11 Obat Amandel di Apotik dan Herbal untuk Menyembuhkan Amandel

0
445
11 Obat Amandel di Apotik dan Herbal untuk Menyembuhkan Amandel
11 Obat Amandel di Apotik dan Herbal untuk Menyembuhkan Amandel

Bidhuan.id – Obat amandel menjadi yang paling sering dicari oleh para orangtua ketika anak-anak mereka mengalami gejala radang amandel. Apakah Anda salah satunya? Penyakit yang sering terjadi pada anak-anak ini umumnya diikuti rasa sakit saat menelan, demam, serta kesulitan menelan. Mencari obat amandel di apotik menjadi solusi utama untuk para orang tua menyembuhkan anak dari sakit yang diderita. Beberapa obat amandel dapat didapatkan di apotik tanpa perlu menggunakan resep dokter. Pun dengan obat amandel untuk dewasa dapat juga dicari di apotik terdekat.

Jika Anda mencari obat amandel yang cocok untuk mengobati radang amandel yang diderita maka Anda sedang membaca artikel yang tepat. Simak ulasannya berikut.

Penyebab Amandel

Yang terjadi ketika seseorang mengalami radang amandel yaitu terjadinya peradangan pada tonsil atau kita sebut dengan amandel. Kelenjar amandel atau tonsil ini berada di dalam tenggorokan yang berfungsi sebagai pencegah infeksi. Namun, seiring berjalannya waktu kelenjar ini tidak diperlukan lagi karena sudah tergantikan oleh sistem kekebalan tubuh yang lain. Adanya bakteri dan virus yang masuk ke dalam mulut dapat menyebabkan peradangan pada tonsil.

Obat Amandel di Apotik

Berikut merupakan beberapa obat amandel bengkak yang dapat Anda gunakan untuk mengobati gejala amandel yang datang.

  1. Ibuprofen

Obat ini berfungsi sebagai penurun demam dan pereda rasa sakit. Dengan mengkonsumsi Obat Ibuprofen dapat mengurangi bahkan menghilangkan rasa sakit yang terjadi di tenggorokan, sakit kepala, serta demam.

Anda dapat menjumpai obat ini dengan harga kurang lebih Rp22.000 di apotik terdekat dengan bentuk sirup untuk anak-anak dan tablet untuk orang dewasa.

  1. Parasetamol

Banyak yang mengetahui kegunaan dan fungsi yang terdapat dalam Obat Parasetamol untuk meredakan demam pada anak ataupun orang dewasa. Ternyata, obat yang dapat didapat dengan harga Rp2.500 per 10 tablet ini dapat digunakan pula untuk mengobati radang amandel yang sedang diderita oleh anak maupun dewasa. Gunakan bentuk sirup untuk anak dan tablet untuk dewasa.

  1. Aspirin

Pada dasarnya kegunaan aspirin mirip dengan obat sebelumnya yaitu mengurangi peradangan dan sakit kepala yang diderita penderita radang amandel lainnya.

Namun, untuk alasan keamanan maka obat yang dapat didapat dengan harga Rp10.500 per 10 tablet ini hanya boleh digunakan oleh orang dewasa saja.

  1. Antibiotik untuk Amandel

Penggunaan antibiotik untuk amandel merupakan langkah yang harus benar-benar diperhitungkan karena efek samping yang akan timbul usai mengkonsumsi obat ini.

Antibiotik baru akan direkomendasikan oleh dokter apabila peradangan yang terjadi sudah mulai parah sehingga harus segera menghentikan pertumbuhan bakter pada area amandel.

  1. Penisilin

Salah satu obat antibiotik pertama yang akan diberikan atau direkomendasikan oleh dokter kepada penderita yang sudah mengalami peradangan parah adalah Penisilin. Namun, obat ini hanya dapat bekerja apabila peradangan yang terjadi disebabkan oleh bakteri bukan oleh virus.

  1. Eritrimisin

Hampir sama dengan penisilin. Obat ini akan diberikan oleh dokter apabila penderita memiliki alergi terhadap Penisilin. Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp145.200 untuk mendapatkan 500 mg obat ini.

Obat Tradisional Amandel Paling Ampuh

Selain dapat menggunakan obat amandel yang tersedia di apotik, anda juga dapat menggunakan Obat Tradisional Amandel, berikut ini obat-obat tradisional yang dapat anda gunakan untuk mengatasi amandel yang ada.

  1. Mengkudu dan Madu

Salah satu buah yang memiliki banyak sekali manfaat ini ternyata juga dapat menyembuhkan radang amandel. Dengan menggunakan dua buah mengkudu segar dan beberapa tetes madu maka Anda akan dapat memperoleh ramuan herbal yang dapat menyembuhkan radang amandel yang Anda atau anak Anda derita.

  1. Kulit manggis dan daun mint

Siapa yang tidak mengetahui manfaat besar dari kulit manggis? Bahkan beberapa perusahaan obat menggunakan kulit manggis sebagai produk obat andalan mereka. Budget yang harus dikeluarkan untuk membayar harga obat amandel dapat dikurang dengan menggunakan ramuan buah-buahan.

Dengan kandungan yang dimilikinya membuat kulit manggis ini dapat digunakan sebagai salah satu obat kumur radang amandel. Cukup gunakan kulit manggis yang telah dikeringkan serta beberapa tetes minyak daun mint untuk memperoleh obat kumur radang amandel ini.

  1. Jeruk Nipis

Salah satu cara menyembuhkan amandel dengan buah yaitu dengan menggunakan buah jeruk nipis. Kandungan zat anti bakteri di dalam buah ini mampu mengatasi bakteri yang menyebabkan terjadinya radang amandel.

Namun, perlu diingat untuk penderita yang memiliki riwayat maag untuk menghindari ramuan jeruk nipis ini karena lambung yang tidak kuat untuk menerima kandungan asam yang terdapat pada buah ini.

  1. Kulit Jeruk Nipis

Ramuan obat kumur dari kulit jeruk nipis ini bisa Anda jadikan alternatif ketika Anda memiliki riwayat maag dan tidak mengkonsumsi ramuan dari jeruk nipis. Kandungan anti bakteri yang terdapat di dalamnya mampu melawan bakteri ataupun virus yang menyebabkan peradangan amandel.

  1. Kunyit Kuning

Memiliki kandungan dan fungsi yang sama seperti jeruk nipis membuat kunyit kuning juga ampuh untuk mengobati radang amandel. Dan hebatnya lagi bahwa kandungan yang terdapat dalam kunyit kuning dapat dijadikan sebagai cara pengobatan bagi penderita maag.

Itulah beberapa obat amandel yang dapat Anda beli atau buat di rumah. Jika amandel yang anda derita sudah cukup parah, sangat disarankan untuk segera mengunjungi dokter atau dilakukan operasi amandel jika memungkinkan. 



Baca: Kisah Inspiratif! Dokter Rudi Sukses Operasi Cangkok Panggul Pertama dengan BPJS