8 Obat Cantengan di Apotik untuk Menyembuhkan Cantengan yang Parah

0
530
8 Obat Cantengan di Apotik untuk Menyembuhkan Cantengan yang Parah
8 Obat Cantengan di Apotik untuk Menyembuhkan Cantengan yang Parah

Bidhuan.id – Obat cantengan banyak sekali dicari oleh orang karena penyakit ini cenderung sulit untuk cepat sembuh. Penderita biasanya mengalami cantengan dalam kurun waktu yang lama bahkan sampai berbulan-bulan. Oleh karena itu banyak sekali yang mencari cara menyembuhkan cantengan yang sudah lama ini. Bahkan apabila sudah terlalu lama, banyak yang merekomendasikan untuk dilakukan tindakan khusus seperti contohnya operasi. Banyak penderita cantengan yang tidak ingin mengambil langkah ini sehingga mencari cara mengobati cantengan tanpa operasi yang dapat mereka tempuh untuk menyembuhkan cantengan yang mereka derita.

Penyebab Cantengan

Pada umumnya cantengan terjadi di jari kaki jempol, dan ciri-ciri yang dialami yaitu terjadinya bengkak atau kemerahan yang timbul di ujung sudut jari. Penyebab hal ini bisa terjadi umumnya karena pertumbuhan kuku yang menjorok kedalam sehingga melukai kulit bagian dalam, memotong kuku dengan posisi terlalu pendek dan kurang rapi, serta dapat terjadi karena pertumbuhan alami yang terjadi pada kuku yang menyebabkan kuku tumbuh menjorok ke dalam.

Oleh karena itu, mari kita bahas beberapa obat cantengan yang sudah parah karena apabila sudah mengalami cantengan, biasanya penderita akan sangat terganggu aktivitasnya terutama aktivitas luar ruangan.

Obat Cantengan di Apotik

Rasa sakit yang sangat besar karena cantengan akan membuat aktivitas harian menjadi tidak nyaman. Berikut beberapa obat cantengan yang dapat Anda coba.

  1. Garamycin Salep

Obat salep cantengan jempol kaki ini sudah sangat terkenal, biasanya saat seorang mengalami cantengan maka akan direkomendasikan untuk membeli obat salep ini bahkan oleh dokter sekalipun. Obat salep ini dapat dengan mudah ditemui di berbagai apotek terdekat dari rumah Anda.

Sebenarnya obat cantengan Garamycin ini bukan hanya untuk mengobati cantengan saja namun dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit lain yang disebabkan oleh bakteri ataupun infeksi. Obat ini dapat bekerja secara maksimal jika diaplikasikan sebanyak 3-4 kali dalam sehari pada area yang terkena cantengan.

  1. Sagestam

Obat salep cantengan ini memiliki fungsi mirip dengan Garamycin yang mampu mengatasi penyakit cantengan secara efektif. Penggunaan salep ini dapat dilakukan saat malam hari saat ingin istirahat untuk menghindari terpapar benda lain. Penggunaan pada malam hari ini juga efektif untuk mempercepat proses penyembuhan cantengan Anda.

  1. Nail

Obat tetes cantengan ini adalah satu yang efektif untuk menyembuhkan cantengan. Banyak orang menggunakan obat ini karena tingkat keberhasilannya cukup baik. Hal ini dapat terjadi karena kandungan minyak cengkeh, jintan hitam, serta minyak zaitun yang dapat mempercepat penyembuhan cantengan pada kuku kaki Anda.

Gunakan obat tetes ini secara rutin setiap hari untuk hasil yang lebih cepat. Jangan lupa bersihkan kuku Anda terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan obat ini.

  1. Super Green Plus

Kandungan Alstonia sholaris dan Niggela sativa pada obat ini dapat mempercepat penyembuhan cantengan karena dapat membunuh bakteri yang ada pada area luka. Gunakan obat ini sebanyak dua kali dalam sehari dengan meneteskan sebanyak 2-3 tetes pada area cantengan. Gunakan obat ini secara teratur.

  1. Emtriks

Obat Cantengan yang tidak memiliki warna ini dapat Anda coba untuk mengobati cantengan yang ada. Aplikasikan pada kuku yang luka setiap malam hari untuk hasil yang maksimal.

  1. Cara mengobati cantengan dengan minyak kayu putih

Alternatif lain untuk mengobati cantengan yaitu dengan menggunakan minyak kayu putih. Namun, perlu diperhatikan bahwa cara mengobati cantengan ini akan menimbulkan beberapa efek samping seperti meninggalkan bekas, bahkan bisa terasa perih dan panas.

Untuk mencoba apakah kulit Anda cocok dengan teknik penyembuhan ini maka alangkah baiknya coba lah sedikit demi sedikit metode ini dengan intensitas yang tidak terlalu sering dahulu.

  1. Mengobati Cantengan dengan Gentamisin sulfat

Hampir sama dengan Garamycin, obat ini efektif untuk menyembuhkan cantengan. Hanya perlu mengoleskannya pada area luka setiap hari untuk hasil yang maksimal. Namun, jika terjadi iritasi hentikan penggunaan obat ini.

  1. Salep 2-4

Obat salep cantengan lainnya yang dapat Anda temui dengan mudah di apotek adalah Salep 2-4. Gunakan obat ini secara rutin setiap hari pada area yang luka. Seperti hal nya obat lain, jika terjadi kekeringan yang berlebih dan iritasi pada kulit Anda, hentikan segera pemakaian obat ini.

Itulah dua obat cantengan yang dapat Anda coba sebagai alternatif pengobatan cantengan yang sedang Anda alami. Semoga bermanfaat.



Baca: Panuan? Coba 4 Obat Panu Alami Pilihan Berikut ini