Methycobal, Suplemen Untuk Mengatasi Kekurangan B12

243
Methycobal
Methycobal

Bidhuan.id  Methycobal  itu Obat apa Suplemen?  Methycobal termasuk ke dalam golongan suplemen dimana obat ini mengandung vitamin B12 yakni cobalamin. Sebenarnya suplemen yang didalamnya mengandung vitamin B12 memiliki nama lain yaitu mecobalamin, MeCbl, dan juga bentuknya memang tidak jauh berbeda dari vitamin B12 sehingga fungsinya pun juga relatif sama.

Seputar Methycobal

Methycobal juga merupakan sebuah senyawa yang memiliki kemampuan mudah larut di dalam air dan juga merupakan sebuah vitamin yang memang dibutuhkan oleh tubuh anda agar supaya tubuh bisa melakukan atau melaksanakan fungsinya dengan normal. Fungsi utama dari Methycobal adalah digunakan untuk membantu mengatasi seseorang yang kekurangan kadar vitamin B12 seperti misalnya hydrocobalamin, adenosylcobalamin, dan juga cyanocobalamin.

Methycobal termasuk ke dalam obat yang meskipun dijual belikan dengan bebas, akan tetapi untuk kondisi tertentu kami menyarankan agar supaya anda berkonsultasi terlebih dahulu jika ingn menggunakan obat in.

Di bawah ini kami akan memberikan informasi lain yang lebih lengkap berhubungan dengan Methycobal agar supaya anda bisa mengetahui dan mendapatkan pengobatan yang lebih maksimal dan terhindar dari hal – hal yang tidak diinginkan.

Baca: Curcuma Plus: Aneka Pilihan Produk Serta Manfaat dan Harga Suplemen Curcuma

1. Indikasi Methycobal

Indikasi Methycobal
Indikasi Methycobal

Di bawah ini merupakan informasi tentang kegunaan atau indikasi dari Methycobal:

  • Methycobal merupakan obat yang berfungsi mengatasi kekurangan kadar vitamin B12.
  • Methycobal juga digunakan untuk membantu mengobati penyakit anemia megaloblastik yang disebabkan oleh kekurangan kadar vitamin B12 di dalam tubuh.
  • Fungsi lain dari Methycobal adalah digunakan untuk membantu mengobati neuropati perifer atau yang disebut dengan nyeri karena disebabkan kerusakan saraf.

2. Kontraindikasi Methycobal

Kontraindikasi Methycobal
Kontraindikasi Methycobal

Secara garis besar memang penggunaan Methycobal aman untuk anda karena obat ini termasuk ke dalam suplemen. Meksipun begitu, bagi anda yang pernah atau sedang mengalami beberapa kondisi di bawah ini, maka disarankan untuk berhati – hati atau berkonsultasi dengan dokter.

  • Anda disarankan untuk berhati – hati ketika menggunakan Methycobal jika sebelumnya anda diketahui memiliki riwayat gangguan berupa alergi terdahap kandungan yang ada di dalam Methycobal. Jika memang terpaksa, maka anda harus berkonsultasi dengan dokter.
  • Bagi ibu hamil maupun ibu menyusui, anda tidak disarankan untuk mengkonsumsi Methycobal jika anda tidak mendapatkan resep dari dokter.

3. Mekanisme Kerja Methycobal

Methycobal merupakan sebuah obat yang juga berperan seperti vitamin B12 yang mana obat ini nantinya akan aktif terhadap neurologis dan juga merupakan vitamin yang larut di dalam air. Bagi seseorang yang menderita anemia, Methycobal nantinya akan berperan dalam meningkatkan produksi dari eritrosit dengan cara menambah sintesis asam nukleat yang ada pada tulang belakang.

Hal inilah yang nantinya akan membantu dalam terjadinya proses pematangan dan juga pembelaan eritrosit.

4. Dosis Methycobal

Perlu anda tahu bahwasanya Methycobal tersedia pada dosis kapsul dan juga cairan injeksi. Selain itu, pemberian dosis yang tepat sesuai dengan kondisi anda maupun respon tubuh anda karena hal ini akan berpengaruh terhadap hasil pengobatan yang akan anda dapatkan.

Maka dari itu, kami sarankan agar supaya anda berkonsultasi dengan dokter mengenai seperti apa dosis yang tepat dari Methycobal sehingga pengobatan yang anda lakukan berjalan secara maksimal.

  • Dosis yang digunakan untuk mengatasi kekurangan vitamin B12 adalah 300 sampai dengan 1000 mcg untuk setiap harinya dan dalam dosis yang terbagi. Namun Methycobal memang tidak diberikan secara sendiri karena biasanya akan diberikan bersamaan dengan obat vitamin B12 yang lain.
  • Untuk dosis Methycobal yang digunakan mengatasi anemia megaloblastik adalah sebanyak 500 mcg setiap hari dan dalam bentuk intravena maupun intramuskular sebanyak 3 kali selama seminggu. Ketika 2 bulan pengobatan, maka nantinya dosis akan diturunkan menjadi 500 mc setiap 1 sampai 3 bulan.
  • Dosis bagi pasien yang menderita neuropati perifer, maka dosis yang diberikan adalah sebanyak 1500 mcg dan diberikan secara oral dan kemudian dibagi ke dalam 3 dosis untuk setiap harinya. Dan untuk injeksi IV atau IM 500 mcg setiap harinya dan diberikan sebanyak 3 kali untuk setiap minggunya.

Baca juga: Caviplex atau Neurosanbe, Mana Suplemen Merk Vitamin yang Bagus untuk Daya Tahan Tubuh?

5. Cara Penyimpanan Methycobal

  • Anda harus selalu menyimpan Methycobal pada tempat yang memiliki suhu ruangan.
  • Anda juga harus menyimpan Methycobal di tempat yang tidak bisa dijangkau oleh anak – anak maupun hewan peliharaan.
  • Anda juga tidak diperbolehkan menyimpan Methycobal di tempat yang bisa terpapar sinar matahari secara langsung.
  • Sebelum anda menggunakan Methycobal, maka kami sarankan agar supaya anda mengecek tentang batas akhir penggunaan dari Methycobal.
  • Jika misalnya anda menemukan bahwa Methycobal sudah habis masa berlakunya, maka anda harus menjauhkan Methycobal agar supaya tidak sampai dikonsumsi oleh orang lain.

6. Efek Samping Methycobal

  • Methycobal bisa menyebabkan seseorang akan mengalami beberapa kondisi seperti mual tanpa muntah, muntah, dan juga bisa menyebabkan anda mengalami sakit kepala.
  • Methycobal juga diketahui akan menyebabkan anda mengalami sembelit atau konstipasi dan bahkan dikhawatirkan bisa menimbulkan diare. Meskipun begitu, kondisi ini diketahui masih jarang terjadi.
  • Efek samping lainnya akibat penggunaan Methycobal yakni anda bisa mengalami ruam kulit, gatal – gatal, terutama jika digunakan oleh seseorang yang mengalami alergi yang ada di dalam obat Methycobal.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan berkaitan dengan Methycobal. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semuanya. Terimakasih.

ARTIKEL TERKAIT