Obat Rhinos SR: Efek Obat, Cara Penggunaan, Harga, Dosis Dewasa dan Anak

0
644
Obat Rhinos SR - Efek Obat Cara Penggunaan Harga Dosis Dewasa dan Anak
Obat Rhinos SR - Efek Obat Cara Penggunaan Harga Dosis Dewasa dan Anak

Bidhuan.id – Obat Rhinos memiliki bentuk kapsul. Rhinos atau lebih dikenal dengan Obat Rhinos SR pada umumnya digunakan untuk mengatasi gejala Flu seperti bersin-bersin, hidung gatal, hidung tersumbat, rinorea dan alergi rhinitis lainnya. Obat Rhinos ampuh untuk menyembuhakan alergi rhinitis yang membutuhkan penyembuhan dengan efek dekongestan dan antihistamin, karena obat ini memiliki dua zat aktif yakni pseudoephedrine dan loratadine. Apakah anda ingin mengetahui efek obat rhinos, kontraindikasi dan informasi lain tentang obat ini lebih jauh lagi? Jika Ya, anda bisa menyimak artikel dibawah ini.

Kandungan Obat Rhinos SR dan Cara Kerja

Obat Rhinos sendiri memiliki dua bahan aktif yaitu pseudoephedrine dan loratadine. pseudoephedrine sendiri memiliki fungsi sebagai dekongestan atau pelega hidung yang tersumbat akibat flu maupun alergi rhinitis. Cara kerja zat aktif satu ini yaitu dengan menyusutkan pembuluh darah di area rongga hidung sehingga hidung yang tersumbat dapat teratasi.

Sedangkan Loratadin memiliki fungsi sebagai antihistamin yang mengatasi berbagai gejala akibat histamin yang meningkat. Kadar histamin yang naik dapat dikenali dengan adanya bersin-bersin, mata merah, gatal-gatal pada bagian hidung hingga mata, serta hidung meler. Zat aktif ini dapat mengurangi efek histamin pada tubuh dengan mengurangi kadarnya.

  • Komposisi Obat, tiap kapsulnya mengandung :
  • Loratadine sebanyak 5 mg
  • Pseudoephedrine HCl (lepas cepat) 60 mg
  • Pseudoephedrine HCl (lepas lambat) 60 mg
  • Cara Penggunaan Obat Rhinos SR

Penggunaan obat ini tidak boleh sembarangan sehingga harus melalui resep dokter. Semua rekomendasi dokter harus dipatuhi agar tidak terjadi efek samping yang tidak diinginkan. Bukan semua jenis flu perlu diobati dengan obat ini melainkan hanya kasus yang membutuhkan antihistamin dan dekongestan saja.

Obat Rhinos SR memiliki dosis yang tinggi, sehingga hanya cocok untuk remaja diatas 12 tahun dan orang dewasa. Jika anak-anak dibawah 12 tahun sebaiknya mengonsumsi Obat Rhinos Neo yang dikhususkan untuk anak-anak karena dosisnya tidak terlalu tinggi.

  • Obat Rhinos Dosis yang dianjurkan (Dewasa dan Anak)

Obat rhinos dosis dewasa adalah minum 1 kapsul untuk 12 jam, atau sehari 2 kali

Dosis obat untuk anak-anak diatas 12 tahun yakni 1 kapsul setiap 12 jam atau sama saja sehari 2 kali.

Anjuran penggunaan obat ini, jika kadaluwarsa sudah habis, maka tidak boleh digunakan lagi. Selain itu, anjuran penyimpanan obat ini sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk (dilemari es) atau dalan suhu ruangan dan tertutup. Selalu hindarkan dari jangkauan anak-anak agar tidak termakan.

  • Efek Samping Obat Rhinos

Obat yang digunakan untuk pengobatan secara umum pasti memiliki efek sampingnya masing-masing. Namun tak perlu khawatir, karena efek samping yang di timbulkan setelah meminum obat tergolong kedalam kategori efek samping ringan dan tidak semua efek samping obat terjadi pada setiap orang.

Berikut beberapa efek samping obat yang mungkin terjadi setelah penggunaan obat Rhinos ini, antara lain :

  • Mengalami gangguan saluran cerna
  • Mual, Muntah, sakit perut dan mulut kering
  • Anoreksia
  • Kardiovaskuler seperti takikardia, palpitasi dan ekstrasistoles
  • Persyarafan seperti sakit kepala berat, tremor, kecemasan, serangan panik dan perasaan tidak tenang
  • Reaksi alergi seperti gatal-gatal, bengkak pada bagian wajah, lidah, bibir atau tenggorokan, serta dapat mengakibatkan kesulitan bernafas

Efek samping tersebut hanya sementara, dan jika terjadi masalah kesehatan setelah mengonsumsi obat, sebaiknya konsultasikan dengan dokter anda.

Baca: Obat Dehista: Obat Alergi Rhinitis Ampuh di Apotik

Informasi penting tentang Rhinos

Jika anda berkonsultasi kepada dokter tentang sebuah penyakit, sebaiknya anda memberitahukan tentang riwayat alergi terhadap suatu obat yang anda miliki, riwayat penyakit yang telah dan masih terjadi agar tidak terjadi interaksi berbahaya dari penggunaan obat ini.

Misalnya saja, seperti pada pasien yang menderita penyakit-penyakit seperti dibawah ini:

  • Mereka yang mengalami hipersensitivitas terhadap loratadine dan pseudoephedrine
  • Mereka yang menderita penyakit kardiovaskuler seperti hipertensi berat, aritimia, dan insufisiensi. Maupun mereka yang menderita penyakit arteri koroner berat.
  • Mereka yang mengalami kondisi glukoma dengan sudut sempit, retensi urin, hipertiroidisme
  • Mengalami kegagalan pernafasan

Kategori lain yang tidak diperbolehkan mengonsumsi obat ini antara lain:

  • Ibu hamil atau menyusui
  • Lansia yang sudah berumur lebih dari 60 tahun
  • Pasien dengan gangguan hati dan ginjal
  • Anak-anak dengan usia dibawah 12 tahun

Konsumsi Obat Rhinos ini tidak boleh dibarengi dengan beberapa jenis obat seperti : Antasida, Metildopa, Veeratum Alkkolid, Reserpin, β-Blocker, digitalis, kaolin, Mecamilamin dan pemberian bersamaan dengan ketoconazole serta derivat azole lainnya atau yang disebut dengan golongan makrolida.

Peringatan Penting:

  • Penggunaan obat dapat menyebabkan penglihatan kabur, penyebab kantuk dan memperlambat reaksi serta daya pikir anda. Waspada jika anda mengemudi ataupun melakukan aktifitas lain yang mengharuskan untuk tetap terjaga.
  • Penyerapan obat secara sistemik menyebabkan obat dapat menembus plasenta dan disekresikan melalui ASI sehingga sangat tidak dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.
  • Penggunaan obat ini dapat meningkatkan resiko dampak dari toksisitas obat sehingga tidak diperbolehkan untuk Lansia diatas 60 tahun, pasien dengan gangguan fungsi hati dan ginjal.

Harga Obat Rhinos

Untuk Harga Obat Rhinos di Apotik ialah seharga Rp. 66.000,-

Demikianlah informasi tentang Obat Rhinos yang berfungsi untuk meringankan gejala Flu dan alergi rhinitis. Untuk Dosis yang lebih tepat dan pasti silahkan konsultasikan pada Apoteker di tempat anda membeli obat. Semoga bermanfaat.



Baca: Obat Anaton – Obat Generik untuk Flu (Pilek) disertai Batuk