Myonal, Obat Untuk Mengobati Kejang Otot Dan Spartisitas

667
Myonal Obat Untuk Mengobati Kejang Otot Dan Spartisitas
Myonal Obat Untuk Mengobati Kejang Otot Dan Spartisitas

Bidhuan.id – Apa itu Obat Myonal? Apa kegunaan obat Myonal ini? Obat Myonal merupakan sebuah obat yang terbukti ampuh digunakan untuk membantu mengobati kondisi yang berhubungan dengan spasme muskuloskeletal atau yang lebih kita kenal dengan istilah kejang otot.

Di dalam Myonal mengandung suatu zat aktif yang disebut dengan Eperisone HCl yang merupakan golongan antibiotik antispasmodik yang nantinya akan bekerja dengan cara merelaksasikan otot maupun juga vasodilator.

Obat Kejang Otot
Obat Kejang Otot

Mengenal Lebih Jauh Myonal

Myonal termasuk ke dalam salah satu jenis obat keras. Dengan kata lain, jika misalnya anda ingin mengkonsumsi Myonal, maka anda harus mendapatkan resep dari dokter karena anda tidak akan bisa mendapatkan obat tersebut tanpa menggunakan resep dokter. Selain itu, Myonal tersedia di dalam bentuk tablet dimana setiap tablet dari Myonal mengandung Eperisone HCl sebanyak 50 mg.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai indikasi, dosis, dan juga efek samping dari Myonal, maka kami sarankan agar anda membaca informasi baik – baik yang akan kami berikan di bawah ini.

Baca: Obat Gabapentin: Obat Antiepilepsi untuk Mencegah Gejala Kejang

1. Indikasi Myonal

Indikasi Myonal
Indikasi Myonal

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwasanya indikasi atau kegunaan dari Myonal adalah sebagai obat untuk membantu mengatasi kejang otot. Selain itu, Myonal juga bisa digunakan untuk membantu mengatasi spastisitas.

Dan juga masih ada indikasi atau kegunaan yang lain dari Myonal adalah bisa digunakan untuk digunakan sebagai pengobatan alternatif bagi pasien yang menderita gangguan muskulosceletal.

2. Kontraindikasi Myonal

  • Kami menganjurkan agar supaya anda tidak sembarangan ketika mengkonsumsi Myonal jika sebelumnya anda pernah mengalami riwayat gangguan hipersensitifitas terhadap kandungan yang ada pada Myonal yakni Eperisone Hcl.
  • Myonal juga harus diberikan secara hati – hati kepada seseorang yang pernah mengalami alergi terhadap obat ini maupun juga alergi terhadap obat golongan antispasmodik.
  • Untuk ibu hamil maupun ibu menyusui yang ingin mengkonsumi Myonal, kami sarankan agar supaya anda bertanya kepada dokter terlebih dahulu apakah Myonal juga aman dikonsumsi oleh anda. Hal ini berguna untuk mencegah agar supaya anda tidak mengalami berbagai macam hal yang tidak diinginkan yang bisa mengancam kesehatan anda maupun bayi anda.

3. Dosis Myonal

 

Dosis Myonal
Dosis Myonal

Di bawah ini akan kami berikan informasi berkaitan dengan dosis dari Myonal yang harus anda konsumsi. Kami sarankan agar supaya anda selalu mengikuti takaran dosis yang telah tersedia pada bagian kemasan maupun juga yang sudah sesuai dengan yang disarankan oleh dokter anda.

Jangan pernah anda menambah maupun mengurangi takaran dosis Myonal karena hal ini malah akan berpengaruh terhadap hasil dan efek samping yang akan anda dapatkan. Adapun mengenai dosis Myonal yang digunakan untuk pengobatan kejang otot adalah sebanyak 3 kali dalam sehari 50 mg.

Pengobatan atau dosis tersebut diberikan dalam kurun waktu setiap 8 jam dan diberikan secara oral. Biasanya dokter akan memberikan Myonal berdasarkan kepekaan tubuh anda maupun respon tubuh anda terhadap dosis Myonal. Selain itu, dosis Myonal hanya untuk orang dewasa. Jadi, ketika anda ingin menggunakannya untuk anak – anak, maka anda harus bertanya kepada dokter karena mungkin dokter akan menyarankan agar anda menggunakan obat jenis yang lain.

Baca: Myonal (Obat Kejang Otot): Kegunaan, Dosis, Harga dan Efek Samping

5. Efek Samping Myonal

Berikut ini kami akan menjelaskan mengenai efek samping yang berhubungan dengan penggunaan Myonal.

  • Myonal akan menimbulkan beberapa masalah yang bisa anda alami seperti pusing, kelemahan otot, maupun juga bisa mengakibatkan anda mengalami sensasi seperti mati rasa dan tremor atau gemetar.
  • Myonal akan menyebabkan anda mengantuk. Jadi, anda tidak boleh mengendarai kendaraan maupun mengoperasikan alat – alat berat setelah anda mengkonsusmi Myonal.
  • Myonal juga diketahui bisa menyebabkan pasien mengalami masalah berupa insomnia atau kesulitan untuk tidur sehingga akan mempengaruhi kualitas tidur anda.
  • Untuk efek samping yang bisa dikatakan lebih parah akibat penggunaan Myonal adalah anda bisa mengalami masalah berupa gangguan fungsi hati maupun ginjal dan juga mengalami perubahan hematologis seperti mengalami anemia.
  • Efek samping lainnya yang juga harus anda waspadai akibat penggunaan Myonal adalah anda akan menderita gangguan kencing.
  • Sementara untuk efek samping yang masuk kategori lebih parah atau fatal adalah bisa menyebabkan anda menderita fatal anafilaktoid. Kondisi ini berhubungan dengan ruam kulit, gatal, biduran atau urtikaria, edema atau pembengkakan pada bagian wajah maupun bagian yang lainnya. Jika anda mengalami kondisi – kondisi tersebut, maka anda harus segera menghentikan mengkonsumsi Myonal dan segera hubungi dokter anda.

6. Interaksi Myonal

  • Anda disarankan untuk tidak menggunakan Myonal bersamaan dengan tolperisone HCl maupun juga Methocarbamol. Adapun akibat dari penggunaan obat – obatan tersebut bersamaan dengan Myonalakan bisa menimbulkan masalah berupa gangguan fokus pada mata atau yang juga disebut sebagai akomodasi okular.
  • Perlu anda tahu bahwasanya Metabolisme Eperisone HCl akan semakin meningkat jika penggunaannya dikombinasikan dengan Amobarbital. Dan hal ini kemungkinan besar akan berpengaruh terhadap konsentrasinya di dalam plasma.
  • Jika Myonal digunakan bersamaan dengan Alfuzosin, maka bisa menyebabkan peningkatan aktivitas terhadap Eperisone HCl.

Maka dari itu, anda harus memberitahu dokter mengenai apa saja obat – obatan yang sedang anda konsumsi, termasuk vitamin dan juga supelemen karena nantinya dokter bisa menentukan berapa takaran dosis yang harus anda konsumsi agar supaya tidak sampai menyebabkan interaksi obat.

Baca: Feminax: Obat Untuk Mengatasi Nyeri dan Pelancar Saat Datang Bulan (Haid)

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang Myonal. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semuanya.

ARTIKEL TERKAIT