4 Obat Batuk Kering Untuk Anak – Anak Dan Orang Dewasa

697
4 Obat Batuk Kering Untuk Anak - Anak Dan Orang Dewasa
4 Obat Batuk Kering Untuk Anak - Anak Dan Orang Dewasa

Bidhuan.id  Apakah anda pernah mengkonsumsi obat batuk kering? Batuk sebenarnya merupakan sebuah kondisi yang wajar akibat sistem kekebalan tubuh anda bereaksi terhadap benda asing yang bisa membahayakan kesehatan anda. Dan dengan mengeluarkan benda tersebut maka harus melalui mekanisme batuk.

Pada dasarnya batuk kering lebih dikenal dengan sebutan batuk tidak berdahak. Mengapa? Karena ketika seseorang menderita batuk kering, maka batuk yang dialami tidak akan disertai dengan keluarnya lendir atau yang juga dikenal dengan dahak. Maka dari itu penanganannya akan berbeda dengan batuk berdahak dimana anda obat batuk kering yang memang khusus digunakan oleh seseorang yang menderita batuk jenis ini.

Penyebab Batuk Kering

Ada beberapa hal yang bisa menjadi sebab seseorang menderita batuk kering dimana penyebab dari batuk tersebut harus segera diobati karena akan semakin parah dan kemungkinan juga akan menjadi sebuah pemicu untuk nantinya anda mengalami kondisi yang lebih buruk lagi.

Beberapa hal yang menyebabkan seseorang menderita batuk kering antara lain:

  • Asma
  • Asam lambung atau GERD
  • Infeksi virus
  • Efek samping obat
  • Alergi
  • Stress, dan lain sebagainya

Baca: 20 Obat Batuk Untuk Bayi yang Alami, Herbal hingga Medis di Apotik

Obat Batuk Kering

Setelah kita mengetahui definisi dan penyebab dari batuk kering, maka selanjutnya kami akan memberikan informasi kepada anda tentang apa saja obat batuk kering yang bisa anda konsumsi dan memang terbukti mujarab.

1. Obat Batuk Kering dan Gatal

 Obat Batuk Kering dan Gatal
Obat Batuk Kering dan Gatal

Dari namanya saja anda sudah bisa menduga bahwa obat ini memang dikhususkan untuk membantu mengobati batuk kering dan juga gatal, dimana kita tahu bahwa seseorang yang menderita batuk tidak berdahak juga akan merasakan sensasi gatal pada daerah tenggorokannya.

Obat tersebut nantinya akan bekerja dengan cara melakukan penekanan terhadap refleks batuk sehingga membuat intensitas atau frekuensi batuk yang anda alami bisa berkurang. Supresan ini di dalamnya mengandung bahan atau zat aktif, yang salah satunya yakni DMP atau Dekstrometorfan. Disarankan untuk terlebih dahulu membaca aturan pakai obat ini yang sudah disediakan pada bagian kemasan obat tersebut. Dan juga jangan lupa mengkonsumsi sesuai dosis yang telah ditentukan.

2. Obat Batuk Kering Di Apotik

 

Obat Batuk Kering Di Apotik
Obat Batuk Kering Di Apotik

Selain menggunakan pengobatan secara tradisional dengan memanfaatkan bahan – bahan yang ada di sekitar anda, ada obat batuk kering lain yang bisa anda gunakan yakni dengan mengkonsumi obat batuk kering yang ada di apotik.

Sekedar informasi bahwa kebanyakan orang memilih untuk menggunakan obat batuk kering yang ada di apotik dibandingkan harus membuatnya sendiri karena mereka berpikir bahwa membuat pengobatan tradisiona membutuhkan waktu sementara untuk obat batuk di apotik hanya perlu membelinya. Padahal pengobatan tradisional lebih efektif dan terlebih lagi tanpa menimbulkan efek samping.

Ada banyak obat batuk kering di apotik yang bisa anda dapatkan, mulai dari obat batuk yang hanya digunakan oleh anak – anak sampai dengan obat batuk kering yang juga bisa digunakan oleh orang dewasa. Beberapa obat batuk kering yang ada di apotik antara lain:

  • Actifed syrup
  • OBH combi
  • Viks formula 44
  • Woods
  • Siladex antitussive
  • Actifed
  • Strepsils, dan lain sebagainya

Dan yang terpenting dari pengobatan yang anda lakukan adalah dengan mengkonsumsinya secara rutin dan disarankan di waktu yang sama untuk semakin meningkatkan pengobatan yang anda lakukan.

Baca: 17 Obat Batuk Pilek Anak yang Ampuh dan Cepat Sembuhkan Flu Anak dan Harga

3. Obat Batuk Kering Dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis memang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan kita, selain memang sering digunakan sebagai bumbu untuk masakan atau penghilang bau amis pada ikan. Salah satu manfaat dari jeruk nipis yang sering dimanfaatkan oleh banyak orang adalah digunakan untuk membantu mengobati berbagai macam masalah yang berhubungan dengan saluran pernapasan, salah satunya yakni batuk.

Bukan hanya digunakan sebagai pengobatan batuk kering, jeruk nipis juga bisa digunakan sebagai obat batuk berdahak karena kandungan yang ada di dalam jeruk nipis akan membantu meredakan dahak dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.

Di bawah ini merupakan langkah – langkah yang harus anda lakukan:

  • Siapkan beberapa jeruk nipis yang sebelumnya sudah anda cuci bersih.
  • Kemudian anda peras jeruk nipis tersebut sampai benar – benar habis.
  • Setelah itu, anda campurkan perasan jeruk nipis tadi dengan kecap manis. Namun bagi anda yang tidak menyukai kecap manis, anda bisa mencampurkannya dengan madu.
  • Tinggal anda minum ramuan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal yakni minimal 2 – 3 kali dalam sehari.

4. Obat Batuk Kering Dengan Dextral Tablet

Obat Batuk Kering Dengan Dextral Tablet
Obat Batuk Kering Dengan Dextral Tablet

Dextral tablet memang merupakan salah satu obat yang terkenal karena khasiatnya mampu meredakan batuk kering dalam waktu relatif singkat. Obat ini nantinya akan bekerja sebagai antitutif, antihistamin, serta dekongestan pada hidung. Dengan kata lain, obat ini bukan hanya mampu mengobati batuk, melainkan juga bisa digunakan untuk mengobati masalah flu atau pilek.

Baca: Obat Batuk Pilek Dextral: Kegunaan, Dosis, Efek Samping dan Harga di Apotik

Sebelum anda mengkonsumsi dextral tablet, simak baik – baik penjelasan berikut:

  • Konsumsi obat ini sesuai takaran dosis yang telah disediakan pada bagian kemasan.
  • Disarankan untuk mengkonsusmi dextral tablet setelah makan.
  • Bagi anda yang menderita gangguan fungsi hati, ginjal, maupun penderita glaukoma, hipertensi, ibu hamill, ibu menyusui, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter jika ingin menggunakannya.

Itulah beberapa ulasan dari kami tentang obat batuk kering. Semoga bermanfaat untuk kita semuanya. Terimakasih.

ARTIKEL TERKAIT