15 Obat Migrain Paling Ampuh Jenis Generik dan Herbal yang Mudah Didapat

3340
15 Obat Migrain Paling Ampuh Jenis Generik dan Herbal yang Mudah Didapat
15 Obat Migrain Paling Ampuh Jenis Generik dan Herbal yang Mudah Didapat

Bidhuan.id – Obat Migrain yang ampuh untuk mengatasi sakit kepala sebelah atau migrain memang banyak jenisnya. Ada obat medis paten dan generik, bahkan migrain dapat diatasi dengan obat-obatan herbal. Apakah anda ingin tahu bagaimana cara yang efektif dalam mengatasi migrain ? apa saja obat migrain yang manjur dari jenis obat medis dan herbal ? jika penasaran dengan jawabannya, simak ulasan lengkap dibawah ini.

15 Obat Migrain Paling Ampuh

Nyeri atau sakit kepala yang hanya terjadi pada salah satu bagian kepala saja dinamankan dengan migrain. Obat migrain yang dijual diapotik fungsinya hanya untuk menghilangkan sakit kepala sementara saja. Jika dirasakan sering terkena migrain tanpa penyebab yang pasti, sebaiknya anda periksakan bagian otak anda. Ditakutkan terjadi tumor di otak yang merupakan salah satu faktor penyebab migrain paling berbahaya jika tidak segera ditangani.

Berikut 15 alternatif obat migrain yang manjur untuk meredakan sakit kepala sebelah, baik yang berasal dari obat-obatan alami maupun obat-obatan medis yang banyak ditemukan di apotik.

  • Obat Generik Aspirin

Aspirin adalah obat migrain paling mudah ditemukan di warung dan potik terdekat. Obat migrain generik ini juga ampuh meredakan sakit kepala sebelah. Selain itu juga memiliki harga yang lumayan terjangkau dan dijual bebas tanpa resep doter. Walaupun dijual bebas, namun penggunaan aspirin harus sesuai dosis dan ketentuan yang dianjurkan. Lebih baik lagi jika Aspirin digunakan dengan resep dokter agar lebih aman, karena pada beberapa kasus dapat memicu pendarahan.

  • Obat Paten Ericaf Tablet

Ericaf Tablet berbeda dengan aspirin yang dapat dibeli bebas di apotik maupun toko obat. Ericaf Tablet harus melalui resep dokter untuk penggunaannya, karena harus dibawah anjuran dan petunjuk dokter dalam mengonsumsi obat ini. Ericaf tablet dapat meredakan sakit kepala sebelah, baik sebelah kanan maupun kiri, namun tidak dianjurkan dikonsumsi untuk mencegah migrain.

  • Ibuprofen (obat migrain yang ampuh)

Ibuprofen dapat menjadi obat migrain yang ampuh mengatasi sakit kepala sebelah. Obat yang merupakan salah satu jenis obat anti inflamasi ini dapat membantu meredakan nyeri atau sakit kepala sebelah. Kandungan anti inflamasi pada obat ini dapat meredakan peradangan yang mungkin menjadi penyebab migrain.

  • Obat migrain herbal dengan Air Rebusan Jahe

Salah satu jenis obat migrain herbal yang dapat anda racik sendiri dirumah. Jahe memiliki kandungan alami yang dapat meredakan nyeri, salah satunya sakit kepala sebelah atau migrain. Caranya adalah dengan meminum air rebusan jahe 3 kali sehari dengan jahe yang telah dibersihkan serta dimemarkan sebelumnya.

  • Jus Lemon

Cara mengonsumsi jus lemon sebagai obat migrain herbal adalah dengan melarutkan air perasan lemon kedalam air putih hangat, dan aduk, kemudian diminum segera. Jus lemon akan memberikan manfaat untuk merilekskan syaraf dan dipercaya mengurangi rasa nyeri di kepala.

  • Teh Papermint

Teh papermint atau infused water daun mint dapat meredakan sakit kepala sebelah yang mengganggu aktivitas anda.

  • Obat migrain alami dengan Perbanyak Air Putih

Kenali tubuh anda untuk mengetahui apa sebenarnya penyebab utama terjadinya sakit kepala sebelah atau mgrain, sehingga anda bisa mengobatinya dengan metode yang tepat. Salah satu penyebab migrain adalah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh, sehingga perbanyaklah minum air putih untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

  • Konsumsi Gandum

Gandum merupakan obat migrain alami yang dapat diolah menjadi berbagai macam jenis olahan panganan seperti bubur, roti atau puding. Kandungan anti oksidan yang tinggi dan mengandung zat mineral yang tinggi dapat meredakan sakit kepala sebelah.

  • Sayuran Hijau

Kandungan zat besi dan magnesium dalam sayuran hijau sangat bermanfaat untuk menyembuhkan sakit kepala sebelah yang sangat mengganggu. Kandungan zat besi tertinggi ada pada sayuran bayam dan brokoli hijau. Sayuran hijau sangat efektif untuk menjadi obat migrain alami dengan pengolahan direbus atau dikukus.

  • Ikan Salmon

Ikan salmon dipercaya dapat menangkal sakit migrain karena memiliki kandungan alami berupa asam lemak Omega 3 yang merupakan asam lemak sehat.

  • Minyak Zaitun

Menghindari makanan yang digoreng, apalagi dengan minyak bekas berulang kali akan mengurangi sakit kepala sebelah. Jika anda ingin makan makanan yang digoreng sebaiknya gunakan minyak zaitun agar lebih sehat dan terbebas dari rasa sakit migrain.

  • Paracetamol sebagai obat migrain generik

Satu jenis obat migrain generik yang dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala sebelah adalah paracetamol. Selain berfungsi untuk meredakan demam dan menurunkan suhu tubuh yang tinggi, obat ini mampu mengatasi sakit migrain.

  • Istirahat Cukup

Migrain dapat disebakan karena istirahat yang kurang dan pola hidup tidak sehat. Jadi untuk mengatasi migrain anda harus memiliki jam istiahat yang cukup untuk tidur berkualitas di malam hari agar keesokan harinya migrain tak akan kambuh lagi.

  • Rutin Berolahraga

Berolahraga berfungsi untuk melancarkan peredaran sirkulasi darah termasuk sirkulasi darah ke otak. Sehingga tidak akan ditemukan penyakit seperti migrain lagi.

  • Lakukan Hidroterapi

Hidroterapi juga berfungsi untuk melancarkan sirkulasi darah ke otak. Caranya adalah dengan mencelupkan kaki kedalam air dingin, kemudian tempelkan handuk dileher. Cara ini sangat ampuh untuk mengatasi migrain.

Beberapa obat migrain dan tips kesehatan diatas sangat ampuh dalam mengatasi migrain. Cobalah maka anda akan mendapatkan khasiatnya.

Baca: 4 Obat Migrain Paten, Generik hingga Herbal untuk Mengatasi Sakit Kepala Sebelah

ARTIKEL TERKAIT