5 Obat Sakit Perut Dan Masalah Lambung Tanpa Efek Samping

399
5 Obat Sakit Perut Dan Masalah Lambung Tanpa Efek Samping
5 Obat Sakit Perut Dan Masalah Lambung Tanpa Efek Samping

Bidhuan.id – Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas secara lengkap tentang apa saja obat sakit perut yang bisa anda gunakan, dimana pengobatan ini tidak menimbulkan efek samping terhadap penggunanya. Seperti yang kita tahu bahwa masalah sakit perut memang kerap terjadi dan kondisi ini tidak bisa kita prediksi karena datang dan hilang secara tiba – tiba.

Tentu anda tidak bisa meremehkan masalah ini jika anda terlalu sering menderita sakit perut dan anda harus segera mencari obat sakit perut yang memang sudah terbukti ampuh dan banyak digunakan oleh kebanyakan orang.

Sebenarnya ada banyak pengobatan yang bisa anda lakukan sebagai cara pengobatan sakit perut. Namun, kami lebih menyarankan agar supaya anda lebih menggunakan pengobatan herbal dibanding harus membeli obat – obatan di apotik. Pengobatan herbal selain terbukti ampuh, juga tidak menimbulkan efek samping terhadap penggunanya.

Baca: Obat Sembelit Bisacodyl: Kegunaan, Dosis, Efek Samping dan Harga di Apotik

Obat Sakit Perut

1. Obat Sakit Perut Dengan Jahe

Obat Sakit Perut Dengan Jahe
Obat Sakit Perut Dengan Jahe

Pengobatan menggunakan jahe memang sudah dilakukan sejak jaman dahulu dimana jahe memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita, seperti mengobati berbagai masalah yang berhubungan dengan saluran pencernaan maupun juga saluran pernapasan.

Beberapa penelitan juga telah membuktikan bahwa jahe memiliki kandungan yang sangat bermanfaat mengobati sakit perut. Hal ini memang tidak mengherankan karena jahe mengandung anti inflamasi atau anti peradangan yang nantinya akan bekerja dengan cara mengendurkan otot – otot halus yang bergfungsi sebagai pembentuk lapisan perut.

Untuk pengobatan menggunakan jahe tentu sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa potong jahe dan kemudian anda masukkan ke dalam teh hangat yang sudah anda buat sebelumnya. Jika misalnya anda mau, maka anda bisa langsung mengunyah jahe tersebut.

2. Obat Sakit Perut dengan Peppermint

Mungkin anda sudah tahu bahwa peppermint mengandung mentol yang memiliki fungsi bukan hanya untuk membantu menyegarkan nafas anda, melainkan akan sangat berguna sebagai obat untuk mengatasi mual dan juga sakit perut.

Seperti halnya ketika anda mengobati dengan jahe, anda bisa meletakkan beberapa peppermint ke dalam teh hangat. Atau anda juga bisa langsung mengunyah daun mint yang mana jika anda mengunyah secara langsung tentu khasiat yang akan anda dapatkan jauh lebih baik.

Selain itu, peppermint juga diketahui memiliki manfaat lainnya yakni sebagai pengobatan untuk merangsang nafsu makan maupun mengatasi nyeri haid.

3. Obat Sakit Perut dengan Jus Lemon Hangat

Obat Sakit Perut dengan Jus Lemon Hangat
Obat Sakit Perut dengan Jus Lemon Hangat

Obat sakit perut yang selanjutnya bisa anda coba adalah dengan menggunakan jus lemon. Jus lemon hangat memang merupakan minuman yang sangat direkomendasikan sebagai pengobatan saluran pernapasan seperti batuk, radang tenggorokan, dan lain – lain.

Namun masih ada manfaat lain dari jus lemon hangat yaitu berguna sebagai obat untuk sakit perut. Cara kerja jus lemon ini nantinya akan melakukan rangsangan terhadap produksi asa sehingga saluran pencernaan anda akan lebih mudah dalam memecah makanan serta membantu makanan yang anda konsumsi bergerak lebih jauh.

Baca: 20 Obat Sakit Perut Anak di Apotik, Herbal dan Alami Untuk Redakan Masalah Sakit Perut Anak

Untuk pembuatannya sendiri kami yakin anda sudah tahu semua, dimana anda hanya perlu memeras beberapa jeruk lemon ke dalam segelas air hangat yang nanti juga bisa anda tambahkan gula secukupnya. Minum jus lemon hangat ini minimal dua kali sehari untuk meningkatkan khasiat pengobatan yang anda lakukan.

4. Obat Sakit Perut dengan Air Beras

Sebagian dari anda mungkin banyak yang belum tahu bahwasanya air beras bukan hanya berguna untuk membuat wajah anda tampak lebih bersih, namun air beras juga memiliki manfaat lainnya yakni dapat berfungsi sebagai obat sakit perut.

Adapun cara yang harus anda lakukan adalah seperti di bawah ini:

  • Yang pertama anda harus memasak nasi dengan takaran air yang lebih banyak, minimal dua kali lipat dari takaran air beras sebelumnya.
  • anda hanya perlu masak nasi seperti biasanya saja tanpa harus melakukan perubahan apapun.
  • Setelah matang, maka anda diamkan beberapa saat dalam keadaan tertutup.
  • Langkkah selanjutnya yaitu anda hanya perlu menuangkannya ke dalam cangkir, tambahkan madu secukupnya dan tinggal anda minum.

5. Obat Sakit Perut dengan Cuka Sari Apel

Obat Sakit Perut dengan Cuka Sari Apel
Obat Sakit Perut dengan Cuka Sari Apel

Pengobatan sakit perut yang terakhir yang bisa anda coba adalah dengan memanfaatkan cuka sari apel. Seperti halnya pengobatan dengan jahe atau lemon, pengobatan menggunakan cuka sari apel juga telah dilakukan sejak jaman dahulu dan terbukti memang ampu meskipun masih belum ada penjelasan yang terpercaya dari dunia medis.

Namun, menurut teori yang beredar bahwasanya cuka sari apel nantinya akan membantu dalam menyeimbangkan produksi asam yang ada di dalam lambung. Selain itu, cuka sari apel akan berguna dalam memecah lemak yang menjadi sebab terganggung sistem pencernaan anda.

Sebenarnya masih ada manfaat lain dari cuka sari apel yang mungkin banyak orang belum tahu. Beberapa manfaat tersebut antara lain seperti mencuci bakteri jahat, membersihkan kotoran yang terdapat di dalam usus.

Baca: 15 Obat Sakit Perut Anak untuk Mengobati Perut Melilit (Obat Apotik dan Herbal)

Untuk cara pengobatan menggunakan cuka sari apel sangat mudah, anda hanya perlu cuka sari apel setiap hari dan minum secara rutin. Jika misalnya anda tidak tahan dengan rasa cuka, maka anda bisa menambahkan satu sendok madu untuk membuat rasa cuka menjadi lebih manis.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang obat sakit perut. Semoga bermfantaat bagi kita semuanya.

ARTIKEL TERKAIT