Feminax: Obat Untuk Mengatasi Nyeri dan Pelancar Saat Datang Bulan (Haid)

279
Feminax - Obat Untuk Mengatasi Nyeri dan Pelancar Saat Datang Bulan (Haid)
Feminax - Obat Untuk Mengatasi Nyeri dan Pelancar Saat Datang Bulan (Haid)

Bidhuan.id – Feminax adalah solusi untuk para wanita yang sedang mengalami nyeri selama masa haid. Nyeri pada haid biasanya kerap dirasakan oleh sebagian wanita, yang disebabkan karena adanya kontraksi pada otot uterus. Dalam kondisi ini, feminax tablet bisa mengatasi hal tersebut yang biasa disebut dismenorea (nyeri pada waktu haid).

Selain itu, kegunaan feminax lainnya bisa untuk meredakan nyeri pada punggung, kepala, pinggang, dan permasalahan kesulitan buang air besar hingga diare. Bahkan untuk nyeri haid atau tegangan otot yang hebat, ada beberapa wanita yang pingsan akibat menahan rasa nyeri tersebut. Untuk lebih jelasnya lagi seperti harga feminax, dosis dan efek sampingnya simak ulasan di bawah ini.

Komposisi Obat Feminax

Dalam setiap tablet feminax, mengandung 19 mg ekstrak hiosiamin, serta 500 mg paracetamol. Feminax juga ada dalam bentuk sugar free yang dikemas dalam 12 g sachet. Komposisinya adalah 4000 mg asam jawa (tamarind pulpae), 3 mg gingseng china (Polygalae tenuifoliae radix), 6000 mg kunyit (Curcumae domesticae rhizoma), serta 500 mg kencur (Kampulferiae galanga rhizoma).

Indikasi Obat

Indikasi atau kegunaan feminax adalah untuk :

  • Pasien yang mengalami nyeri pada saat haid atau biasa disebut dengan dismenorea
  • Pasien yang menderita kolik atau mengalami kejang pada perut yang disebabkan oleh beberapa hal
  • Menyamarkan rasa nyeri pada saat sakit kepala, rematisme, masuk angin serta pada saat pasien mengalami nyeri hebat pada masa menstruasi

Dosis Feminax Dan Cara Penggunaan

Karena feminax ada dalam 2 versi, yaitu tablet dan dalam bentuk sugar free, maka feminax dosage untuk kemasan tablet adalah :

  • Konsumsi  1-2 tablet feminax untuk pasien dewasa yang sedang mengalami nyeri pada saat haid. Lakukan secara rutin 3 kali sehari.
  • Konsumsi 1 tablet feminax untuk pasien remaja di usia 10 sampai 16 tahun yang sedang mengalami nyeri pada saat haid. Lakukan rutin 3 kali dalam sehari.

Dosis dan cara penggunaan feminax sugar free yaitu :

  • Siapkan 150 ml liter air putih matang. Boleh air dingin atau air hangat, kemudian larutkan 1 sachet feminax sugar free. Konsumsi secara rutin 3 hari sebelum masa menstruasi dan 3 hari setelah masa menstruasi berakhir.

Cara Kerja Feminax

Kandungan kombinasi paracetamol yang ada di feminax akan bekerja langsung pada saat keadaan otot uterus berkontraksi yang disebabkan oleh hormone prostaglandin. Keadaan tersebut bisa semakin parah apabila tidak segera di atasi, yaitu akan menyebabkan hambatan pada aliran oksigen yang menuju jaringan otot uterus.

Kombinasi paracetamol tersebut berfungsi sebagai anti nyeri (analgetika) dan kandungan ekstrak hiosamin akan bekerja untuk mengurangi rasa ketegangan pada otot rahim (spasmolitika).

Efek Samping Penggunaan Feminax

Penggunaan feminax juga akan menyebabkan beberapa efek samping yang mungkin saja dirasakan oleh pasien. Efek samping yang umum terjadi oleh pasien yang mengonsumsi feminax akan mengalami rekasi mulut kering, sembelit serta reaksi pada darah. Dan pasien juga akan menimbulkan gejala hipersensitivitas seperti muncul ruam dan bengkak pada beberapa bagian tubuh, mengalami retensi pada urin serta mengalami gejala sembelit.

Pasien juga kemungkinan akan menderita aritmia, impotensi hingga gangguan mental.

Baca: Pil KB Trinordiol-28 – Obat Kontrasepsi Oral untuk Mencegah Kehamilan

Kontraindikasi

Pasien dalam keadaan dibawah ini, sebaiknya hati-hati jika ingin mengonsumsi feminax dalam jangka waktu yang lama :

  • Pasien yang menderita gangguan fungsi hati dan ginjal
  • Pasien yang memiliki riwayat penyakit jantung
  • Pasien dengan gejala penyumbatan anus serta miastenia gravis
  • Serta pasien yang sedang mengalami demam, pembesaran prostat, dan glukoma yang sudah tertutup.

Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk mendapatkan solusi terbaik mengatasi permasalahan nyeri pada haid.

Informasi Keamanan

Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui ketika hendak mengonsumsi feminax:

  • Konsumsi feminax untuk nyeri haid sesuai dengan dosis serta resep dari dokter. Jangan melebihi aturan dosis karena akan ada beberapa efek samping yang nantinya anda rasakan
  • Apabila setelah mengonsumsi feminax, gejala yang anda alami pada saat haid tak kunjung hilang, maka segeralah periksakan ke dokter.
  • Untuk pasien yang sedang menderita gangguan fungsi hati dan ginjal, miastenia gravis, sangat perlu diperhatikan. Jangan mengonsumsi feminax untuk jangka waktu yang lama, atau memang sebaiknya minta resep dan aturan minum dari dokter saja.
  • Feminax dalam kemasan sugar free mengandung pemanis buatan (aspartam), maka jangan mengonsumsinya secara berlebihan. Ketika gejala nyeri sudah mereda, anda boleh menghentikannya.
  • Mengonsumsi feminax untuk pasien yang sudah kecanduan alcohol, antikoagulan, fenobarbital serta pralidoksim, kloramfemikol akan lebih sensitive. Maka dari itu sebaiknya berhati-hati dalam masa pengonsumsian. Apabila ada gejala efek samping yang terjadi, maka segera periksakan ke dokter.

Harga Obat Feminax

Untuk feminax dalam bentuk tablet, dijual dengan kisaran harga Rp2400,- per strip. Dan 1 strip berisi 4 tablet feminax. Untuk yang kemasan feminax sugar free, dijual dengan kisaran harga Rp10.000,- per sachet dengan berat 12 gr. Anda bisa temukan feminax ini di toko obat atau apotik terdekat.

Dari penjelasan obat feminax diatas, maka bisa disimpulkan bahwa obat ini merupakan solusi ketika anda sedang mengalami nyeri pada saat masuk masa menstruasi. Biasanya dibarengi dengan rasa nyeri di punggung serta sakit kepala. Konsumsilah sesuai dosis dan aturan yang berlaku.



Baca: Pil KB Andalan, Trinordiol-28, Yasmin dan Diane 35 untuk Mencegah Kehamilan