5 Obat Penambah Darah yang Bagus mengatasi Gejala Kurang Darah

0
365
5 Obat Penambah Darah yang Bagus mengatasi Gejala Kurang Darah
5 Obat Penambah Darah yang Bagus mengatasi Gejala Kurang Darah

Bidhuan.id – Obat penambah darah atau anemia memiliki banyak variasi. Tidak hanya obat keluaran pabrik saja, Anda pun dapat membuat sendiri menggunakan makanan penambah darah. Banyak sekali obat penambah darah yang bagus dapat Anda coba. Dengan mengonsumsi obat tersebut diharapkan gejala-gejala anemia seperti detak jantung tidak stabil, wajah pucat, dan kepala sering pusing dapat teratasi. Tidak hanya obat-obatan, banyak sekali makanan dan minuman penambah darah yang dapat Anda coba sebagai referensi selain obat-obatan.

Apabila Anda mengalami gejala kurang darah seperti lemas dan pusing, sebaiknya Anda harus cepat mencari obat penambah darah yang terbaik. Berikut ulasannya.

Referensi Obat Penambah Darah

Dengan hadirnya beberapa obat penambah darah di pasaran terkadang justri membuat Anda bingung harus memilih merk obat yang mana. Mari kita bahas satu per satu.

  1. Obat Penambah Darah Sangobion

Salah satu obat penambah darah yang paling sering terdengar yaitu sangobion. Memiliki formula yang mengandung Manganese Sulfate, Ferrous Gluconate, serta Copper Sulfate membuat obat ini efektif untuk menambah dan meningkatkan produksi sel darah merah.

Obat ini dapat dikonsumsi oleh remaja, orang dewasa, wanita hamil, menyusui serta menstruasi, serta orang yang sedang menjalani program diet. Harga obat sangobion ini berkisar antara Rp12.500 per strip yang dapat Anda temui di apotek terdekat.

  1. Livron B. Plex

Obat penambah darah selain sangobion ini memiliki kandungan yang dapat mengefektifkan penyembuhan bagi penderita anemia hiperkronik bahkan hypochromic. Anda hanya harus mengeluarkan budget sekitar Rp3.000 untuk mendapatkan satu strip obat ini.

  1. Sakatonik Liver

Memiliki kandungan vitamin dan mineral yangdiperlukan untuk pembentukan sel darah merah serta disebutkan bahwa aman digunakan untuk jangka waktu lama karena terbuat dari bahan alami membuat obat ini cukup diminati. Dengan harga Rp4.800 per 10 kaplet serta Rp21.000/310 ml bentuk sirup Anda dapat membelinya di apotek dekat rumah Anda.

  1. Hufabion

Hufabion dapat menjadi pengganti makanan penambah darah untuk ibu hamil dan menyusui yang bagus. Dengan mengkonsumsi obat seharga sektar Rp23.000 per kotak ini dapat mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil yang dapat menyebabkan pendarahan pada saat proses persalinan.

  1. Tonikum Bayer

Obat penambah darah seharga kurang lebih Rp30.000 per botol ini merupakan tonik multivitamin yang memiliki banyak sekali kandungan yang penting dalam pembentukan sel darah merah.

Baca: Obat Amlodipine – Obat Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) dan Angin Duduk

Makanan Penambah Hb Darah

  1. Daging Merah Penambah Zat Besi

Karena seorang yang mengalami anemia biasanya kekurangan zat besi, maka konsumsi daging merah dapat meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh sehingga perlahan makanan ini akan menambah sel darah merah dalam darah Anda.

  1. Ikan sebagai Penambah Protein

Tidak hanya ikan melainkan telur dan kacang-kacangan pun dapat dijadikan referensi untuk menambah protein yang diperlukan oleh pengidap anemia.

  1. Hati Sapi Penambah Vitamin B-12

Pengidap anemia yang kekurangan vitamin B-12 memiliki ciri bahwa sel darah merah yang ada dalam tubuh kesulitan untuk menyimpan dan mengangkut oksigen ke jaringan karena kondisi sel darah merah yang besar-besar atau belum matang. Dengan konsumsi hati sapi, telur, serta susu penambah darah akan mempercepat masuknya vitamin B-12 ke dalam tubuh.

  1. Sereal Penambah Vitamin B-9

Dikenal dengan istilah asam folat, vitamin ini berguna untuk membantu tubuh dalam membuat sel-sel darah merah  yang baru. Dengan konsumsi sereal, sayuran hijau, serta kacang-kacangan akan membantu menambah kadar asam folat yang kurang pada penderita anemia.

  1. Jambu Biji Penambah Vitamin C

Vitamin C dalam tubuh sangat baik untuk membantu penyerapan zat besi ke dalam tubuh. Meskipun banyak yang mengatakan bahwa jeruk memiliki kandungan vitamin C yang besar, namun ternyata jambu biji lah yang memiliki kandungan vitamin C terbesar diantara buah-buahan yang lain.

  1. Wortel Penambah Vitamin A

Selain bagus untuk kesehatan mata, wortel yang memiliki kandungan vitamin A yang lumayan besar ini dapat membantu zat besi untuk masuk kedalam hemoglobin yang akan mengikat oksigen.

Selain wortel, terdapat beberapa buah-buahan seperti mangga, melon, dan semangka yang kaya akan vitamin A. Mari konsumsi lebih banyak buah mulai hari ini.

Penjelasan mengenai beberapa obat penambah darah yang dapat dijumpai di apotek maupun herbal yang dapat dijumpai pada sayuran dan buah-buahan diharapkan dapat membantu Anda untuk mengatasi anemia yang mungkin sedang Anda derita. Semoga bermanfaat.



Baca: Obat Adalat – Obat Golongan Anti-Hipertensi untuk Mengobati Tekanan Darah Tinggi