15 Obat Penurun Panas Dewasa dan Anak di Apotik serta Tradisional

0
1800
15 Obat Penurun Panas Dewasa dan Anak di Apotik serta Tradisional
15 Obat Penurun Panas Dewasa dan Anak di Apotik serta Tradisional

Bidhuan.id – Obat penurun panas menjadi barang wajib yang ada di beberapa rumah. Namun, apakah Anda tahu penggunaan obat penurun panas orang dewasa dan anak haruslah tepat sasaran untuk memaksimalkan kinerja obat tersebut. Demam atau panas pada badan merupakan gejala dari suatu penyakit, oleh karena itu pemilihan obat penurun panas pun harus tepat. Penggunaan obat demam tradisional seperti dari bahan-bahan alami sangat dianjurkan, mengingat penggunaan obat pabrik secara berlebihan memiliki dampak yang kurang baik. Lantas apa sajakah obat penurun panas di apotik untuk dewasa dan anak yang sebaiknya digunakan? Berapa juga harga obat penurun panas tersebut? Selain itu pilihan obat tradisional penurun panas apa yang baik digunakan? Temukan semua jawabannya dibawah ini.

Obat Penurun Panas Dewasa Di Apotik

Bagi Anda yang sudah cukup dewasa terkadang memilih obat penurun panas pun masih mengalami kebingungan. Salah satu masalahnya adalah mengenai obat yang paling efektif untuk mengobati demam Anda.

Berikut beberapa referensi nama obat penurun panas yang dapat disimpan di rumah untuk berjaga-jaga saat tiba-tiba demam datang di saat yang tidak diduga.

  1. Acetaminophen atau Paracetamol

Obat penurun panas yang dapat Anda dapatkan sekitar Rp2.500 per 10 tablet ini dikhususkan untuk penggunaan pada orang dewasa. Nama obat penurun panas dewasa ini sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat luas dan khasiatnya dapat diandalkan. Namun, apabila terjadi alergi segera hentikan pemakaian obat ini dan konsultasikan pada dokter.

  1. Ibuprofen

Obat Ibuprofen selain dapat meredakan demam juga dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala, nyeri otot, sakit gigi, serta rasa sakit saat datang bulan untuk wanita. Dengan harga sekitar Rp25.000 Anda akan mendapatkan 400 mg obat penurun panas ini. Cara kerja obat ini yaitu dengan menekan produksi substansial alami tubuh yang menyebabkan peradangan sehingga dengan mengkonsumsi ibuprofen akan menurunkan panas pada tubuh Anda.

  1. Aspirin

Obat penurun panas aspirin seharga Rp10.500 per 10 tablet ini dapat digunakan juga untuk meredakan sakit gigi dan sakit kepala. Namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan obat ini tidak dianjurkan untuk ibu hamil yang akan mendekati masa melahirkan serta anak dibawah usia 16 tahun.

  1. Naproxen

Obat penurun panas ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi pada anak usia di bawah 5 tahun. Sama seperti obat penurun panas sebelumnya, obat ini dapat digunakan untuk meredakan nyeri pada tubuh Anda. Gunakan resep dokter untuk mengkonsumsi obat ini.

Obat Penurun Panas Anak Yang Bagus

Jika sebelumnya telah dibahas beberapa Obat Penurun Panas Dewasa Di Apotik yang dapat digunakan. Berikut ini adalah pilihan Obat penurun panas anak yang bagus.

  1. Sanmol Syrup

Obat penurun panas berbentuk sirup dengan harga Rp12.500 per 60 ml ini cukup efektif untuk meredakan demam pada anak. Penggunaan Sanmol syrup sebagai obat penurun panas anak 2 tahun harus sesuai dengan dosis yang tepat sesuai usia anak. Untuk anak usia 1 sampai 3 tahun cukup meminum 2,5 ml sebanyak maksimal 4 kali sehari.

  1. Proris Ibuprofen Suspensi Syrup

Bentuk sirup untuk obat penurun panas merupakan yang terbaik karena mengingat anak-anak yang cenderung sulit untuk meminum obat dalam bentuk tablet. Kandungan analgesik dalam obat seharga Rp20.000 per 60 ml ini dapat mengurangi rasa sakit serta menurunkan demam pada anak usia 1-12 tahun.

  1. Tempra Drops

Merk obat panas anak ini dapat digunakan pada anak usia mulai 7 bulan sampai 6 tahun. Dengan kandungan paracetamol di dalamnya mampu menurunkan demam anak dengan efektif. Anda dapat membeli obat ini dengan harga Rp49.100 per 15 ml.

Baca: Obat Panas Anak Tradisional dan Apotik

Obat Penurun Panas Alami

Selan menggunakan pilihan berbagai obat penurun panas di apotik yang telah dijelaskan sebelumnya. Cara menurunkan panas lainnya yang bisa dicoba ialah dengan menggunakan obat-obatan alami penurun panas. Penggunaan obat alami yang cenderung lebih aman dan minim menimbulkan efek samping tentu pantas diperhitungkan untuk anda coba gunakan. Berikut ini adalah list obat penurun panas alami yang bisa digunakan baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.

  1. Bawang Merah

Hampir semua masyarakat mengetahui kandungan baik yang terdapat pada bawang merah. Kandungan yang terdapat di dalamnya dipercaya dapat menurunkan demam pada anak maupun orang dewasa. Iris tipis dan parut beberapa bawang merah dan tambahkan dengan minyak kelapa setelahnya Anda dapat membalurkan ramuan bawang merah ini pada ubun-ubun penderita demam.

  1. Putih Telur

Siapa sangka ternyata bagian dari telur ini dapat digunakan untuk menurunkan demam. Kocok putih telur kemudian celupkan sapu tangan bersih ke dalamnya dan tempatkan pada tumit penderita demam. Ulangi terus langkah ini sampai demam turun.

  1. Sambiloto

Ramuan yang dibuat dengan lembaran daun sambiloto, umbi kunyit kering, serta madu dapat menjadi obat penurun panas untuk anak dan dewasa yang efektif.

  1. Pegagan

Kandungan saponin, vellarine, triterpenoid, serta hydrocotyline pada tanaman herbal ini ampuh untuk menurunkan panas serta dapat juga digunakan untuk merevitalisasi tubuh.

  1. Daun Kemangi

Selain lezat untuk dijadikan lalapan ternyata daun kemangi juga dapat dijadikan bahan untuk ramuan obat penurun panas. Rebus 20 lembar daun kemangi dengan sesendok teh jahe dan setelah matang dapat ditambah madu.

  1. Kunyit

Memiliki kandungan antioksidan membuat salah satu bubu dapur ini efektif untuk menjadi obat penurun panas dewasa alami. Tidak hanya untuk dewasa bahkan karena tidak mengandung bahan kimia membuat bahan ini dapat diaplikasikan untuk meredakan demam pada anak juga.

  1. Lempuyang Emprit

Mungkin kata diatas masih asing ditelinga beberapa orang, namun ternyata kandungan senyawa minyak atsiri pada bahan penurun panas ini mampu membantu suhu tubuh untuk menurunkan suhunya sampai normal.

  1. Air Kelapa Muda

Kelezatan air kelapa muda mampu menurunkan suhu tubuh yang tinggi menjadi kembali normal. Kandungan kalium yang tinggi akan menggantikan zat mineral yang hilang saat penderita berkeringat.

Beberapa referensi obat penurun panas diatas diharapkan mampu membantu Anda dikala kepanikan datang saat Anda ataupun si buah hati mengalami demam. Semoga bermanfaat.



Baca: Obat Fasidol – Obat Penurun Panas Demam dan Pereda Nyeri untuk Semua Umur