Obat Sembelit Bisacodyl: Kegunaan, Dosis, Efek Samping dan Harga di Apotik

138
Obat Sembelit Bisacodyl - Kegunaan Dosis Efek Samping dan Harga di Apotik
Obat Sembelit Bisacodyl - Kegunaan Dosis Efek Samping dan Harga di Apotik

Bidhuan.id – Obat sembelit bisacodyl adalah pilihan lain yang cocok untuk membantu redakan sembelit. Produk ini dipercaya dapat menyembuhkan susah BAB pada anak ataupun orang dewasa dengan cara yang cepat. Susah BAB atau sembelit terjadi karena beragam hal. Namun yang terutama adalah kurangnya serat yang dikonsumsi sehingga pencernaan tidak bekerja secara maksimal.

Masalah sembelit, tidak hanya dapat dirasakan oleh orang dewasa. Justru sebaliknya, karena anak-anaklah yang tersering diserang masalah ini. Karena anak-anak yang lebih sulit untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan secara rutin. Oleh karenanya, dibutuhkan bisacodyl sebagai pelancar BAB yang terbaik dan aman digunakan.

Kegunaan Obat Sembelit Bisacodyl

Hal pertama dan paling sering dipertanyakan banyak orang tentang suatu produk adalah apakah kegunaan produk tersebut. Oleh karenanya, pada bagian ini kami akan menjelaskan apa saja kegunaan dari bisacodyl.

  • Mengobati Konstipasi Manfaat Bisacodyl Tablet dan Cair
    • Manfaat utama dari bisacodyl adalah mengatasi masalah konstipasi ataupun sembelit. Anda dapat menggunakannya disaat anda benar-benar sudah terdesak. Contohnya sakit perut yang tidak tertahankan ataupun adanya acara yang mendadak. Bisacodyl akan membantu anda dengan zat-zat yang ada didalamnya. Sehingga anda dapat BAB dengan lebih cepat.
  • Mengosongkan Perut Karena Menjalani Operasi
    • Tidak hanya untuk membantu melancarkan BAB, obat ini juga sering digunakan untuk persiapan operasi. Di mana, perut harus dikosongkan sehingga operasi dapat berjalan lancar. Beberapa operasi yang membutuhkan perut dikosongkan berupa operasi rahim ataupun saluran pencernaan lainnya.
  • Mengosongkan Saluran Pencernaan Untuk Pemeriksaan Lanjutan
    • Selain operasi, biasanya pasien akan diminta mengosongkan saluran pencernaan karena harus menjalani rontgen. Biasanya rontgen akan dijalankan untuk melakukan pemeriksaan rektum ataupun saluran pencernaan lain. Dengan perut yang kosong, maka pemeriksaan akan dijalankan dengan mudah.

Harga Bisacodyl untuk Obat Sembelit

Anda ingin menggunakan obat ini sebagai cara agar BAB lancar? Anda dapat membeli obat ini dengan harga yang beragam. Karena kandungan bisacodyl terdapat pada banyak merk obat untuk sembelit. Jika anda ingin menggunakan bisacodyl yang ada pada dulcolax, anda dapat membelinya dengan harga Rp 102.000/strip. Sedangkan untuk kemasan tabletnya, anda bisa membelinya dengan harga Rp 8.000/strip.

Bisacodyl Dosis atau Dosis Penggunaan Bisacodyl Obat Sembelit

Dosis Penggunaan Bisacodyl Obat Sembelit
Dosis Penggunaan Bisacodyl Obat Sembelit

Untuk dosis penggunaan bisacodyl ternyata cukup berbeda dengan obat-obat sembelit lainnya. Karena bisacodyl menentukan dosis sesuai dengan tujuan penggunaan obat. Untuk mengetahui bagaimana dosis penggunaan secara detail, simaklah informasi berikut.

  • Penggunaan Bisacodyl 5Mg Untuk Pemeriksaan Medis ataupun Operasi
    • Untuk anak-anak, anda dapat menggunakan 5mg untuk malam hari. Dan untuk esok paginya dapat menggunakan kemasan tube sebesar 5 mg. Namun untuk amannya anda dapat mengikuti anjuran dokter untuk penggunaannya. Umur anak-anak yang dimaksud adalah usia 4-10 tahun.
    • Sedangkan untuk orang dewasa, dibutuhkan dosis yang lebih besar, yaitu 10mg. Untuk digunakan pada malam hari dan pagi hari dengan kemasan tube. Hal ini penting untuk diikuti sehingga perut benar-benar kosong.
  • Penggunaan Bisacodyl Sebagai Cara Agar BAB Lancar
    • Untuk dewasa, usia 10 tahun ke atas anda dapat mengosumsinya 5-10mg dalam bentuk bisacodyl tablet ataupun dalam bentuk tube. Anda harus menggunakannya pada malam dan pagi hari. Sehingga masalah konstipasi tidak lagi dirasakan.
    • Untuk anak-anak yang berusia 4-10 tahun, anda dapat menggunakannya sebanyak 1x sehari. Khususnya gunakan pada malam hari, sehingga pada esok paginya masalah sembelit tidak melanda. Dan BAB akan berjalan dengan lancar.

Baca: 4 Nama Obat Sembelit di Apotik dan Alami yang Terbukti Ampuh

Bisacodyl Contraindications dan Efek Samping Bisacodyl

Walaupun memiliki banyak manfaat ketika digunakan, tidak jarang terdapat efek samping yang mungkin terjadi pada tubuh. Apa sajakah efek samping yang mungkin terjadi? ketahui informasinya berikut ini,

  • Masalah Pencernaan: Kram Perut
    • Tidak jarang masalah kram perut dapat terjadi pada pengguna bisacodyl. Hal ini terjadi karena adanya masukkan baru pada pencernaan. Namun tidak perlu khawatir, karena masalah ini akan terjadi dalam sesaat. Dan setelahnya, pencernaan akan terasa normal kembali.
  • Diare
    • Penggunaan bisacodyl memang diniatkan sebagai cara melancarkan BAB. Namun tidak berarti anda akan mengalami diare setelah menggunakannya. Jika hal ini terjadi pada anda sebaiknya hentikan penggunaan. Karena hal ini mengartikan bahwa anda telah terkena efek samping dari obat. Jika anda merasakan lemas dan diare, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.
  • Iritasi Pada Bagian Dubur
    • Jika anda menggunakan kemasan tube atau suppositoria kemungkinan iritasi pada dubur sangat mungkin terjadi. Hal ini mungkin terjadi, karena dubur harus mengalami adaptasi karena adanya benda yang masuk ke dalamnya. Anda tidak perlu khawatir secara berlebihan karena iritasi akan membaik setelah anda usai menggunakan bisacodyl.
  • Mual, Efek Samping Menggunakan Bisacodyl Untuk Pelancar BAB
    • Tidak hanya kram pada perut, anda juga mungkin merasakan mual. Mual adalah efek samping dari penggunaan bisacodyl karena perut mendapatkan asupan yang tidak dikenal. Jika mual membuat anda lemas dan tidak ingin makan, sebaiknya hentikan penggunaan. Dan kemudian, periksakan diri ke dokter terdekat.
  • Perhatian Untuk Penderita Dehidrasi Berat dan yang Lainnya
    • Anda harus berhati-hati, bila akan memberikan obat ini untuk penderita dehidrasi berat. Karena obat dapat berakibat fatal ketika digunakan. Untuk amannya, anda dapat menanyakan ke dokter untuk penggunaan obat bagi penderita dehidrasi. Agar tidak terjadi masalah saat penggunaan obat.

Baca: Obat Lactulax Lactulose – Obat Kontipasi untuk Atasi Sembelit Tanpa Habituasi (Ketergantungan)

Perhatian Penggunaan Bisacodyl Sebagai Cara Melancarkan BAB

Berikut ini beberapa perhatian sebelum dan sesudah penggunaan bisacodyl tablet dan tube. Hal ini penting untuk anda ketahui, sehingga tidak ada kesalahan pada saat penggunaan obat.

  • Penggunaan untuk ibu hamil, anda harus menggunakannya sesuai dengan anjuran dokter. Tidak hanya untuk ibu hamil, penggunaan untuk ibu menyusui pun perlu sangat diperhatikan.
  • Penggunaan untuk anak-anak yang berusia 4-10 tahun, memerlukan konsultasi dengan dokter. Sehingga anda mengetahui bagaimana cara tepat untuk menggunakannya. Serta mengetahui dosis untuk penggunaannya untuk anak-anak.
  • Anda harus menghindari beberapa makanan yang dapat mencegah atau memperburuk masalah konstipasi. Contohnya, keju, pudding, permen dan gula. Sehingga bisacodyl tablet ataupun tube dapat bekerja secara maksimal.
  • Perhatikan tentang kemasan dan tanggal kadaluwarsa. Anda harus memeriksa kemasan, apakah kemasan masih tersegel atau tidak. Penting pula memperhatikan kadaluwarsa, jika tanggal tersebut telah lewat dan kemasan terbuka. Sebaiknya kembalikan produk dan dapatkan produk yang baru.
  • Agar obat dapat berfungsi secara maksimal, sebaiknya gunakan obat saat perut dalam keadaan kosong. Hal ini penting, sehingga masalah sembelit dapat terselesaikan dengan cepat.
  • Hindari penggunaan untuk anda yang memiliki masalah terhadap kandungan yang dimilikki oleh bisacodyl.
  • Jangan gunakan obat secara berkepanjangan. Karena obat ini dapat menyebabkan masalah pada pencernaan.

Untuk pembelian obat ini, anda dapat mencarinya di apotik terdekat. Anda tidak memerlukan resep untuk membeli obat sembelit bisacodyl. Karena obat ini sudah dijual secara bebas di apotik ataupun mini market. Jika beberapa efek samping yang dijelaskan sebelumnya terjadi pada anda dalam waktu yang lama. Sebaiknya hentikan penggunaan dan konsultasikan keadaan ke dokter terdekat.

Baca: Obat Sembelit Dulcolax – Manfaat, Cara menggunakan, Dosis, Efek Samping dan Harga 

ARTIKEL TERKAIT