20 Macam Obat Tidur Alami Sebagai Obat Penenang Tanpa Efek Samping

5157
20 Macam Obat Tidur Alami Sebagai Obat Penenang Tanpa Efek Samping
20 Macam Obat Tidur Alami Sebagai Obat Penenang Tanpa Efek Samping

Bidhuan.id – Obat Tidur alami memang sangat dibutuhkan bagi seseorang yang mengalami susah tidur di malam hari. Mengingat kesibukan dipagi hari yang mengharuskan kondisi dan performa yang fit untuk aktivitas seharian. Waktu istirahat seseorang harus cukup setiap harinya agar tidak menimbulkan masalah kesehatan di kemudian hari. Apakah anda termasuk salah satu orang yang mengalami gejala susah tidur atau insomnia ? Apakah anda sedang mencari obat alami untuk tidur lelap tanpa efek samping ? Jika iya, lantas apa sajakah obat tidur ampuh dan obat tidur alami buatan sendiri yang bisa coba digunakan? mari simak ulasan dibawah ini.

20 Jenis Obat Tidur Alami Ampuh Tidur Lelap

Sulit tidur pulas dimalam hari memang akan menyebabkan beberapa masalah kesehatan pada kemudian hari. Sebelum anda mencoba mengatasi masalah insomnia yang mengganggu anda. Ada baiknya jika anda mengenali penyebab susah tidur yang anda alami.

Kemudian anda bisa mencari tahu dan mengonsumsi Obat Penenang Generik yang bisa dibeli di Apotik. Namun, sebelum mengkonsumsinya pastikan terlebih dahulu untuk berkonsultasi pada Dokter atau Apoteker terkait dosis dan penggunaan obat penenang tersebut. Selain itu, anda juga dapat mencoba Obat Penenang Alami sebagai Pengganti Obat penenang di apotik agar dapat tidur nyenyak tanpa efek samping seperti yang akan diulas dalam artikel ini.

  • Magnesium dan Kalsium sebagai obat tidur alami ampuh

Bahan Makanan yang mengandung Magnesium dan Kalsium sebagai obat tidur alami ampuh tanpa efek samping. Bahan Makanan yang mengandung Magnesium dan Kalsium adalah tahu, bayam, brokoli dan kacang kedelai.

  • Obat tidur secara alami dari Bunga Lavender

Aromaterapi seperti bunga lavender sangat manjur untuk menjadi obat tidur secara alami. Bunga lavender juga berguna menangkal racun dan zat lain yang masuk kedalam ruang tidur.

  • Obat tidur alami yang ampuh dari Daun Selada

Daun selada adalah obat tidur alami yang ampuh selanjutnya. Kandungan zat didalamnya memiliki fungsi menenangkan syaraf serta menghilangkan kegelisahan dan kecemasan yang menimbulkan susah tidur.

  • Hormon Melatonin

Hormon melatonin yang rendah dapat menyebabkan anda mengalami gangguan tidur di malam hari. Sehingga mengonsumsi bahan makanan seperti buah pisang, ceri, jeruk, nanas, tomat dan jagung manis dapat memicu kadar hormon melatonin dalam tubuh lebih tinggi. Sehingga anda akan lebih mudah tidur lelap di malam hari.

  • Yoga dan Meditasi

Beberapa gerakan yoga yang diikuti meditasi dapat menjadi obat tidur alami yang ampuh. Merilekskan seluruh anggota badan dapat menghilangkan kecemasan dan ketegangan.

  • Asam Amino L-theanine

Teh hijau mengandung asam amino L-theanine yang berguna menjaga konsentrasi pada siang hari dan menjadi obat alami tidur nyenyak di malam hari. Mengonsumsi teh hijau secara rutin dapat mengatasi insomnia anda.

  • Minum susu sebelum tidur

Susu memang baik diminum pada malam hari, karena dapat digunakan sebagai obat tidur alami untuk mencegah insomnia yang terjadi di malam hari. Minum susu hangat secara rutin setiap malam dapat mempebaiki pola tidur anda.

  • Akar Valerian

Akar Valerian berfungsi untuk mengatasi insomnia karena tanaman ini  dapat membuat tidur lebih nyenyak dan lebih cepat lelap serta menjaga kualitas tidur anda.

  • Seduhan daun lemon dan madu

Rebus beberapa helai daun lemon dan 2 sdt madu sampai mendidih. Saring ramuan tersebut dan minum sebelum tidur.

  • Karbohidrat

Konsumsi karbohidrat memang dapat menyebabkan kantuk, sehingga cepat membuat anda terlelap tidur di malam hari.

  • Obat tidur alami yang ampuh dengan Akupuntur

Salah satu jenis pengobatan alternatif ini juga mampu menjadi obat tidur alami yang ampuh untuk mengatasi insomnia. Akupuntur yang dimenggunakan jarum pada titik syaraf tertentu dapat menghilangkan stress dan memperbaiki keseimbangan energi pada tubuh anda.

  • Seduhan daun kopi muda sebagai Obat Penenang Herbal

Cobalah mengonsumsi seduhan daun kopi muda dengan merebus segenggam daunnya dalam segelas air, hingga mendidih. Setelah mendidih, saring dan minum airnya sehari dua kali untuk menghilangkan insomnia anda.

  • Seduhan Daun Putri Malu sebagai Obat penenang herbal tidur nyenyak

Kandungan melanthonine yang ada dalam daun putri malu ternyata bermanfaat untuk mengatasi insomnia, karena memberikan efek rileks dan tenang untuk menjaga tidur berkualitas anda setiap malamnya.

  • Obat Penenang Alami dari Akar Melati

Akar melati di cuci bersih kemudian ditumbuk, seduh hasil tumbukan akar melati dengan air hangat, minum airnya untuk mempercepat tidur anda dimalam hari.

  • Teh Chamomile

Teh Chamomie memiliki efek menenangkan dan menyehatkan tubuh sehingga dapat dijadikan obat tidur alami bagi pengidap insomnia. Mengonsumsi teh Chamomile dapat ditambah perasan jeruk lemon, madu atau susu sesuai selera anda.

  • Daun Pegagan sebagai Obat penenang Alami

Rebus dengan 2 gelas air campuran dari 2 lembar daun pegagan, 3 helai kangkung, setengah sdt ketumbar dan satu sendok jintan putih sampai tersisa satu gelas, kemudian saring airnya dan minum sebelum  tidur.

  • Jamur Kayu bisa jadi Obat Tidur Alami

5 gram jamur kayu yang direbus hingga mendidih, kemudian tunggu air rebusannya sampai dingin untuk diminum setiap hari dapat menjadi alternatif obat tidur alami anda yang mengalami insomnia.

  • Biji Teratai

Rebuslah 10 gram biji teratai dengan segelas air sampai mendidih, kemudian minum airnya selagi hangat memiliki khasiat untuk tidur anda lebih berkualitas.

  • Obat tidur alami yang manjur dari Seduhan Buah Pala

Seduhlah buah pala yang sudah ditumbuk sampai halus untuk membuat ramuan yang menjadikan tidur lebih lelap.

  • Bawang Putih

Potong bawang putih, kemudian telan seperti menelan pil untuk dijadikan obat tidur alami yang manjur.

Semoga keduapuluh obat tidur alami tanpa efek samping ini ampuh mengusir insomnia yang selalu mengganggu anda setiap malam. Selain tanpa efek samping obat alami ini juga mudah dibuat dan didapatkan bahkan tanpa mengeluarkan dana untuk mengonsumsi atau melakukannya. Semoga bermanfaat dan manjur untuk anda.

Baca: Susah Tidur? Baca Cara Tertidur Pulas Super Cepat cuma 60 Detik

ARTIKEL TERKAIT