12 Obat Batuk Pilek Anak di Apotik, Herbal dan Tradisional Lengkap

4691
12 Obat Batuk Pilek Anak di Apotik Herbal dan Tradisional Lengkap
12 Obat Batuk Pilek Anak di Apotik Herbal dan Tradisional Lengkap

Bidhuan.id – Obat batuk pilek anak sering kali dicari oleh beberapa ibu untuk mengatasi gejala batuk pilek yang menyerang si kecil. Namun apa obat batuk pilek yang bagus untuk anak ? Ada beberapa merk obat medis yang dapat mengatasi gejala batuk pilek, serta ada pula beberapa obat batuk pilek alami yang dapat membebaskan si kecil dari gejala flu dan batuk tersebut. Apa sajakah itu? Untuk obat di apotik juga berapa harga obat batuk pilek anak tersebut? Simak uraian beserta penjelasannya pada artikel ini.

Daftar Obat Batuk Pilek Pada Anak tradisional, Herbal dan Medis

Ada beberapa orang tua yang lebih mempercayai menggunakan obat alami dari pada obat medis untuk menyembuhkan batuk pilek pada anak. Namun untuk gejala flu disertai pilek yang sudah parah, biasanya dokter memang menyarankan agar mengonsumsi obat medis untuk penyembuhan.

Berikut beberapa daftar obat batuk pilek anak  alami hingga cara tradisional yang bisa coba gunakan pada anak.

  • Obat batuk pilek buat anak dengan Jahe

Jahe bisa dijadikan obat batuk pilek buat anak karena mengandung minyak astiri, ginggerol, sogaol serta terpenoid zingiberol yang berfungsi sebagai senyawa antivirus sehingga bisa menyembuhkan gejala batuk dan pilek pada anak. Tumbuk beberapa jahe, seduh dengan air hangat, tambahkan madu untuk pemanis, dan konsumsi selama 2 kali sehari sampai sembuh.

  • Madu sebagai obat batuk pilek anak

Madu juga bisa dijadikan alternative selanjutnya untuk obat batuk pilek anak. Seperti yang sudah diketahui, madu memang berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh, namun selain itu juga bisa meredakan flu dan batuk atau iritasi pada tenggorokan karena sifatnya sebagai antibakteri. Bisa campurkan 1 sendok madu dan 1 sendok lemon ke dalam 1 gelas air hangat.

  • Mengatasi pilek pada anak dengan terapi Uap

Terapi uap air hangat bisa mengatasi pilek pada anak dan hidung yang tersumbat. Siapkan 1 baskom air hangat, lalu hirup. Dan disamping itu juga siapkan handuk, celupkan pada air hangat, peras, dan taruh di atas kepala. Lakukan hal ini selama 2 kali dalam sehari sampai sembuh.

  • Papermint untuk Obat Batuk Pilek Anak

Meminum ramuan segelas teh hangat yang dicampurkan dengan papermint dan sedikit madu murni, dapat meredakan gejala batuk dan pilek pada anak secara berangsur angsur. Karena papermint mengandung senyawa mentol yang dapat mengencerkan lendir yang menyumbat pada saluran pernafasan.

  • Obat Batuk Pilek Anak dengan Bawang Putih

Cara yang ini akan lebih simpel dibanding yang lain, karena si kecil hanya harus mengirup bawang aroma bawang putih tepat didepan lobang hidung si kecil dan lakukan rutin setiap hari. Karena bawang putih berfungsi sebagai katalis yang bisa mengencerkan lendir dan mengeluarkannya dari hidung.

  • Istirahat Total dan Banyak Minum Air Putih

Langkah terakhir untuk menyembuhkan dari gejala batuk dan pilek pada anak maka istirahatlah secara total dirumah. Apabila se kecil sedang mengalami batuk pilek tandanya sistem kekebalan tubuhnya sedang menurun, maka akan lebih mempermudah tubuh apabila si kecil istirahat saja dirumah. Perbanyak juga untuk minum air putih, agar mengencerkan lendir serta mengembalikan sistem kekebalan tubuh.

Baca: 3 Pilihan Obat Batuk Kering untuk Anak Terbaik

Obat flu dan batuk paling ampuh anak di Apotik

Jika yang sebelumnya dibahas ialah obat batuk pilek anak alami dan tradisional. Maka selanjutnya yang akan coba kami berikan ialah obat batuk pilek anak di apotik. Biasanya cara ini digunakan jika mengobati batuk pilek anak dengan cara yang telah disebutkan diatas belum berhasil.

Berikut ini daftar merk obat batuk pilek anak di Apotik yang bisa digunakan:

  • Merk Hufagrip Flu dan Batuk Sirup

Obat ini dapat meredakan gejala flu yang disertai batuk pada anak seperti hidung tersumbat, demam, bersin bersin hingga sakit kepala. Dijual bebas di apotik dengan harga Rp12.000 kemasan 60ml sirup.

  • Obat batuk Pilek OBH Combi Anak

Daftar obat batuk pilek yang manjur untuk anak selanjutnya yaitu OBH Combi yang kusus untuk anak. Obat medis ini dipercaya ambuh untuk mengobati gejala influenza seperti batuk, demam, hidung tersumbat, bersin besin hingga sakit kepala. Dijual dengan harga Rp 11.900 per 60 ml.

  • Triaminic Batuk Pilek Sirup untuk Anak yang Manjur

Obat ini tersedia dalam 60 ml sirup yang efektif menyembuhkan gejala batuk pilek pada anak serta batuk dan nyeri pada kepala. Berikan 3 kali sehari 1 sendok teh untuk anak diatas dan dibawah 12 tahun. Harga Rp50.000,-

  • Obat Batuk Pilek Termorex Plus Untuk Anak

Merk obat flu anak yang satu ini dapat mengobati gejala flu seperti hidung tersumbat, bersin bersin, demam dan batuk juga yang diderita anak. Mengandung Bromhexine, paracetamol sebagai antiflamasi dan anti radang untuk anak. Berikan 3 kali sehari sendok takar 10 ml untuk anak usia 6 sampai 12 tahun, dan 1 senok takar 5ml untuk anak dibawah 6 tahun. Harga Rp10.500,- per 60ml

  • Merk Obat Natrabio Children Cold And Flu 30 ml

Merk obat yang aman untuk dikonsumsi anak yang usianya lebih dari umur 4 bulan ke atas, mengandung natural homeophatic yang efektif mengobati gejala flu yang disertai batuk pada anak. Bebas dari alcohol, dijual dengan kisaran harga yang cukup mahal yaitu Rp 260.000 per 30 ml.

  • Madu Herbal Syifa Kids Fluba untuk mengatasi gejala batuk dan flu pada anak

Pengobatan alami yang dapat meredakan gejala batuk dan flu pada anak. Tidak seperti obat dan madu pada umumnya, karena takarannya sudah disesuaikan untuk anak serta ada komposisi yang bermanfaat untuk meredakan flu dan batuk pada anak. Dijual dengan harga Rp 42.500,- per 100 ml.

Semoga beberapa cara medis dan alami hingga tradisonal di atas dapat dijadikan obat batuk pilek anak yang manjur. Semoga si kecil lekas sembuh.

Baca: 5 Obat Penambah Nafsu Makan Anak dan Dewasa Alternatif Vitamin Penambah Berat Badan

ARTIKEL TERKAIT