Insidal Tablet dan Syrup (Obat Alergi) : Cara Kerja, Dosis Penggunaan, Efek samping dan Harga

1608
Insidal Tablet dan Syrup (Obat Alergi) - Cara Kerja Dosis Penggunaan Efek samping dan Harga
Insidal Tablet dan Syrup (Obat Alergi) - Cara Kerja Dosis Penggunaan Efek samping dan Harga

Bidhuan.id – Insidal adalah salah satu merk obat yang memiliki bahan aktif berupa Cetirizine dihidroklorida. Cetirizine merupakan bahan aktif antihistamin yang bermanfaat untuk mengatasi gejala alergi seperti bersin, gatal-gatal, kemerahan pada kulit dan pembengkakan. Nah jika anda penasaran apa itu obat incidal ? atau adakah efek samping obat insidal yang merupakan Obat Tablet Antihistamin? Berapa harga Harga Incidal-Od Tablet dan Harga Incidal-Od Syrup? anda bisa menyimak ulasan lengkap berikut ini.

Penjelasan dan Indikasi Obat Insidal

Insidal mengandung bahan aktif berupa Cetirizine dihidroklorida yang merupakan obat jenis anti histamin.

Bagaimana Cara kerja insidal?

Cara kerja insidal di dalam tubuh berfungsi sebagai zat anti histamin yang akan memerangi zat kimia yang disebut dengan histamin. Histamin merupakan mediator kimiawi yang menyebabkan reaksi negatif pada tubuh manusia seperti gatal pada hidung dan saluran nafas serta kulit. Sehingga efek histamin pada tubuh berupa gatal-gatal dikulit, bersin-bersin dan reaksi alergi lain. Obat Anti histamin dibutuhkan untuk meredakan gejala alergi seperti itu.

Kegunaan Obat Insidal

Berikut beberapa kondisi alergi yang dapat diobati dengan insidal :

  • Rasa gatal gatal dikulit berupa kulit eksim yang meliputi keadaan kulit kering, terkadang perih disertai gatal yang berlebih.
  • Mengatasi gatal-gatal yang diakibatkan oleh mikroorganisme seperti gatal disebabkan oleh bakteri, jamur, dan jenis parasit tubuh lainnya. Namun untuk pengobatan jenis ini harus dikombinasikan dengan obat yang mampu membunuh mikroorganisme tersebut dan harus sesuai resep dokter.
  • Mengatasi hayfever atau alergi terhadap suatu keadaan atau pemicu alergi lainnya. Contohnya alergi dingin, alergi serbuk sari, alergi yang muncul berkala, alergi akibat jenis makanan tertentu, bersin-bersin karena bulu hewan maupun alergi terhadap debu dapatdisembuhkan dengan obat incidal.

Dosis Obat Insidal

Dosis incidal dapat disesuaikan dengan kondisi dan usia pasien. Obat ini tersedia dalam bentuk kapsul dan sirup yang dapat digunakan sesuai petunjuk dokter. Namun secara umum, penggunaan obat insidal adalah sebagai berikut :

  • Dewasa dan anak-anak diatas 12 tahun : 1 kapsul sehari atau 2 sendok takar sehari atau 10 ml (sirup)
  • Anak-anak umur 6 hingga 12 tahun : 2 sendok takar (sirup) sehari
  • Anak-anak umur 2 hingga 6 tahun : 1 sendok takar sehari
  • Anak-anak umur 1 hingga 2 tahun : ½ sendok takar sehari
  • Bayi 6 bulan hingga 1 tahun : ½ sendok takar sehari atau sesuai petunjuk dokter

Cara pemakaian obat Insidal

Berikut ini adalah cara pemakaian obat insidal untuk mengatasi gejala alergi yang muncul:

  • Obat ini harus digunakan secara teratur dan sesuai dengan petunjuk dokter agar mendapatkan manfaat optimal dan menjauhkan kondisi yang tidak diinginkan
  • Obat ini sebaiknya diminum pada waktu atu jam yang sama setiap harinya, sampai sembuh. Kecuali jika telah diinstruksikan khusus oleh dokter
  • Efek antihistamin obat harus menunggu hingga kira-kira satu jam setela diminum, sehingga konsumen harus bersabar.
  • Harus selalu mengikuti anjuran dokter untuk mengonsumsi obat ini, karena dosis yang diminum bisa saja berbeda tergantung kondisi yang anda alami.

Efek samping Incidal

Beberapa efek samping incidal (Cetirizine) adalah sebagai berikut :

  1. Efek samping umum ang akan terjadi jika mengonsumsi obat golongan antihistamin adalah retardasi psikomotorik dan sedasi. Walaupun Obat ini masuk kedalam golongan obat antihistamin non sedatif namun perlu tetap diwaspadai efek samping satu ini.
  2. Efek samping lainnya yang tergolong ringan antara lain dapat menyebabkan kantuk, insomnia, sakit kepala atau pusing, kelelahan, pharingitis, batuk, sakit perut, diare, mual, epistaksis, bronkospasme, mulut kering dan muntah.

Baca: 4 Fungsi Obat Cetirizine Serta Efek Samping Jangka Panjang dan Pendek Penggunaan

Informasi Keamanan Obat Insidal

Saat Konsultasi dengan dokter dan selama masih menggunakan obat Insidal, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain :

  1. Anda harus memberitahukan ke dokter jika anda memiliki hipersensitif terhadap obat antihistamin sejenis Levoincidal OD atau hydroxyzine
  2. Anda harus memberitahukan ke dokter jika anda menderita penyakit asma, tukak usus atau lambung, glaukoma, masalah prostat dan kesulitan buang air kecil.
  3. Anda harus memberitahukan ke dokter jika anda mengalami gangguan fungsi ginjal dan hati.
  4. Anda harus memberitahukan ke dokter jika anda sedang hamil atau sedang berencana untuk hamil. Anda juga harus menghindari menyusui bayi jika mengonsumsi obat ini.Jadi bisa dibilang, Obat Insidal untuk ibu menyusui adalah dilarang.
  5. Anda harus memberitahukan ke dokter jika anda sedang mengonsumsi obat lain seperti obat anti depresan, obat tidur, obat gugup atau obat anti histamin tambahan.
  6. Sebaiknya jangan menggunakan obat lain bersamaan dengan konsumsi obat ini sebelum anda berkonsultasi dengan dokter
  7. Obat ini tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh bayi prematur dan bayi baru lahir dengan usia dibawah 6 bulan.
  8. Obat ini juga tidak direkomendasikan untuk setiap anak, kecuali dengan rekomendasi khusus oleh dokter.

Harga Incidal-Od Tablet dan Syrup di Apotik

Bicara soal harga Incidal Od yang merupakan Obat Tablet Antihistamin, Alergi di Apotik, anda dapat membelinya dengan harga 25-30rb untuk kemasan 1 Strip Isi 10 Tablet.

Sedangkan untuk Incidal-Od Syrup kemasan Syrup 5 mg/5 mL x 60 mL, harganya ialah sekitar 40rb.

Yang perlu diingat, Obat ini adalah obat resep dokter. Jadi anda tidak bisa membelinya secara bebas.

Setelah anda mengetahui apa itu obat insidal dan informasi lengkap yang termuat dalam obat ini, semoga dapat menjadi bahan referensi anda dan informasi yang telah di sampaikan dapat membantu anda jika mengalami gejala efek histamin dan menimbulkan alergi, seperti yang telah dijelaskan dalam artikel ini. Salam sehat !

Baca: Obat Dehista – Obat Alergi Rhinitis Ampuh di Apotik

ARTIKEL TERKAIT