5 Obat Sakit Mata Tanpa Efek Samping Paling Ampuh

249
5 Obat Sakit Mata Tanpa Efek Samping Paling Ampuh
5 Obat Sakit Mata Tanpa Efek Samping Paling Ampuh

Bidhuan.id – Masalah mata memang sering dialami tanpa kita sadari, terlebih lagi jika kita bekerja di tempat yang membuat kita sering bergelut dengan debu maupun kotoran maka tentu kita membutuhkan obat sakit mata agar mata kita tetap dalam kondisi sehat. Namun anda harus menggunakan obat sakit mata yang tidak memberikan efek samping terhadap penggunanya.

Perlu anda tahu bahwa ada banyak obat sakit mata yang bisa anda gunakan untuk mengobati masalah yang anda alami tersebut, namun tetap anda harus mencari sebuah pengobatan mata yang tanpa menimbulkan efek samping apapun meskipun bahan – bahan yang ada sebenarnya ada beberapa yang relatif sulit untuk ditemukan.

Baca: 15 Salep Mata untuk Bengkak, Bintitan, Infeksi dan Harganya di Apotik

Sekedar informasi bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang menderita sakit mata seperti yang akan kita jelaskan di bawah ini:

1. Sakit Mata Karena Alergi

Penyebab yang pertama adalah karena anda terkena alergi. Jika anda memiliki mata yang sensitif, maka tentu ia akan rentan terkena alergi yang bisa berasal dari makanan, asap, atau debu yang akan membuat mata anda menjadi merah. Kondisi ini tentu harus segera anda obati agar tidak sampai berlarut – larut.

2. Sakit Mata Karena Iritasi

Sakit mata karena iritasi ditandai dengan keluarnya cairan yang berasal dari mata yang memiliki tekstur agak kental. Meskipun terkadang kondisi ini bisa sembuh dengan sendiirnya dalam beberapa hari, namun anda harus tetap melakukan pengobatan secepatnya agar kondisi ini tidak sampai terlalu parah.

3. Sakit Mata Karena Bakteri

Penyebab selanjutnya adalah karena mata anda terkena infeksi bakteri. Untuk gejala mata yang terinfeksi bakteri adalah rasa gatal yang terus menerus serta akan muncul cairan kental yang keluar dari mata.

Tentu masih ada beberapa penyebab lain dari sakit mata yang belum kami sebutkan. Anda bisa bertanya kepada dokter mengenai apa saja penyebab serta gejala yang mengindikasikan anda mengalami sakit mata.

Baca: 4 Obat Iritasi Mata untuk Mengatasi Mata Merah, Bengkak dan Belekan

Obat Sakit Mata Tanpa Efek Samping

Di bawah ini merupakan beberapa obat sakit mata tanpa efek samping yang bisa anda buat.

1. Obat Sakit Mata Dengan Bawang Putih

 Obat Sakit Mata Dengan Bawang Putih
Obat Sakit Mata Dengan Bawang Putih

Pengobatan mata yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah dapat digunakan sebagai obat mata.

Adapun mengenai cara penggunaan bawang putih sebagai obat tetes mata adalah seperti di bawah ini:

  • Cuci bawang putih sampai bersih dengan menggunakan air yang mengalir.
  • Setelah itu, anda keringkan atau lap dengan tisu dan belah bawang putih tersebut menjadi dua bagian.
  • Kemudian anda hanya tinggal mengoleskannya secara perlahan – lahan ke kelopak mata anda. Jangan mengoleskannya terlalu keras dan tentu anda akan merasakan perih karena sifat bawang putih memang panas.
  • Kemudian anda bersihkan air mata anda secara perlahan – lahan dan ulangi cara tersebut minimal 2 sampai 3 kali dalam sehari.

2. Obat Sakit Mata Dengan Mentimun

Obat Sakit Mata Dengan Mentimun
Obat Sakit Mata Dengan Mentimun

Obat mata yang terbukti tanpa efek samping juga ada pada mentimun. Mentimun memang salah satu pengobatan yang banyak digunakan dalam hal kesehatan, salah satunya adalah untuk membantu mengobati sakit mata.

Cara yang harus anda lakukan tidak jauh berbeda dengan ketika anda melakukan spa dengan menggunakan mentimun. Dimana anda hanya perlu mengiris mentimun tersebut dan kemudian anda letakkan di kedua mata anda.

Di dalam mentimun mengandung zat yang berfungsi sebagai anti bakteri yang akan sangat cocok digunakan untuk sakit mata yang disebabkan oleh bakteri. Lakukan pengobatan tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

3. Obat Sakit Mata Dengan Air Mawar

Obat Sakit Mata Dengan Air Mawar
Obat Sakit Mata Dengan Air Mawar

Pengobatan selanjutnya yang bisa anda coba adalah dengan memanfaatkan air mawar. Bunga mawar merupakan salah satu buang yang digunakan sebagai simbol cinta, selain itu bunga ini memiliki manfaat untuk menyembuhkan sakit mata.

Bagi anda yang ingin menggunakan mawar sebagai pengobatan mata anda, maka simak baik – baik tentang bagaimana langkah – langkah pembuatannya:

  • Siapkan air bersih, disarankan menggunakan air mineral karena terbukti terbebas dari bakteri maupun kuman.
  • Kemudian anda masukkan beberapa bunga mawar ke dalam air tersebut.
  • Anda bisa mengaduknya beberapa kali dan kemudian anda diamkan selama beberapa menit.
  • Selanjutnya anda masukkan wajah anda ke dalam wadah yang sudah berisi air campuran mawar tersebut, disarankan untuk membuka mata anda.
  • Lakukan cara ini minimal 2 sampai 3 kali dalam sehari untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal.

4. Obat Sakit Mata Dengan Daun Sirih

Obat Sakit Mata Dengan Daun Sirih
Obat Sakit Mata Dengan Daun Sirih

Mungkin anda sudah tahu bahwa daun sirih merupakan salah satu obat mata yang terbukti ampuh, selain itu pengobatan menggunakan daun sirih tanpa menimbulkan efek samping apapun.

Baca: Protagenta (Obat Tetes Mata): Manfaat, Efek Samping, Dosis dan Harga di Apotik

Berikut ini cara yang harus anda lakukan:

  • Rebus daun sirih tersebut menggunakan api sedang sampai benar – benar mendidih.
  • Setelah mendidih, anda tunggu beberapa menit sampai daun sirih tersebut benar – benar dingin.
  • Ketika sudah dingin, anda hanya perlu meneteskannya ke mata anda untuk membantu mengobati sakit mata yang sedang anda alami.
  • Lakukan cara ini secara rutin minimal 2 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

5. Obat Sakit Mata Dengan Kentang

Obat Sakit Mata Dengan Kentang
Obat Sakit Mata Dengan Kentang

Selain dimakan, kentang juga bermanfaat untuk membantu mengobati sakit mata yang sedang anda alami. Berikut ini langkah pengobatan yang harus anda lakukan:

  • Cuci dan kupas tersebut sampai bersih.
  • Selanjutnya anda jadikan kentang tersebut sebagai jus.
  • Kemudian anda masukkan kentang tersebut ke dalam lap lalu anda bungkus dan kompreskan ke mata.

Demikian informasi dari kami tentang obat sakit mata tanpa efek samping. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semuanya.

ARTIKEL TERKAIT