20 Obat Batuk Untuk Bayi yang Alami, Herbal hingga Medis di Apotik

7362
20 Obat Batuk Untuk Bayi yang Alami Herbal hingga Medis di Apotik
20 Obat Batuk Untuk Bayi yang Alami Herbal hingga Medis di Apotik

Bidhuan.id – Obat batuk untuk bayi ini ada berbagai macam merek. Anda bisa pilih sesuai dengan umur pada bayi anda. Ada obat batuk untuk bayi yang alami (tradisional) dan ada juga penyembuhan batuk untuk bayi dengan menggunakan obat syrup (medis) yang dapat anda beli di Apotik. Setiap orang tua pasti mengingkan bayi yang sehat selalu, namun tetap ada saja penyakit yang bisa menyerangnya. Ingin tahu apa saja obat batuk untuk bayi yang bisa anda gunakan? Simak terus daftar obat batu bayi di bawah ini.

Bingung cari obat batuk untuk bayi ?

Sebenarnya mencari obat batuk untuk bayi tidaklah mudah, karena dalam usia ini bayi masih belum boleh diberi obat medis karena bahaya efek sampingnya. Obat Batuk Bayi Tak Boleh dipilih Sembarangan , terlebih lagi pada obat medis yang ada di Apotik. Dalam artikel ini akan dibahas berbagai macam obat batuk cair bayi dari yang tradisional sampai obat medis resep dari dokter yang bisa dan aman digunakan. Simak uraian dibawah.

Obat Batuk Untuk Bayi Tradisonal / Alami / Herbal dan Medis di Apotik

  • Madu Sebagai Obat Batuk Bayi

Madu merupakan salah satu obat batuk alami yang dapat digunakan. Misalnya saja sebagai obat batuk untuk bayi 7 bulan. Anda bisa berikan madu murni ini secara rutin, pagi dan malam, dengan takaran 1 sendok teh.

  • Baby Chough Syrup Obat Batuk Untuk Bayi

Obat ini bisa meredakan batuk pilek, batuk berdahak, batuk panas, serta gejala influenza pada bayi. Berikan ½ sendok teh, 3 kali dalam sehari. Obat yang berbentuk syrup ini dijual dengan harga Rp5000,- untuk 60 ml.

  • Epexol Syrup Meredakan Batuk

Obat batuk bayi epexol ini dapat diberikan pada si kecil dengan takaran ½ sendok takar, 2 kali dalam sehari untuk meredakan gejala batuk. Dijual dengan harga Rp21.805 per botol 120 ml.

  • Anatuk Obat Batuk Herbal

Anatuk merupakan obat batuk untuk bayi herbal yang berbahan dasar madu dan ada beberapa bahan campuran herbal lainnya. Berikan 1 sampai 2 sendok teh, 3 kali dalam sehari. Dijual dengan harga Rp65.000,- per 140 ml.

  • Minyak Telon Membantu Meredakan Batuk

Oleskan minyak telon pada bayi, terutama pada bagian dada dan tenggorokan. Minyak telon bisa mengobati batuk pada bayi terutama untuk bayi yang usianya masih dibawah 6 bulan.

  • Jahe dan Kencur Sebagai Obat Batuk Untuk Bayi

Berikan minuman jahe kencur pada si kecil. Cara membuatnya adalah dengan menumbuk jahe dan kencur, lalu rebus. Saring airnya dan berikan kepada si kecil. Namun jangan berlebihan ya dan tidak dianjurkan untuk bayi dibawah 3 tahun.

  • Jeruk dan Kecap Obat Batuk Bayi Tradisional

Ramuan yang satu ini bisa jadi obat batuk bayi 9 bulan yang ampuh. Campurkan perasan air jeruk nipis dengan kecap. Minumlah ramuan ini rutin, hingga batuk pada si kecil mereda.

  • Anakonidin Syrup Obat Batuk Bayi Generik

Berikan anakonidin syrup ini 1 sendok takar sebanyak 3 kali dalam sehari. Obat ini dijual dengan harga Rp7900,- per botol 30 ml.

  • Pimacolin Untuk Meredakan Gejala Batuk Pilek Bayi

Berikan secara rutin 2,5 ml dalam sehari pada si kecil. Dijual dengan harga Rp8800,- per botol 60 ml.

  • Mucos Sebagai Obat Batuk

Berikan obat batuk bayi mucos pada si kecil dengan dosis 2,5 ml, 2 kali dalam sehari. Obat ini efektif meredakan batuk pada bayi. Dijual dengan harga Rp22.000,- per 60 ml

  • Obat Batuk Bayi Mucera

Obat batuk bayi mucera ini juga efektif meredakan gejala batuk. Berikan mucera kepada si kecil dengan dosis 2.5 ml, 2 kali dalam sehari. Dijual dengan harga Rp24.750,- per 60 ml.

  • Alco Plus DMP Obat Batuk Generik

Berikan alco plus dmp syrup kepada si kecil, dengan dosis 1,25 ml, 3 kali dalam sehari, sampai gejala batuk reda. Obat ini dijual dengan harga Rp48.795,- per botol 100 ml.

  • Nipe Sebagai Obat Batuk Bagi Bayi

Obat ini bisa anda berikan ketika si kecil. Berikan nipe syrup ini dengan dosis 5 ml, 3 kali dalam sehari. Nipe ini dijual dengan harga yang cukup mahal Rp 94.114,- per 100 ml.

  • Triaminic Sebagai Obat Batuk Bayi

Berikan obat triaminic batuk dengan dosis ½ sendok takar, 3 kali dalam sehari. Dijual dengan harga Rp60.018 per 50 ml.

  • Coba Sari Wortel Untuk Meredakan Batuk

Anda hanya perlu memarut wortel, peras, dan ambil sarinya. Encerkan dengan air hangat, dan langsung berikan pada bayi. Untuk menambah rasa, bisa tambahkan sedikit madu. Berikan secara rutin, maka batuk akan hilang.

Baca: Obat Anak Batuk Pilek, Jangan biarkan Anak Menderita Berlama-lama!

  • Bawang Merah Obat Batuk Tradisional

Pijat si kecil dengan menggunakan bawang merah, maka itu juga bisa meredakan gejala batuk yang dialami oleh bayi. Badan juga menjadi hangat.

  • ASI Obat Batuk Alami

Asi mengandung antibiotik alami, yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh pada bayi. Berikan saja asi secara rutin. Dengan begitu, batuk akan reda.

  • Air Putih Obat Batuk Alami

Anda juga berikan air putih pada si kecil secara rutin, karena air putih juga bisa meredakan batuk secara alami.

  • Ikadryl Sebagai Obat Batuk Bayi

Dosisnya berikan 1 sendok takar selama 4 jam sekali dalam sehari. Dijual dengan harga Rp21.958 per 100 ml.

  • Vicks Formula 44 Anak-anak  

Berikan vicks formula 44 syrup ini dengan dosis ½ sendok takar, 3 kali dalam sehari, maka gejala batuk pilek akan hilang. Dijual dengan harga Rp5500,- per 27 ml.

Nah, beberapa jenis obat batuk untuk bayi diatas layak anda coba. Namun jika bayi anda masih berusia dibawah 2 tahun, sangat disarankan untuk mencoba yang herbal dan akan lebih baik lagi jika anda mengkonsultasikannya terlebih dulu ke Dokter anak. Sebab bayi berumur 2 tahun masih sangat rentan, hal ini penting dilakukan  untuk menghindari semakin parahnya batuk pada bayi anda dan kemungkinan-kemungkinan buruk lainnya. Semoga bermanfaat.

Baca: 15 Obat Pilek Bayi Lengkap – Penjelasan, Manfaat dan Harga di Apotik

ARTIKEL TERKAIT