6 Obat Biduran Di Apotik Dan Di Rumah Yang Bisa Anda Gunakan

359
6 Obat Biduran Di Apotik Dan Di Rumah Yang Bisa Anda Gunakan
6 Obat Biduran Di Apotik Dan Di Rumah Yang Bisa Anda Gunakan

Bidhuan.id Apakah anda pernah mengalami biduran? Biduran atau yang dalam dunia medis lebih dikenal dengan istilah urtikaria merupakan sebuah yang terjadi dimana kulit anda akan mengalami ruam seperti bentol. Perlu anda tahu bahwa biduran relatif sulit untuk diprediksi karena biasanya datang secara tiba tiba.

Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang bisa terkena biduran, seperti karena efek alergi, iritasi kulit, maupun juga karena terkena efek dari mengkonsumsi makanan yang di dalamnya mengandung bahan kimia. Seseorang yang menderita biduran akan mengakibatkan ia merasakan sensasi gatal pada bagian tubuhnya, terutama pada bagian punggung, meskipun juga ada beberapa orang yang merasakan sensasi paling gatal pada bagian leher atau telinganya.

Pada kesempatan kali kami akan memberikan informasi berkaitan dengan apa saja obat biduran yang bisa anda konsumsi sehingga anda bisa mendapatkan kulit anda seperti semula karena seseorang yang menderita biduran akan membuatnya kehilangan rasa percaya diri.

Baca: 4 Obat Biduran Di Apotek Yang Terbukti Ampuh dan Harganya

Apa Saja Obat Biduran Yang Bisa Anda Konsumsi?

1. Obat biduran yang mengandung Antihistamin

Obat biduran yang mengandung Antihistamin
Obat biduran yang mengandung Antihistamin

Obat antihistamin memang merupakan salah satu obat biduran yang banyak direkomendasikan oleh dokter. Seperti yang anda tahu bahwa antihistamin akan bekerja dengan cara melawan kuman atau alergi yang menyebabkan seseorang menderita gatal – gatal.

Selain itu antihistamin akan menahan pelepasan histamin yang menjadi sebab munculnya bintik – bintik merah atau bentol. Jika anda pergi ke dokter maka kemungkinan besar dokter akan merekomendasikan beberapa obat seperti di bawah ini:

  • Loratadine (Claritin)
  • Fexofenadine (Allegra)
  • Cetirizine (Zyrtec)
  • Desloratadine (Clarinex)

Jika obat – obatan tersebut masih belum mampu mengatasi biduran, maka dokter akan memberikan saran untuk meningkatkan dosis dari obat tersebut.

2. Obat biduran menggunakan Lotion Calamine

Obat biduran menggunakan Losion Calamine
Obat biduran menggunakan Losion Calamine

Obat ini juga dipercaya dan sudah banyak digunakan karena kemampuannya mampu mengatasi gatal – gatal serta menghilangkan bintik – bintik merah. Selain itu, obat ini akan membuat kulit anda menjadi terasa lebih dingin.

Untuk cara penggunaannya sendiri sangat sederhana, dimana anda hanya perlu mengoleskannya langsung ke kulit anda. Untuk lebih lengkapnya seperti di bawah ini:

  • Sebelum anda menggunakannya maka anda harus mengocoknya terlebih dahulu
  • Tuangkan losion tersebut ke dalam kapas
  • Kemudian anda hanya tinggal mengoleskannya ke kulit yang terdapat biduran secara merata

Baca: Suka Pakai Celana dan Baju Ketat? Awas Kena 5 Dampak Mengerikan ini

3. Obat biduran yang mengandung obat antiradang

Beberapa obat antiradang seperti misalnya Prednison juga direkomendasikan untuk pengobatan biduran. Mengapa? Karena obat ini sudah terbukti mujarab mengatasi pembengkakan, ruam, dan juga gatal – gatal yang anda alami.

Obat tersebut akan direkomendasikan oleh dokter hanya untuk pengobatan biduran kronis dan untuk jangka pendek. Dengan kata lain, anda tidak bisa menggunakan obat ini untuk jangka panjang karena hanya akan membahayakan kesehatan anda karena menimbulkan efek samping parah kepada penggunannya.

Obat Biduran Dengan Bahan – Bahan Yang Ada Di Rumah

Setelah kita membahas tentang apa saja obat biduran yang direkomendasikan dokter, maka sekarang kita membahas mengenai apa saja obat biduran yang ada di rumah yang bisa anda lakukan.

1. Pengobatan biduran dengan menggunakan air dingin

Pengobatan biduran dengan menggunakan air dingin
Pengobatan biduran dengan menggunakan air dingin

Pengobatan biduran juga bisa anda lakukan dengan cara mengompresnya menggunakan air dingin. Cara ini dipercaya mampu mengatasi masalah iritasi kulit dan juga rasa gatal yang anda alami.

Untuk caranya sendiri tentu sangat mudah dimana anda hanya perlu membungkus es batu menggunakan handuk dan selanjutnya anda kompres bagian yang terdapat rasa gatal lalu anda diamkan selama kurang lebih 10 menit. Lakukan cara ini secara berulang – ulang dibagian yang lain.

2. Pengobatan biduran dengan menghindari makanan atau minuman penyebab iritasi

Selain melakukan berbagai macam pengobatan seperti yang telah disebutkan di atas, hal lain yang harus anda perhatikan adalah anda harus menghindari berbagai macam produk makanan atau minuman yang bisa menyebabkan anda mengalami iritasi.

Selain itu, kami juga menyarankan anda tidak menggunakan sabun kulit kering yang hanya akan membuat kulit anda semakin mengalami iritasi sehingga pengobatannya pun akan lumayan sulit dan membutuhkan waktu yang relatif lebih lama.

Beberapa jenis sabun yang tidak memiliki bau malah akan membuat kulit anda juga mengalami iritasi. Dan juga losion serta pelembab kulit juga harus anda hindari, kecuali jika memang losion tersebut terbukti mengobati biduran seperti yang telah disebutkan di atas.

Baca: Fluimucil: Kegunaan obat, Dosis, Kontraindikasi, Efek Samping dan Harga

3. Pengobatan biduran dengan memakai baju yang longgar

Membiasakan diri untuk memakai baju yang longgar akan membantu kuit anda yang terkena biduran agar supaya bisa bernapas lebih lega dan suhu tubuh anda pun akan terasa lebih sejuk.

Kami menyarankan anda untuk lebih memakai baju yang terbuat dari bahan katun karena seperti yang kita tahu bahwa katun sangat efektif untuk menyerap keringat sehingga menghindarkan kulit anda dari mengalami kelembapan yang berlebihan karena lingkungan yang lembab malah akan membuat bakteri penyebab biduran semakin berkembang biak dan akan menyebar.

Demikian beberapa informasi yang bisa kami sampaikan tentang pengertian biduran, penyebab, serta apa saja penanganan yang bisa anda lakukan sehingga anda bisa mengatasi masalah anda tersebut.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda semua dan bisa meningkatkan kewaspadaan anda untuk menjaga kesehatan anda agar tidak sampai mengalami biduran. Terimakasih.

 

ARTIKEL TERKAIT