4 Obat Batuk Tradisional Berdahak dan Tidak Berdahak

110
4 Obat Batuk Tradisional Berdahak Dan Tidak Berdahak
4 Obat Batuk Tradisional Berdahak Dan Tidak Berdahak

Bidhuan.id – Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kepada anda tentang “obat batuk tradisional” yang memang sudah dipercaya sejak dahulu untuk mengobati batuk berdahak maupun batuk tidak berdahak. Batuk sebenarnya merupakan sebuah respon alami tubuh anda karena melawan zat atau benda asing yang masuk ke dalam tubuh sehingg dikhawatirkan dapat membahayakan kondisi anda.

Secara umum, terdapat dua pembagian jenis batuk yaitu batuk kering atau batuk tidak berdahak dan batuk basah atau yang disebut dengan batuk berdahak. Kedua jenis batuk ini memang tidak bisa anda anggap remeh begitu saja dan tanpa melakukan pengobatan apapun, sehingga anda membutuhkan sebuah pengobatan yang tepat mengobati masalah tersebut dan salah satunya menggunakan obat batuk tradisional.

Baca: Obat Batuk Pilek Dextral: Kegunaan, Dosis, Efek Samping dan Harga di Apotik

Penyebab Batuk

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang menderita batuk,dan setiap penyebab batuk tentu gejala dan mungkin cara penanganannya juga sedikit berbeda. Beberapa penyebab seseorang mengalami batuk secara umum adalah karena terkena debu, asap kendaraan bermotor, alergi, bakteri, atau bahkan juga bisa disebabkan karena ia terkena virus.

Untuk itulah anda membutuhkan sebuah pengobatan yang tepat sehingga batuk yang anda alami juga tidak sampai terlalu parah. Ada beberapa pengobatan yang bisa anda pilih, salah satunya menggunakan obat batuk tradisional yang memang terbukti tanpa menimbulkan efek samping.

Obat Batuk Tradisional

Di bawah ini akan kami berikan beberapa informasi mengenai apa saja obat batuk tradisional yang bisa anda jadikan sebagai pilihan utama mengobati batuk kering dan batuk bedahak yang anda alami.

Baca: 10 Obat Batuk untuk Bayi di Apotik, Herbal dan Secara Alami

1. Obat Batuk Tradisional Dengan Jeruk Mandarin

Obat Batuk Tradisional Dengan Jeruk Mandarin
Obat Batuk Tradisional Dengan Jeruk Mandarin

Jeruk mandarin memang salah satu jeruk yang banyak digunakan untuk membantu mengobati batuk, baik itu batuk tidak berdahak maupun juga digunakan untuk mengobati batuk berdahak.

Adapun mengenai cara pembuatan jeruk mandarin sebagai pengobatan batuk yakni seperti di bawah ini:

  • Anda siapkan beberapa kulit jeruk mandarin yang sebelumnya sudah anda keringkan.
  • Setelah itu anda masukkan kulit jeruk mandarin tersebut ke dalam air (disarankan untuk menggunakan air sebanyak 2 gelas).
  • Kemudian anda harus menambahkan kencur sebanyak 25 gram yang sebelumnya sudah anda iris tipis – tipis.
  • Setelah mendidih dan air sudah berkurang menjadi kurang lebih satu gelas, segera matikan kompor dan dinginkan.
  • Setelah dirasa agak hangat, maka anda hanya perlu meminum air rebusan jeruk mandarin ini secara rutin. Disarankan untuk meminumnya sebanyak minimal 2 kali dalam sehari untuk semakin meningkatkan khasiat yang anda dapatkan.

2. Obat Batuk Tradisional Dengan Bunga Mawar

Obat Batuk Tradisional Dengan Bunga Mawar
Obat Batuk Tradisional Dengan Bunga Mawar

Pengobatan tradisional yang kedua yang bisa anda lakukan adalah dengan memanfaatkan bunga mawar. Selain memiliki bentuk yang indah, ternyata di dalam bunga mawar mengandung sebuah manfaat yang besar yaitu digunakan untuk mengobati batuk berdahak maupun juga batuk tidak berdahak.

Berikut ini yang harus anda lakukan jika ingin menggunakan mawar untuk pengobatan batuk:

  • Anda siapkan bunga mawar yang masih segar sebanyak 10 gram.
  • Kemudian anda harus merebus buang mawar tersebut ke dalam air sebanyak kurang lebih 2 gelas kemudian anda masak air tersebut.
  • Selanjutnya anda harus menambahkan gula batu ke dalam air yang sudah anda masukkan bunga mawar tadi secukupnya.
  • Setelah mendidih, segera angkat air rebusan tadi dan disarankan untuk menyaringnya meskipun sebenarnya anda bisa langsung meminumnya.
  • Setelah dirasa sudah hangat, maka anda hanya perlu meminumnya secara rutin untuk mendapatkan manfaat dan kesembuhan yang lebih cepat.

3. Obat Batuk Tradisional Dengan Madu dan Lada Hitam

Obat Batuk Tradisional Dengan Madu dan Lada Hitam
Obat Batuk Tradisional Dengan Madu dan Lada Hitam

Pengobatan kali ini akan menggabungkan antara madu dan juga lada hitam. Madu memang sudah tidak dipungkiri lagi akan manfaatnya untuk kesehatan, terutama berkaitan dengan sistem pernapasan anda. Sementara lada hitam juga mengandung suatu zat yang mampu meredakan tenggorokan, terlebih jika di situ ada banyak lendir atau dahak.

Baca: Obat Batuk Bayi Tak Boleh dipilih Sembarangan

Di bawah ini cara yang harus anda lakukan jika ingin mengobati batuk menggunakan madu dan lada hitam:

  • Anda siapkan madu asli dan juga lada hitam
  • Selanjtunya anda harus mencampurkan satu sendok makan madu dengan lada hitam secukupnya atau minimal sejumput
  • Kemudian anda harus mencampurnya secara merata dan anda hanya perlu meminumnya secara rutin minimal 2 – 3 kali dalam sehari. Disarankan untuk meminumnya di waktu yang sama.

4. Obat Batuk Tradisional Dengan Jahe

Selain madu, jahe juga memiliki manfaat untuk mengobati berbagai macam masalah yang berhubungan dengan saluran pernapasan. Berikut ini cara yang harus anda lakukan jika menggunakan jahe untuk pengobatan batuk.

  • Anda siapkan jahe yang sudah anda cuci menggunakan air yang mengalir.
  • Setelah itu anda potong jahe kecil – kecil dan kemudian anda masukkan ke dalam air sebanyak 2 gelas.
  • Rebus sampai benar – benar mendidih dan hanya tersisa kurang lebih 1 gelas saja.
  • Setelah itu, anda tuangkan ke dalam gelas sampai sekiranya sudah hangat.
  • Anda hanya perlu meminum ramuan ini secara rutin minimal 2 kali dalam sehari yakni pada waktu pagi dan sore hari.

Demikian informasi yang bisa kami berikan tentang obat batuk tradisional yang mudah tanpa menimbulkan efek samping. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semuanya. Terimakasih.

ARTIKEL TERKAIT