Callusol: Obat Salep untuk Kulit Kapalan, Kutil dan Mata Ikan

0
328
Callusol - Obat Salep untuk Kulit Kapalan Kutil dan Mata Ikan
Callusol - Obat Salep untuk Kulit Kapalan Kutil dan Mata Ikan

Bidhuan.id – Callusol adalah obat salep luar yang memiliki khasiat untuk melunakkan dan melepaskan kulit yang menebal. Pasti anda bertanya-tanya tentang obat ini, Apakah Callusol dapat menghilangkan kutil ? Jawabanya, Ya Dapat. Karena dengan mekanisme kerja sebagai keratolitik menjadikan obat callusol ampuh untuk mengobati kutil yang disebabkan oleh HPV (Human Papilloma Virus). Tak hanya mengobati kutil, obat salep ini juga bisa mengobati mata ikan dan kapalan akibat penebalan kulit. Lalu bagaimana cara mengaplikasikan obat ini dan adakah dosis yang dianjurkan? Apakah aman jika terkena kulit yang sehat dan apa saja efek samping serta indikasi penting yang harus diketahui sebelum menggunakan obat salep Callusol ini? Untuk mengetahui semua itu, silahkan simak informasinya dibawah ini ya.

Cara Callusol obati Kutil, Mata Ikan dan Kapalan

Obat kulit Salep Callusol ini sangat ampuh untuk mengatasi masalah kulit yang mengganggu seperti kutil, kulit kapalan, kulit yang mengeras dan mata ikan. Obat ini merupakan obat luar yang berbentuk cair, kandungan didalamnya antara lain asam salisilat, asal laktat dan bahan aktif dari polidocanol. Cara kerja obat ini memiliki mekanisme sebagai keratolitik yakni dapat melunakkan dan melepaskan jaringan kulit yang menebal secara bertahap.

Berikut beberapa penyakit kulit yang dapat diobati menggunakan obat ini:

  • Obat Kutil

Kutil merupakan salah satu penyakit kulit yang secara umum ditandai dengan mengerasnya lapisan kulit pada bagian epidermis atau lapisan kulit bagian atas yang tumbuh mengeras dan cepat sekali, sehingga menimbulkan benjolan kulit diarea tertentu seperti telapak tangan, punggung tangan, bahkan pada bagian yang lainnya. Namun gejala penyakit ini pada tiap orang berbeda, tergantung daerah mana dan ketebalan kulit masing-masing orang.

Penyebab kutil adalah virus yang dinamakan HPV (Human Papilloma Virus), sama seperti penyebab kanker serviks, namun kutil bukan kanker. Kutil disebut juga Verruca dalam bahasa medis. Tak perlu khawatir dengan bahaya kutil karena Callusol bisa menghilangkan kutil.

Baca: Fakta Seputar Kutil dan Cara Menghilangkan Kutil dengan Cepat

  • Obat Mata Ikan

Penyakit Mata ikan terjadi bukan seperti kutil yang disebabkan oleh virus melainkan akibat terkena tekanan atau gesekan dari benda keras. Atau mata ikan biasanya terjadi karena kulit sering berada ditempat lembab dan tertekan atau tergesek benda keras sehingga tejadi benjolan keras. Mata ikan sering disebut sebagai Keratinous plug.

Penebalan kulit pada mata ikan sebenarnya adalah reaksi untuk melindungi kulit. Gejala dari mata ikan sendiri adanya penonjolan kedalam dan ada bintik kecil berwarna bening persis seperti mata ikan dan sakit jika disentuh. Mata ikan juga bisa mengeluarkan ulkus atau borok. Untuk kasus yang parah, anda bisa mengunakan Callusol untuk mengobati mata ikan.

  • Obat Penyakit Kapalan

Kapalan atau dalam bahasa medis disebut callus. Hal ini terjadi akibat tekanan atau gesekan yang berlebihan pada daerah kaki, tumit, tangan atau jari sehingga mengalami penebalan. Kapalan dapat mengganggu penampilan, menyebabkan rasa yang tidak nyaman atau bahkan rasa nyeri saat beraktivitas.

Informasi Seputar Obat Callusol

Berikut ini adalah informasi terkait Obat Salep Callusol yang dapat kita ketahui.

Komposisi Salep Callusol

Tiap satu gram lautan obat ini mengandung :

  • Asam Laktat 0,005 gr
  • Polidocanol 0,02 gr
  • Asam salisilat 0,2 gr

Kontra Indikasi dan Efek samping Obat Callusol

Jangan digunakan pada mereka yang mengalami Hipersensitivitas kulit terhadap salah satu zat aktif yang telah disebutkan dalam komposisi obat. Obat ini Jangan digunakan di kutil berbulu, tahi lalat, kutil pada area kelamin atau bagian wajah. Dan dilarang digunakan oleh wanita hamil. Selain itu, juga tidak boleh digunakan anak bayi dan penderita ginjal.

Efek samping Obat ini bisa menimbulkan iritasi atau alergi jika terjadi kontak pada kulit sehat, sehingga dianjurkan untuk mengolesi kulit sehat disekeliling daerah yang sakit dengan salep zink oksida.  

Cara Penggunaan Obat Salep Callusol

Obat ini hanyalah obat luar yakni bagian yang boleh diobati hanyalah kulit bagian luar saja. Sehingga tidak boleh sampai mengnai mata dan selaput lendir, apabila terjadi segera bilas dengan air bersih pada daerah tersebut. Jika terjadi iritasi sebaiknya hentikan pemakaian obat ini dan konsultasikan dengan dokter kulit.

Penggunaan obat ini diteteskan satu tetes pada bagian kulit yang sakit dua kali sehari yakni di pagi dan malam hari. Setelah itu diratakan dan didiamkan selama beberapa saat. Pemakaian teratur sampai kutil dan mata ikan mengelupas dengan sendirinya. Tahapan penggunaan Callusol adalah:

  • Sobek kapas secukupnya, sesuai dengan ukuran kutil atau mata ikan yang ingin disembuhkan
  • Tuangkan obat ini pada kapas secukupnya
  • Tempelkan kapas diatas permukaan kulit yang sakit
  • Untuk mengurangi iritasi, oleskan salep zink oksida pada sekitar bagian yang sakit (opsional)
  • Kemudian plester bagian yangtertutupi kapas agar obat terserp dengan baik
  • Selanjutnya, ulangi pemberian obat ini untuk kulit yang sakit dua kali sehari dengan menggantikan kapas setiap hari selepas mandi pagi dan sore.

Harga Jual Callusol di apotik

Obat Salep Callusol di jual dengan harga sekitar Rp. 23.500



Hentikan penggunaan Obat Callusol jika terjadi peradangan, iritasi maupun alergi kulit. Seperti yang sudah di informasikan pada cara penggunaan obat bahwa, sebaiknya dioleskan salep yang mengandung zink oksida terlebih dahulu disekitar bagian yang sakit, untuk mengurangi iritasi. Semoga artikel ini bermanfaat.