang harus anda perhatikan:

  • Antrain tidak dianjurkan kepada seseorang yang pernah mengalami gangguan hipersensitifitas terhadap Metamizol maupun obat – obatan yang termasuk ke dalam golongan Pyrazolone.
  • Antrain juga tidak disarankan untuk diberikan kepada pasien yang pernah memiliki riwayat alergi terhadap kandungan yang ada di dalam Antrain yani Metamizol.
  • Antrain dilarang untuk dikonsumsi oleh pasien yang menderita porfirita akut.
  • Penyakit hematologi seperti misalnya anemia aplastik, leukopenia, atau juga agranulositosis juga tidak dianjurkan untuk mengkonsusmi Antrain.
  • Adapun untuk ibu hamil trisemester pertama maupun juga ibu menyusui, kami sarankan agar supaya anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu mengenai apakah Antrain aman untuk anda konsusmi atau tidak.
  • Selain itu, pemberian Antrain injeksi tidak boleh diberikan kepada anak yang masih berusia di bawah 1 tahun.

3. Dosis Antrain

Berikut ini kami akan memberikan informasi kepada anda mengenai seperti apa dosis dari obat Antrain yang harus anda konsumsi:

Dosis Antrain Tablet

  • Dosis umum yang diberikan kepada orang dewasa adalah sebanyak 250 sampai dengan 500 mg atau 1/2 sampai 1 tablet dan dikonsusmi sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari. Untuk dosis maksimalnya yakni mencapai 3 gram selama 24 jam.
  • Untuk dosis yang diberikan kepada anak – anak yang berusia lebih dari 15 tahun, maka dosis yang harus diberikan adalah sebanyak 250 mg dan dikonsusmi 2 sampai 3 kali dalam sehari.

Baca: 4 Obat Sakit Gigi Berlubang Dan Cenat – Cenut Paling Ampuh dan Cepat Mengobati Sakit Gigi

Dosis Antrain Injeksi

  • Untuk berat badan antara 16 sampai 31 kg, maka dosis yang diberikan 250 mg atau 1/2 ml.
  • Untuk pasien yang memiliki berat badan antara 32 sampai dengan 46 kg, maka dosis yang diberikan adalah sebanyak 500 mg atau 1 ml.
  • Untuk berat badan 47 sampai dengan 62 kg, maka dosisnya sebanyak 500 sampai dengan 750 mg yakni 1 sampai dengan 1.5 ml.
  • Sementara itu, dosis yang diberikan bagi pasien yang memiliki berat badan lebih dari 63 kg, maka dosis dari Antrain yakni 750 sampai dengan 1000 mg atau 1,5 sampai dengan 2 ml.

4. Efek Samping Antrain

Efek Samping Antrain
Efek Samping Antrain

Setelah kita semua mengetahui tentang seperti apa indikasi, kontraindikasi, atau dosis dari Antrain, maka selanjutnya kita akan sama – sama membahas mengenai efek samping dari obat ini yang bisa anda alami.

  • Efek samping yang bisa alami akibat mengkonsumsi atau menggunakan Antrain adalah seperti agranulositosis, trombositopenia, leukopenia, maupun juga proteinuria. Meskipun efek samping ini jarang terjadi, namun kami sarankan anda juga harus berhati – hati karena bisa anda bisa anda alami.
  • Sementara bagi pasien yang bersifat sensitif, maka Antrain kemungkinan akan menyebabkan anda mengalami ruam kulit, gatal, biduran atau yang juga disebut dengan utrikaria.
  • Efek samping selanjutnya yang bisa anda alami ketika mengkonsusmi Antrain adalah bisa menyebabkan serangan asma atau juga shock anafilaksis meskipun memang hal ini jarang terjadi.
  • Dan yang tidak kalah penting adalah Antrain bisa menimbulkan pigmentasi urin yang akan berubah warna menjadi merah dengan pH asam. Hal ini disebabkan oleh metabolit asam rubazonic.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang Antrain. Semoga bisa menambah wawasan anda mengenai obat yang terbukti membantu mengatasi berbagai masalah seperti nyeri maupun sakit setelah menjalani operasi.

ARTIKEL TERKAIT