Pil KB Andalan, Trinordiol-28, Yasmin dan Diane 35 untuk Mencegah Kehamilan

1363
Pil KB Andalan - Trinordiol-28 - Pil KB Yasmin dan Pil KB Diane 35 untuk Mencegah Kehamilan
Pil KB Andalan - Trinordiol-28 - Pil KB Yasmin dan Pil KB Diane 35 untuk Mencegah Kehamilan

Bidhuan.id – Pil KB andalan merupakan salah satu merk pil KB yang banyak digunakan oleh ibu-ibu untuk mencegah terjadinya kehamilan sebagai alternatif penggunaan suntik kb. Pil KB biasanya didalam komposisinya terkandung hormon yang akan membantu mengatur masa kesuburan wanita, yakni dengan menekan hormon kehamilan seperti hormon estrogen. Jadi jangan heran kalau salah satu manfaat pil kb untuk kesuburan. Selain Pil KB Andalan ada beberapa macam merk Pil KB lain yaitu Pil KB Trinordiol-28, Yasmin dan Diane 35. Lantas bagaimana cara minum pil kb agar tidak hamil? Berapa harga Pil KB tersebut masing-masing? berikut ini jawabannya.

Pilihan Merk Pil KB, Manfaat, Efek dan Harganya

Keluarga berencana merupakan salah satu cara untuk meminimalisir kenaikan jumlah populasi penduduk di Indonesia. Sehingga diperlukan suatu cara untuk mencegah kehamilan, nah salah satunya yakni dengan suntik kb dan menggunakan pil KB.

Berikut beberapa pilian Pil KB andalan dan sejenisnya yang bisa anda pilih.

  • Pil KB Andalan

Pil KB andalan memiliki kandungan 0,15 mg Levonorgestrel (Hormon Progestin) dan 0,003 mg etinilestradiol (Hormon estrogen) yang ada dalam tablet berwarna kuning yang jumlahnya 21 buah, sedangkan 7 sisanya hanyalah tablet tepung salut gula yang tidak memiliki efek apapun berfungsi hanya untuk mengingat tanggal dan mempermudah anda dalam menghitung hari dalam satu bulan.

Cara kerja pil KB secara umum adalah dengan mencegah pelepasan sel telur yang telah matang, yang berasal dari ovarium atau indung telur, sehingga fertilisasi pun tidak terjadi. Selain itu, hormon dalam pil KB akan memningkatkan viskositas lendir rahim, sehingga sperma akan sulit menembus indung telur.

Efek Minum Pil KB Andalan

Efek samping yang akan dirasakan oleh pengguna pil KB andalan biasanya tergantung faktor dari si konsumen itu sendiri. Kemungkinan efek samping yang akan terjadi adalah:

  • Sakit kepala ringan
  • Mual
  • Spotting diantara massa waktu haid 3 bulan
  • Berat badan naik
  • Terkadang timbul jerawat

Cara minum Pil KB Andalan untuk pemula

Cara minum pil kb andalan pertama kali adalah dengan meminumnya di hari pertama haid. Minum satu tablet yang berwarna kuning, dan minum setiap hari dengan jam yang sama untuk meminimalisir efek samping. Jika lupa minum satu tablet, anda harus minum 2 tablet untuk keesokan harinya.

Harga Pil KB Andalan Rp. 12.000/ pack

  • Pil KB Trinordiol-28

Tidak seperti Pil KB Andalan yang hanya memiliki 2 macam warna tablet, ternyata Pil KB Trinordiol-28 memiliki 4 jenis tablet.

Berikut komposisi pembagiannya:

  • 7 tablet Warna merah yang mengandung 31.835 mg laktosa
  • 10 tablet warna kuning pucat yang mengandung 0,03 mg Ethinyl estradiol dan levonorgestrel sebanyak 0,125
  • 6 tablet warna kuning cerah mengandung 0,03 ethynil estradiol dan levonorgestrel 0,05 mg
  • 5 tablet putih yang mengandung 0,04 mg Ethynil estradiol dan Levonorgestrel 0,05 mg

Efek Samping Minum Pil KB Trinordion-28

Efek samping yang mungkin terjadi jika meminum pil kb trinordiol 28 antara lain: mual, melembeknya payudara, cloasma, jiwa tertekan, perubahan berat badan, perubahan libido dan haid serta sakit kepala.

Harga Pil KB Trinordiol-28 Rp. 12.000/ strip

  • Pil KB Yasmin

Hampir sama dengan pil Kb oral sebelumnya, pil kb yasmin juga memiliki 28 tablet yang terdiri dari 21 tablet berbahan aktif atau memiliki kadar hormon dan 7 tablet yang tidak memiliki kadar hormon.

Menggunakan pilkb yasmin ternyata memiliki banyak keunggulan dibandingkan menggunakan pil kb lainnya lho.

Perbedaan pil kb andalan dan yasmin ada pada efek samping yang dimilikinya. Berikut keunggulan dan efek samping baik yang dimiliki pil kb yasmin:

  • Bersifat anti androgen, sehingga tidak akan membuat anda menjadi gemuk dan akan mengurangi jerawat anda. Walaupun tidak direkomendasikan secara resmi untuk mengobati jerawat, namun konsumsi pil kb ini dapat mengurangi produksi sebum atau minyak di wajah.
  • Konsumsi pil kb ini tidak akan memperngaruhi kesehatan siklus menstruasi anda, bahkan dapat mengurangi rasa sakit ketika haid datang. Namun akan membuat siklus haid lebih pendek dan mengurani jumlah kehilangan darah tiap siklus menstruasi.
  • Ovarium tetap sehat, karena pembekuan kista di ovarium akan dikurangi.
  • Payudara tetap nyaman walaupun sedang dalam masa haid. Pil ini juga dapat melinduni payudara dari pertumbuhan kista dan tumor jinak.
  • Efek samping yang biasanya terjadi antara lain: depresi, migrain, mual, diare, nyeri punggung dan peningkatan pembekuan darah.

Harga Pil KB Yasmin Rp. 230.000-240.000

Baca: Efek Samping Kiranti Bisa Menggugurkan Kandungan dengan Cepat? HOAX/FAKTA

  • Pil KB Diane 35

Seperti halnya pil KB yasmin, pil Kb Diane selain sebagai pil kontrasepsi dengan kandungan hormon progesteron dan estrogen juga memiliki fungsi untuk mengobati atau mengurangi gejala androgenisasi yang meliputi munculnya jerawat berlebih dan pertumbuhan rambut berlebih atau lebih dikenal hirsutisme.

Perhatian konsumsi Pil KB:

Sebaiknya jika akan mengonsumsi pil KB apapun merknya, anda diharuskan konsultasi ke dokter atau bidan, terkait masalah kesehatan pribadi maupun keadaan sedang dalam masa hamil maupun menyusui. Semua harus dikonsultasikan agar mendapatkan rekomendasi yang optimal.

Efek samping Minum Pil KB Diane:

  • Sakit bagian perut bawah
  • Migrain atau sakit kepala
  • Perubahan suasana hati, emosional
  • Penambahan berat badan
  • Payudara sensitif atau nyeri

Harga Pil KB Diane 35 Rp. 136.000

Setelah mengetahui beberapa merk obat selain pil kb andalan, dan perbandingan yang dimiliki tiap merknya, anda bisa meilih sesuai kecocokannya terhadap anda. Konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu, sebelum menggunakan pil kb. Semoga informasi ini bermanfaat.



Baca: 12 Penyebab Telat Datang Bulan (Haid) Wanita dan Cara Mengatasi