5 Obat Batuk Alami Yang Ada Di Sekitar Anda Untuk Mengobati Batuk

329
5 Obat Batuk Alami Yang Ada Di Sekitar Anda Untuk Mengobati Batuk
5 Obat Batuk Alami Yang Ada Di Sekitar Anda Untuk Mengobati Batuk

Bidhuan.id Apakah anda tahu apa saja obat batuk alami yang ada di sekitar anda? Sebenarnya batuk merupakan sebuah kondisi alami yang bisa dialami oleh siapa saja dimana hal tersebut merupakan sebuah refleks yang dilakukan tubuh terhadap suatu zat atau benda asing yang dapat membahayakan tubuh anda.

Akan tetapi, jika batuk yang dialami berlangsung dalam jangka waktu yang lama dan tidak kunjung sembuh meskipun sudah anda lakukan beberapa pengobatan, maka tentu hal tersebut bisa menjadi sebuah indikasi bahwa anda mengalami penyakit tertentu. Maka dari itu anda membutuhkan sebuah obat batuk alami yang memang sudah terpercaya dan sudah digunakan dari dulu dan tanpa menimbulkan efek samping.

Terdapat dua jenis batuk secara umum, yakni batuk kering atau batuk tidak berdahak dan juga batuk basah atau yang lebih dikenal dengan batuk berdahak. Batuk kering adalah sebuah kondisi yang mana ketika seseorang batuk, maka tidak akan disertai dengan keluarnya dahal. Sementara untuk batuk basah merupakan kondisi dimana ketika sedang batuk, maka akan disertai dengan keluarnya dahak.

Baca: Obat Batuk Pilek Dextral: Kegunaan, Dosis, Efek Samping dan Harga di Apotik

Obat Batuk Alami 

Di bawah ini akan kami berikan beberapa obat batuk alami yang ada di sekitar anda yang mungkin saja anda tidak menyadari bahwa bahan – bahan tersebut bisa digunakan mengobati batuk tanpa menimbulkan efek samping.

1. Obat Batuk Alami Dengan Madu

Obat Batuk Alami Dengan Madu
Obat Batuk Alami Dengan Madu

Madu merupakan obat batuk alami yang bisa anda manfaatkan mengobati batuk anda. Madu memang memiliki banyak manfaat di dunia kesehatan, salah satunya adalah digunakan untuk membantu mengobati berbagai masalah yang berhubungan dengan saluran pernapasan.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwasanya madu memiliki khasiat yang lebih ampuh untuk mengobati batuk maupun sakit tenggorokan dibandingkan dengan obat – obatan yang di dalamnya mengandung Dextromethorphon yang merupakan obat untuk menekan batuk.

Anda bisa mencampurkan madu sebanyak 2 sendok teh ke dalam teh maupun juga air lemon. Anda bisa meminumnya secara rutin minimal dua kali sehari untuk mendapatkan pengobatan yang lebih maksimal.

2. Obat Batuk Alami Dengan Nanas

Ternyata nanas memiliki manfaat untuk mengobati batuk, baik batuk tidak berdahak maupun digunakan mengobati batuk berdahak. Sebuah penelitian telah menemukan bahwa kandungan yang ada di dalam nanas, yakni Bromelain yang merupakan sebuah enzim untuk meredakan batuk serta berfungsi mengencerkan dahak bagi penderita batuk berdahak.

Untuk cara pengobatan menggunakan nanas tentunya sangat mudah, anda bisa langsung mengkonsumsinya maupun anda juga bisa membuatnya menjadi jus nanas. Namun anda harus tahu bahwa selama anda mengkonsumsi nanas, anda tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat batuk lainnya karena bisa mempengaruhi kinerja dari Bromelain untuk menekan batuk dan mengencerkan lendir.

Baca: 15 Obat Batuk Untuk Ibu Hamil yang Ampuh Redakan Masalah Flu dan Harganya

3. Obat Batuk Alami Dengan Peppermint

Obat Batuk Alami Dengan Peppermint
Obat Batuk Alami Dengan Peppermint

Obat batuk alami selanjutnya yang bisa anda coba adalah dengan menggunakan peppermint. Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa daun peppermint memiliki banyak manfaat untuk dunia kesehatan, dimana fungsi dari peppermint adalah membantu menekan batuk serta mengencerkan dahak bagi penderita batuk berdahak.

Ada dua keuntungan yang akan anda dapatkan ketika menggunakan peppermint, yang pertama adalah anda bisa membuatnya sebagai teh peppermint dan yang kedua adalah anda bisa menghirup uap yang dikeluarkan dari teh tersebut untuk membantu meredakan dahak atau lendir yang terdapat di hidung anda.

Namun, jika anda khusus untuk membuat peppermint sebagai pengobatan dengan cara uap. Maka anda hanya perlu meneteskan minyak peppermint sebanyak minimal empat tetes ke dalam air panas dan anda hanya perlu menghirupnya.

4. Obat Batuk Alami Dengan MarshMallow

Apakah anda tahu bahwa marshmallow juga ampuh sebagai obat batuk alami? Marshmallow terbuat dari sebuah tanaman abadi yang hanya berbunga pada musim panas, nama dari tanaman tersebut adalah Althaea Officinalis. Selain digunakan untuk mengobati batuk, marshmallow jua bisa anda gunakan untuk pengobatan nyeri tenggorokan yang berlangsung dalam waktu yang lumayan lama.

Meskipun jika kita kaji secara ilmiah, maka belum ada sebuah peneliatan yang memadai dan bisa dijadikan acuan untuk membuktikan apakah marshmallow bisa digunakan sebagai obat batuk atau tidak. Namun, tidak sedikit masyarakat yang menggunakan marshmallow sebagai obat batuk dan terbukti sembuh.

5. Obat Batuk Dengan Air Garam

Obat Batuk Dengan Air Garam
Obat Batuk Dengan Air Garam

Air garam memang sudah banyak dimanfaatkan sejak jaman dulu untuk meredakan berbagai gangguan pada saluran pernapasan, salah satunya adalah batuk. Untuk cara pembuatan air garam untuk pengobatan batuk alami sangat sederhana dimana anda hanya perlu menambahkan garam sebanyak 1/4 sendok atau 1/2 sendok teh dengan air sebanyak kurang lebih 250 ml air hangat dan kemudian anda tidak berkumur – kumur.

Perlu anda ingat bahwa anak – anak yang berusia di bawah enam tahun tidak dianjurkan untuk menggunakan air garam sebagai pengobatan batuk mereka karena dikhawatirkan mereka tidak dapat berkumur dengan baik. Maka dari itu, khusus untuk anak – anak diharuskan untuk menggunakan obat alami lainnya yang memang diperuntukkan untuk anak – anak.

Baca: 17 Obat Batuk Pilek Anak yang Ampuh dan Cepat Sembuhkan Flu Anak dan Harga

Demikianlah beberapa penjelasan dari kami tentang obat batuk alami yang bisa anda buat sendiri di rumah serta bahan – bahannya juga tidak sulit untuk anda dapatkan. Semoga informasi ini bisa membuka wawasan anda tentang obat batuk yang bisa anda pilih. Terimakasih.

ARTIKEL TERKAIT