10 Obat Batuk untuk Bayi di Apotik, Herbal dan Secara Alami

3572
10 Obat Batuk untuk Bayi di Apotik Herbal dan Secara Alami
10 Obat Batuk untuk Bayi di Apotik Herbal dan Secara Alami

Bidhuan.id – Obat Batuk untuk bayi sebenarnya, anak bayi belum dianjurkan menggunakan obat-obatan medis seperti obat antibiotik dan sebagainya. Bayi berumur dibawah satu tahun memang wajar jika mengalami batuk. Batuk adalah sebuah reaksi tubuh terhadap gangguan saluran pernafasan. Jadi jika anak terserang batuk sebaiknya gunakan cara alami, jika sudah tidak mempan baru berikan obat batuk bayi di apotik, dengan catatan telah sesuai anjuran doker. Lantas, Apa sajakah obat batuk bayi secara alami dan yang dapat dibeli di apotik tersebut ? Berikut ulasan lengkap tentang obat-obat batuk tradisional untuk bayi, Obat batuk di Apotik dan Cara yang dapat dilakukan untuk membantu meringankan batuk pada bayi.

10 macam Obat Batuk Bayi di Apotik dan Herbal

Bayi yang masih berumur dibawah 2 tahun memang wajar saja terkena batuk maupun pilek. Imunitas tubuhnya akan bekerja secara alami jika terserang virus yang menyebabkan batuk, sehingga membentuk sistem kekebalan tubuh yang dapat mengenali jenis virus yang menyerangnya ini.

Berikut ini beberapa macam obat batuk untuk bayi di apotik dan alami yang dapat diberikan kepada bayi anda.

  • Obat Batuk untuk Bayi di Apotik

Jika anda ingin mengobati bayi yang batuk dengan obat dari Apotik, anda bisa mencoba beberapa pilihan obat batuk bayi berikut ini.

  • Termorex Plus Sirup (Harga Rp. 13.900/ botol isi 60 ml)

Jika anda sedang cari obat batuk bayi yang tidak mengandung alkohol, sebaiknya pilih Termorex Plus obat batuk anak dengan varian rasa jeruk yang nikmat dan pasti disukai anak. Konsumsi obat ini harus sesuai anjuran dokter, karena memiliki efek samping yang berbeda-beda sesuai kondisi anak.

  • Baby Cough Syrup (Harga Rp. 6.800/ botol isi 60 ml)

Salah satu obat batuk untuk bayi baby cough ini termasuk daftar obat batuk medis yang terbaik untuk anak-anak. Obat batuk ini memang diproduksi khusus untuk anak-anak, dengan kisaran umur dibawah 1 tahun hingga 12 tahun. Kandungan obat ini juga dosis rendah sehingga sangat aman dan pas untuk anak-anak.

  • Triaminic (Harga Rp. 48.000/ botol isi 60 ml)

Rasa mint pada obat sirup batuk satu ini memang membantu melegakan tenggorokan yang gatal akibat batuk. Bagi orang tua yang akan memberikan obat ini untuk anak dengan usia dibawah 2 tahun sebaiknya harus disertakan rekomendasi dari dokter.

Baca: Obat Batuk Bayi Tak Boleh dipilih Sembarangan

Obat Batuk Tradisional Untuk Bayi

Selain dapat menggunakan Obat Batu untuk Bayi di Apotik sebagaimana yang tertera diatas. Anda juga bisa mencoba mengobati bayi yang batuk tersebut dengan menggunakan obat batuk bayi tradisional atau herbal berikut ini.

  • Air Perasan Kencur

Berikan air peraan kencur, dengan cara menumbuk atau memarut kencur, kemudian peras airnya sampai 1 sdt dan berikan ke anak yang batuk. Perasan kencur dapat menjadi obat batuk untuk bayi alami dengan gejala batuk gatal dan kering yang diderita anak. Sebaiknya diberikan pada bayi diatas umur 12 bulan. Setelah diberikan air perasan kencur sebaiknya perbanyak minum air putih hangat agar khasiat kencur semakin bagus.

  • Obat batuk tradisional untuk bayi dari Ajwain atau Benih Karambol

Sifat anti bakteri dan anti inflamasi yang ada dalam ajain ini memiliki khasiat menjadi obat untuk batuk pilek bayi secara alami. Gejala flu bayi yang dapat diobati dengan ramuan ajwain seperti hidung tesumbat, sakit tenggorokan dan demam serta membantu mengencerkan dahak.

Caranya dengan merebus setengah sdt ajwain dalam satu gelas air. Kemudian saring dan minumkan ke anak anda. Cara lainnya dengan memanggang 2 siung bawang putih dan 1 sdm ajwain, kemudian masukan kedalam kain kasa bersih untuk digantung di atas ranjang bayi.

  • Berikan Cairan sesering mungkin

Pemberian cairan sesering mungkin dapat menjadi obat batuk untuk bayi paling ampuh, karena dengan asupan cairan yang banyak maka akan membantu proses sekresi melalui keringat dan urin secara berkala untuk mengeluarkan kuman penyebab sakit sang bayi.

Pastikan penyebab batuk bayi bukan karena tertular batuk orang dewasa karena dapat berbahaya. Batuk bayi secara alami biasanya belum memiliki virus dan kuman yang kompleks, sehingga mudah untuk sembuh. Berikan air hangat suam-suam kuku untuk anak secara berkala agar batuk berdahak mudah keluar. Jika perlu, berikan pula cairan oralit khusus untuk bayi kecil yang dijual dipasaran untuk membantu rehidrasi cairan tubuh yang hilang.

Baca: Obat Anak Batuk Pilek, Jangan biarkan Anak Menderita Berlama-lama!

Cara Mengatasi Batuk Bayi tanpa Obat

Selain menggunakan obat tradisional/herbal dan obat batuk bayi di apotik tersebut. Ada juga cara-cara yang dapat dilakukan untuk membantu agar bayi yang batuk cepat sembuh, disamping menggunakan obat yang tertera diatas. Yakni, dengan cara berikut ini

  • Obat batuk untuk bayi secara alami  dari Vitamin C di sayur dan buah-buahan

Vitamin C bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan memproduksi sel darah putih untuk melawan kuman dan virus. Sehingga pemberian vitamin C dapat mengurangi gejala batuk, pilek maupun sakit tenggorokan pada bayi dan anak-anak.

Pemberian vitamin C sebagai obat batuk untuk bayi secara alami sebaknya diperoleh dari sayuran maupun buah seperti dibuatkan jus maupun sop sayuran. Buah dan sayuran yang mengandung vitamin C seperti jeruk, apel, jambu biji, lemon, wortel dan masih banyak lagi.

Pemberian jus pada anak umur 2 tahun atau lebih sebaiknya berikan satu hingga 2 gelas per harinya. Sedangkan, pada bayi dibawah umur 2 tahun dapat diberikan dengan cara mengencerkan dalam air hangat agar mudah dicerna

  • Menjemur di bawah terik matahari Pagi

Matahari Pagi sebelum jam 9 pagi sangat baik bagi bayi untuk menghangatkan tubuhnya. Dengan tubuh yang hangat maka bayi tidak akan mudah terserang penyakit. Karena proses enzimatis dan sistem kekebalan dalam tubuh bekerja secara lancar dan terkendali. Cuaca yang dingin cenderung akan membuat tubuh rentang terserang penyakit karena sistem imun tubuh bekerja kurang maksimal.

  • Air Humidifer

Selain hangatnya cahaya atahari pagi, sebaiknya bantu anak untuk menyegarkan sistem pernafasannya dimalam hari ketika tidur dengan menyiapkan air panas mendidih yang diberi beberapa tetes minyak aromaterapi inhaler yang diletakan di ruangan bayi tidur. Selain menjadi melegakan pernafasan, air humidifer ini juga berfungsi untuk melembabkan dan menghangatkan ruangan bayi dimalam hari.

  • Makanan hangat berkuah

Selama anak masih mengalami batuk dan gangguan pernafasan lainnya, sebaiknya berikan makanan bertema sayuran berkuah hangat untuk meringankan batuk berdahak dan mempermudah dahak keluar. Makanan hangat berkuah sangat manjur menjadi obat batuk untuk bayi alami yang mudah dibuat dirumah.

Setelah melihat rekomendasi obat batuk untuk bayi secara alami dan medis, memang paling baik digunakan cara alami untuk mengobati batuk anak-anak karena tidak memiliki efek samping yang mengkhawatirkan. Namun semua tergantung anda sebagai orang tua yang lebih mengerti akan kebutuhan anak. Salam Sehat !

Baca: 3 Pilihan Obat Batuk Kering untuk Anak Terbaik

ARTIKEL TERKAIT