Aspilet: Dosis Pemakaian, Indikasi, Serta Efek Samping dan Harga Obat

621
Aspilet - Dosis Pemakaian Indikasi Serta Efek Samping dan Harga Obat
Aspilet - Dosis Pemakaian Indikasi Serta Efek Samping dan Harga Obat

Bidhuan.id – Aspilet adalah obat non-steroidal anti-inflammatory drug atau NSAID yang mempunyai efek anti infamasi. Obat ini diperuntukkan pada pasien yang mengalami serangan penyakit seperti stroke, serta pada saat terserang penyakit jantung. Apa saja fungsi aspilet yang lainnya ? Akan dibahas secara lengkap dalam artikel ini

Aspilet tablet ini akan mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular seperti pasien yang menderita diabetes militus serta thromboembolic. Karena obat ini tergolong obat anti trombotik, maka kendala pembekuan darah (thrombosis) terutama pada saat mengalami serangan jantung dan pasca stroke.

Komposisi Obat Aspilet

Dalam setiap aspilet ec 80 mg tablet mengandung clidinium acetylsalicylic acid atau asam asetilsalisilat.

Indikasi Obat

Karena obat aspilet ini termasuk kedalam golongan obat anti trombotik, maka sangat dianjurkan untuk para pasien yang mengalami beberapa keadaan dibawah ini :

  1. Pasien yang sedang menderita penyakit jantung atau serangan jantung secara tiba-tiba
  2. Pasien yang menderita gejala pasca stroke
  3. Mengatasi rasa nyeri serta sakit kepala
  4. Pasien yang mengalami demam selama inflamasi dan penyakit menular
  5. Serta para pasien yang menderita mialgia dan neuralgia

Dosis Aspilet Serta Cara Pemberian Obat

Biasanya dokter akan memberikan dosis aspilet seperti yang tertera dibawah ini. Namun, untuk lebih pastinya, silahkan anda konsultasikan dulu ke dokter dan ceritakan semua keluhan yang anda rasa.

  1. Berikan 2 sampai 4 tablet aspilet 80 mg untuk para pasien dewasa yang menderita serangan atau penyakit jantung. Berikan 1 tablet pada saat serangan dan 1 tablet lagi untuk rumatan secara teratur.
  2. Berikan 500 sampai 1000 mg dalam 1 hari untuk para pasien yang menderita demam dan rasa nyeri. Berikan secara rutin dan teratur, untuk pengobatan dan juga rumatan.
  3. Berikan 2 sampai 4 tablet aspilet 80 mg untuk para pasien dewasa untuk penyembuhan pascar stroke. Berikan 1 tablet ( dalam 2×24 jam pasca stroke terjadi) dan 1 tablet lagi untuk rumatan secara teratur.
  4. Berikan 75 sampai 325 mg untuk pasien yang menderita diabetes militus. Berikan secara bertahap untuk pengobatan dan untuk rumatan.
  5. Berikan 80 sampai 650 mg, 2 kali sehari untuk pasien yang akan menjalani operasi bedah untuk carotid stenosis atau yang biasa disebut Carotid endarterectomy. Berikan aspilet mulai dari sebelum operasi dan sampai operasi selesai untuk rumatan.
  6. Untuk pasien anak-anak, aspilet ini termasuk jenis obat dengan dosis tinggi. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter jika akan menggunakan aspilet.

Baca: Obat Thrombo Aspilet (Asam Asetilsalisilat) – Kegunaan, Dosis, Harga dan Efek Samping

Cara Pemakaian Obat Aspilet

Cara minum aspilet adalah ditelan, tanpa dikunyah, digigit serta dihancurkan. Obat ini berbentuk tablet yang harus dikonsumsi dengan atau tanpa makanan dan larutkan bersama dengan air putih. Simpan dalam suhu ruangan yang dingin, serta jauhkan dari sinar matahari dan tempat-tempat yang lembab. Jangan sesekali meminum aspilet bersamaan dengan alcohol dan minuman keras lainnya.

Cara Kerja Obat

Aspilet ini bekerja dengan cara menghambat aktivitas enzim siklo-oksigenase dengan proses asetilisasi dan tidak dapat kembali seperti semula. Dengan begitu, zat yang terkandung dalam aspilet yaitu asam asetilsalisilatbisa mencegah proses pertumbuhan tromboksan A2, dan pada akhirnya terjadi pencegahan dalam proses pembekuan darah serta bisa mencegah penyumbatan pada saluran peredaran darah atau bisa disebut dengan agregasi platelet.

Efek Samping Obat Aspilet

Akan ada beberapa efek samping yang bisa dialami pasien jika mengonsumsi aspilet dalam jangka panjang dan melebihi dosis.

  1. Akan timbul reaksi alergi pada pasien seperti gatal-gatal, bengkak pada bibir, lidah dan di seluruh wajah.
  2. Mengalami batuk berdarah, mual, hingga mutah
  3. Tinja yang dikelurkan berwarna hitam dan berdarah
  4. Mengalami demam selama lebih dari 3 hari
  5. Mengalami perasaan tidak nyaman pada uluh hati dan lambung
  6. Adanya gangguan fungsi hati dan ginjal
  7. Menderita kantuk, sakit perut, sakit kepala dan mag

Kontraindikasi

Kontra indikasi obat aspilet ini sangat tidak dianjurkan untuk para pasien yang memiliki riwayat hipersensitif terhadap komponen asam asetilsilasilat, memiliki riwayat penyakit asma, tungkak lambung atau mag, pendarahan dibawah kulit, mempunyai riwayat penyakit hemophilia serta pasien yang sedang menjalani pengobatan atau terapi menggunakan antikoagulan.

Informasi Keamanan

Penggunaan aspilet ini sebaiknya dikonsumsi secara hati-hati untuk para pasien dengan kondisi

  • Gangguan fungsi hati dan ginjal
  • Pasien yang mengalami dehidrasi berlebih
  • Serta untuk ibu yang tengah hamil dan menyusui

Untuk para pasien dengan kondisi di atas, ada baiknya jika terlebih dahulu konsultasi kepada dokter, agar diberikan dosis yang sesuai dan gejala juga bisa tertasi. Jika tidak, maka efek samping dari obat aspilet ini bisa dialami oleh pasien.

Harga Obat Aspilet

Obat ini dapat ditemui di semua apotik terdekat atau bisa beli lewat online, di jual dengan harga Rp 997,- untuk setiap tablet dan setiap kemasan aspilet berisi 10 tablet. Dijual dalam bentuk tablet.

Beberapa informasi penting mengenai obat aspilet ini, mengenai dosis, indikasi kontraindikasi, efek samping serta harganya sudah tercantum lengkap diatas. Semoga gejala seperti serangan jantung, stroke, penyumbatan darah serta darah beku pada pasien bisa diatasi.



Baca: Obat Fasidol – Obat Penurun Panas Demam dan Pereda Nyeri untuk Semua Umur