15 Obat Sakit Perut Anak untuk Mengobati Perut Melilit (Obat Apotik dan Herbal)

11405
15 Obat Sakit Perut Anak untuk Mengobati Perut Melilit (Obat Apotik dan Herbal)
15 Obat Sakit Perut Anak untuk Mengobati Perut Melilit (Obat Apotik dan Herbal)

Bidhuan.id – Obat sakit perut anak banyak jenisnya, sebagai orang tua pasti akan memilih obat yang aman dan terpercaya untuk diberikan kepada anaknya. Namun, seringkali para orang tua kurang hati – hati memilih obat sakit perut anak tanpa melihat gejala sakit perut anak yang dialami. Untuk menghindari efek samping dari penggunaan obat yang tidak tepat sebaiknya anda menggunakan obat yang terjamin keamanannya untuk digunakan oleh anak – anak. Apakah anda sudah tau macam – macam obat sakit perut yang aman digunakan oleh anak – anak? Apa saja obat sakit perut anak di apotik yang bisa dicoba? Adakah cara mengobati sakit perut melilit pada anak dengan cara tradisional atau obat herbal? Jika anda belum tau maka simaklah ulasan berikut ini.

15 Macam Obat Sakit Perut Anak Melilit Terampuh

Sakit perut biasanya dialami pada anak yang berumur 11 tahun kebawah. Umumnya orang tua akan mengalami kesulitan ketika anak sakit perut. Apalagi jika anak belum bisa berbicara, kita harus tau gejala penyakit sakit perut anak agar bisa memberikan obat sakit perut anak yang tepat. Sakit perut pada anak akan membuat nafsu makan menurun, untuk itu sebaiknya anda harus segera memberikan obat sakit perut apabila muncul tanda – tanda sakit perut pada anak.

Berikut ini 15 alternatif obat sakit perut untuk anak baik medis maupun alami yang dapat anda gunakan.

  • Antasida Doen

Cara mengobati sakit perut melilit salah satunya menggunakan antasida. Obat Antasida Doen biasanya digunakan untuk mengatasi sakit perut karena maag. Antasida berfungsi untuk menetralisir asam lambung, apabila asam lambung netral maka sakit perut akan reda.

  • Obat Pencahar

Sakit perut pada anak dapat disebabkan karena kesulitan buang air besar. Hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan obat pencahar. Penggunaan obat pencahar sebaiknya diimbangi dengan mengkonsumsi cairan yang cukup.

  • Parasetamol

Obat Parasetamol merupakan obat sakit perut yang dapat dikonsumsi oleh anak-anak dan ibu hamil karena efek sampingnya tidak terlalu keras. Parasetamol ini bisa mengatasi nyeri karena kram perut dan sakit perut.

  • Obat Antidiare Diatab

Apabila anak anda mengalami diare maka anda bisa menggunakan obat antidiare yang bisa dibeli di apotek. Obat antidiare ini sebaiknya dikonsumsi atas anjuran dokter agar proses penyembuhannya lebih efektif. 

Diatab merupakan obat sakit perut melilit pada anak yang biasa digunakan untuk mengatasi diare. Penggunaan diatab ini harus sesuai dengan dosis karena apabila berlebih akan membuat perut bertambah sakit. Selain itu, diatab juga tidak dianjurkan diberikan pada anak usia dibawah 3 tahun.

Selain bisa menggunakan Diatab, anda juga bisa coba menggunakan obat AntiDiare lainnya seperti Entrostop Anak

  • Microlax

Microlax merupakan obat sakit perut yang aman digunakan oleh anak – anak dan ibu hamil. Obat ini digunakan untuk mengatasi sakit perut yang disebabkan karena susah buang air besar. Pastikan anak anda tidak alergi terhadap microlax, apabila muncul tanda merah – merah pada kulit maka penggunaan microlax sebaiknya dihentikan.

  • Mylanta

Mylanta merupakan obat sakit perut yang disebabkan karena maag. Mylanta digunakan untuk mengurangi gejala yang disebabkan karena kelebihan asam lambung. Apabila setelah mengkonsumsi mylantan anak anda mengalami mual, muntah dan diare maka anda jangan khawatir karena itu merupakan efek samping penggunaan Mylanta, tapi akan berhenti jika penggunaan Mylanta dihentikan.

  • Buscopan Plus

Buscopan plus merupakan obat sakit perut untuk mengurangi rasa nyeri akibat kolik yang disebabkan kejang otot polos di saluran cerna, empedu serta saluran kemih. Penggunaan obat buscopan plus harus sesuai dengan dosis yang tertera dan tidak boleh digunakan secara rutin.

Baca: Entrostop atau Diapet sebagai Obat Anti Diare, mana yang lebih BAIK?

Cara mengobati sakit perut tradisional dan Obat Herbal

  • Berikan Teh Adas

Cara mengobati sakit perut melilit bisa dengan menggunakan teh adas. Teh adas mampu mengatasi kembung, maag, mual atau mutah. Pemberian teh adas sebagai sebaiknya jangan berlebihan, karena jika berlebihan dapat menyebabkan iritasi pada usus.

  • Berikan Air Lemon

Air lemon ini sangat dianjurkan untuk mengobati sakit perut pada anak yang berumur lebih dari 5 tahun. Namun anda harus hati – hati dan tau gejala sakit perut yang dialami, karena air lemon tidak dianjurkan untuk anak yang mengalami sakit perut karena maag, iritasi lambung dan asam lambung berlebih.

  • Berikan Air Garam

Air garam mampu mengatasi sakit perut karena diare, gangguan pencernaan dan gas lambung. Air garam juga berfungsi sebagai pengganti cairan elektrolit yang hilang. Garam yang digunakan cukup setengah sendok kecil yang dilarutkan dalam air hangat.

  • Berikan Jus Lidah Buaya

Jus lidah buaya merupakan obat sakit perut untuk anak yang dapat membantu mengatasi sembelit, mencegah diare, dan mengatasi mual. Jus lidah buaya sebaiknya tidak diberikan secara berlebihan bagi anak yang mengalami diare, selain itu pembuatan jus lidah buaya sebaiknya jangan ditambah gula.

  • Berikan Makanan Tawar

Makanan tawar dapat mengurangi rasa sakit perut pada anak di malam hari yang disebabkan karena maag, gas berlebihan dalam perut dan iritasi lambung. Beberapa makanan tawar yang biasa digunakan adalah roti gandum tawar, sereal dan nasi merah.

  • Berikan Teh Chamomile

Teh chamomile merupakan obat yang ampuh karena mampu mengatasi mual dan muntah serta meringankan kram perut. Teh chamomile ini baik dikonsumsi saat masih hangat dan jika perlu tambahkan madu segar agar anak – anak lebih menyukainya.

  • Beri Minuman Air Jahe

Minuman air jahe mengandung gingerol aktif yang dapat menjadi obat sakit perut pada anak disertai demam, sembelit, dan salah makan. Minuman jahe dibuat dengan merebus air lalu ditambah dengan jahe segar. Cara ini baik digunakan untuk anak usia 4 tahun keatas.

Sakit perut pada anak merupakan hal yang umum terjadi. Beberapa obat sakit perut anak diatas dapat menjadi alternative untuk mengobati. Apabila anak anda jarang mengalami sakit perut dan tiba – tiba mengeluh sakit perut maka anda harus melihat gejala sakit perut pada  anak untuk memberikan obat yang tepat. Namun, tetap saja apabila anak anda tidak kunjung sembuh setelah diberi penanganan awal dengan obat sakit perut tersebut segera lakukan pemeriksaan dokter.

Baca: Obat Omeprazole 20 Mg – Obat Antisekresi untuk Mengatasi Penyakit Maag

ARTIKEL TERKAIT