11 Gejala Ambeien atau Wasir dan Cara Mencegahnya

0
211
11 Gejala Ambeien atau Wasir dan Cara Mencegahnya
11 Gejala Ambeien atau Wasir dan Cara Mencegahnya

Bidhuan.id – Gejala Ambeien yang paling mudah dikenali biasanya adalah seseorang mengalami buang air besar berdarah, selain itu merasa tak nyaman pada daerah bagian akhir pembuangan yakni ditandai dengan rasa gatal dan nyeri pada daerah tersebut. Memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui telah terjadi wasir atau belum memang mudah, Tapi tak ada salahnya bukan mengetahui informasi gejala penyakit ambeien atau wasir. Nah Kira-kira apa saja gejala ambeien itu ya ? Bagaimana cara mencegah Ambeien? Simak ulasannya dibawah ini.

Gejala Penyakit Ambeien / Wasir serta Cara Mencegahnya

Sebelum mengenali beberapa gejala yang ditimbulkan karena Ambeien, jauh lebih baik mengetahui pengertian ambeien itu terlebih dahulu.

Ambeien atau lebih dikenal dengan Hemorrhoid ini terjadi karena pelebaran pembuluh darah vena yang ada pada bagian akhir pembuangan atau rektum. Hal tersebut terjadi karena dinding pembuluh darah lemah, disamping itu terjadi tekanan pada daerah tersebut yang cenderung meningkat.  

Ambeien atau wasir pada awalnya memang tidak menimbulkan bahaya dan pendarahan akan berhenti dengan sendirinya. Pendarahan tersebut terjadi karena pembuluh darah yang telah melebar memiliki bentuk yang tidak beraturan dan rapuh, sehingga akan terjadi pendarahan ketika buang air besar. Jika masih dalam tahap awal maka masih mudah untuk pencegahan dan mengatasi gejala ambeien.

Ambeien terbagi menjadi dua jenis, yakni Ambeien dalam dan ambeien luar yang terbagi atas letak pembuluh vena yang terjadi pelebaran. Ambeien dalam biasanya tidak terlalu terasa sakit, karena letaknya yan lebih tinggi dari rektum maka tak terlihat dari luar dan hanya terdapat syaraf dalam jumlah yang sedikit. Berbeda dengan Ambeien luar, penderitanya lebih merasa sakit karena pelebaran vena terjadi dibawah kulit sekitar anus yang terdapat banyak syaraf.

11 Tanda Gejala Awal Ambeien

Berikut ini Beberapa Gejala Ambeien atau wasir yang harus dikenali:

  • Tanda Gejala awal ambeien biasanya akan Terasa sakit, gatal dan panas di area rectum

Biasanya hal ini akan terjadi setelah selesai BAB. Tanda Gejala awal ambeien pasti akan diawali dengan hal ini, sebaiknya anda harus menghindari hal-hal yang menyebabkan rasa ini muncul.

  • BAB yang belum tuntas

Selain sakit, gatal dan terasa panas pada bagian rektum, setelah anda melakukan BAB disertai rasa BAB yang belum tuntas. Bisa dikatakan jika anda mengalami wasir internal.

  • Adanya Bercak darah segar pada tinja

Jika terjadi hal demikian disertai dengan gejala gejala ambeien lainnya, maka bisa dipastikan bahwa anda sedang mengalami wasir. Sebaiknya anda harus memperbaiki pola makan dan hindari makanan pedas serta bergantilah dengan makan makanan yang berserat.

  • Tidak ada Rasa Sakit

Saat Darah segar yang keluar bersama dengan feses biasanya tidak akan dirasakan nyeri atau sakit pada daerah dubur. Sehingga hal inilah yang terkadang tidak disadari bahwa sebenarnya seseorang telah menalami gejala ambeien atau wasir.

  • Benjolan Kenyal di daerah rektum

Jika anda meraba pada bagian rektum usai BAB dan mendapati benjolan kenyal disana, maka bisa dipastikan bahwa itu adalah vena yang melebar dan menyebabkan BAB berdarah anda.

  • Selesai BAB akan keluar cairan lendir dari rektum

Selain benjolan kenyal tadi, pastikan adakah cairan lendir yang keluar dari rektum, jika iya maka itu adalah tanda gejala awal ambeien. Keluarnya cairan atau lendir ini berfungsi sebagai penyembuhan alami dari tubuh kita untuk melancarkan keluarnya tinja agar tidak mengganggu vena yang melebar tadi.

  • Terdapat tonjolan yang muncul setelah BAB atau disebut dengan Prolaps

Hal ini terjadi karena terjadi gesekan dan iritasi pada jaringan prolaps sehingga jaringan tersebut bisa keluar dengan sendirinya. Prolaps akan masuk dengan sendirinya lagi atau harus dengan bantuan tangan ini tergantung dari derajat wasir yang dialami pasien.

  • Pembengkakan pada daerah pembuangan akhir

Benjolan belum terlihat, namun telah terjadi pembengkakan awal pada fase ini.

  • Sakit Ketika Duduk

Merasa tidak nyaman dan ada sesuatu yang mengganjal ketika duduk walapun benjolan yang muncul masih sangat kecil

  • Sakit saat mengejan

Jika anda merasakan sakit saat mengejan, maka bisa dipastikan bahwa anda sedang mengalami gejala wasir. Mengejan adalah hal yang wajar namun jika dilakukan terlalu keras juga akan berdampak buruk bagi darah vena.

  • Sering Merasa Ingin BAB

Hal selanjutnya yang menandakan bahwa anda sedang mengalami gejala wasir atau ambeien adalah perasaan ingin buang air besar yang kerap kali hadir, namun sebenarnya tidak ada yang dikeluarkan. Jika mengalami hal ini maka sebaiknya anda cepat-cepat memeriksakan diri ke dokter.

Baca: Obat Sembelit Dulcolax – Manfaat, Cara menggunakan, Dosis, Efek Samping dan Harga

Cara pencegahan ambeien

Ketika membahas ambeien yang dapat dengan mudah anda lakukan adalah dengan mengubah pola hidup anda. Hal ini  wajib dilakukan jika menginginkan wasir anda tidak muncul dan bahkan sembuh sampai tuntas. Pola hidup yang harus diubah diantaranya : harus menjaga pola aktivitas tubuh tidak diperbolehkan terlalu lama duduk maupun berdiri, rutin olahraga, perbanyak minum air mineral, makan makanan berserat dan hindari makanan pedas, serta jangan suka menahan BAB.

Setelah membaca ulasan tentang Gejala Ambeien Dan Cara Mencegahnya, maka sebaiknya anda harus mengikuti saran pencegahan dan menjalankan pola hidup sehat agar terhindar dari masalah kesehatan seperti ambeien atau wasir ini.



Baca: Entrostop atau Diapet sebagai Obat Anti Diare, mana yang lebih BAIK?