7 Obat Radang Tenggorokan di Apotik Resep Dokter dan Tanpa Resep

8168
7 Obat Radang Tenggorokan di Apotik Resep Dokter dan Tanpa Resep
7 Obat Radang Tenggorokan di Apotik Resep Dokter dan Tanpa Resep

Bidhuan.id – Obat Radang Tenggorokan yang ada saat ini sebenarnya sudah banyak ragamnya. Mulai dari obat radang tenggorokan resep dokter hingga obat yang dapat dibeli secara bebas tanpa resep. Berbagai obat yang ada tersebut tentu saja ditujukan baik sebagai obat radang tenggorokan akut hingga obat sakit tenggorokan susah menelan yang terbilang ringan. Jenisnya pun beraneka ragam dari obat generik radang tenggorokan hingga obat paten. Namun, pilihan obat yang beraneka ragam tersebut kadang membuat kita menjadi bingung mana yang seharusnya dipilih? Nah agar, anda tidak bingung, berikut ini telah dirangkumkan beberapa pilihan obat radang tenggorokan anak dan dewasa yang bisa anda coba gunakan untuk mengatasi keluhan pada tenggorokan anda.

Radang Tenggorokan (Faringitis)

Radang tenggorokan atau yang dalam bahasa Latin disebut dengan pharyngitis merupakan salah satu penyakit yang dapat dialami oleh siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Radang tenggorokan ialah peradangan pada faring atau tenggorokan yang mana umumnya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Adapun virus yang dapat menyebabkan Anda mengalami radang tenggorokan, yakni virus adenovirus, chickenpox, croup, dan measles.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa radang tenggorokan atau faringitis ini juga dapat terjadi disebabkan oleh alkohol, alergi, polusi udara, rokok, maupun zat-zat kimia. Selain itu, hindarilah mengonsumsi makanan yang mengandung MSG atau micin, pemanis buatan, pengawet makanan, dan zat pewarna buatan dikarenakan dapat meningkatkan resiko timbulnya radang tenggorokan.

Saat Anda mengalami radang tenggorokan, umumnya gejala yang timbul adalah tenggorokan akan terasa sakit dan gatal sehingga akan sulit dalam menelan makanan. Hal ini dapat mengakibatkan nafsu makan berkurang dan tubuh pun menjadi lemah.  Akan tetapi, bukan hanya itu radang tenggorokan juga dapat disertai dengan beberapa gejala lainnya, antara lain tenggorokan terasa kering, bersin, batuk, sakit kepala atau pusing, amandel membengkak, demam, tenggorokan memerah, tubuh terasa lelah, nyeri otot, serta leher terasa sakit.

7 Obat Radang Tenggorokan Ampuh

Berikut merupakan sedikit ulasan mengenai radang tenggorokan. Adapun, obat radang tenggorokan dewasa dan anak yang terbukti ampuh dalam mengobati radang tenggorokan yang tersedia di apotek, antara lain:

  1. FG Troches (Antibiotik radang tenggorokan)
FG Troches
FG Troches

FG Troches merupakan obat antibiotik yang efektif dalam mengatasi radang tenggorokan atau faringitis. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet hisap. Antibiotik fradiomycin dan gramicidin yang terkandung didalamnya bekerja dengan cara membunuh bakteri dengan spektrum luas.

Kedua antibiotik tersebut sangat optimal dalam melawan bakteri Streptococci dan Staphylococci yangmana sering menyerang tenggorokan dan rongga mulut. Selain digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan, FG Troches juga ampuh digunakan dalam mengobati sariawan, gingivitis, bronchitis, tonsillitis, radang selaput lender, dan periodontitis geraham bungsu.

Namun, perlu diketahui bahwa obat ini termasuk golongan obat keras sehingga dalam penggunaan maupun saat membeli harus berdasarkan resep dokter.

Baca: Fg Troches Untuk Ibu Hamil dan Ibu Menyusui, Bolehkah? Berapa Dosisnya?

  1. Degirol (Obat sakit tenggorokan saat menelan tanpa Resep Dokter)
Degirol

Derigol merupakan obat radang tenggorokan berbentuk tablet hisap seperti permen dengan rasa lemon yang mengandung dequalinium chloride didalamnya. Dequalinium chloride merupakan senyawa aktif anti-jamur dan anti-bakteri dengan spektrum yang luas. Senyawa ini bekerja didalam tubuh dengan cara membunuh segala jenis bakteri, baik bakteri gram-positif maupun bakteri gram-negatif, serta bakteri yang telah resisten terhadap antibiotik.

Sama halnya dengan FG Troches, indikasi obat Derigol selain dapat mengobati faringitis, juga mampu mengatasi infeksi lainnya pada tenggorokan dan rongga mulut dengan efektif. Derigol dapat Anda konsumsi setiap 3 sampai 4 jam sekali, namun dosis dalam sehari tidak boleh melebihi dari 8 tablet.

Berbeda dengan FG Troches, Derigol dapat Anda beli di apotek tanpa menggunakan resep dokter dikarenakan obat ini termasuk kedalam golongan obat bebas. Dalam pemakaiannya obat ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang dan berulang-ulang.

  1. Lemocin (Obat radang tenggorokan Resep Dokter)
Lemocin
Lemocin

Dalam tiap tablet hisap Lemocin terkandung tyrothricin, cetridium bromide, dan lidocaine didalamnya yangmana pada setiap kandungan tersebut memiliki fungsinya masing-masing dalam meredakan radang tenggorokan. Tyrothricin ialah campuran dari antibiotik polipeptida (terutama gramisidin dan tirosidin). Tyrothricin merupakan antibiotik topical dengan aktivitas bakteriostatik terhadap mikroorganisme gram positif. Aktivitas antibakteri Tyrothricin tersebut ditunjang oleh anti-septik dari Cetrimonium bromide yangmana merupakan senyawa amonium kuartener yang bersifat bakteriostatik dengan surfaktan yang lemah. Dengan begitu, dapat diperoleh suatu efek yang nyata.

Sedangkan, lidocaine bekerja dengan mengubah permeabilitas membran sel terhadap ion natrium, sehingga timbullah efek anestesi dengan menghambat konduksi impuls saraf. Dengan begitu, maka rasa sakit dan nyeri pada tenggorokan saat menelan yang disebabkan oleh inflamasi dapat berkurang.

Wajib Anda ketahui bahwa Lemocin ialah obat yang termasuk dalam golongan obat keras sehingga dalam penggunaannya harus sesuai dengan resep dokter. Selain itu, obat ini hanya ditujukan untuk penggunaan jangka pendek, yakni sekitar 5 hingga 7 hari.

Lidocaine yang terkandung didalam obat ini dapat disekresikan melalui air susu. Oleh karena itu, bagi pasien yang sedang menyusui atau hamil dianjurkan untuk tidak mengonsumsi obat ini guna mencegah efek samping yang dapat ditimbulkan pada anak ataupun janin yang ada dalam kandungan. Walaupun, sesungguhnya belum terdapat data klinis yang menunjukkan efek Lemocin pada janin namun ada baiknya penggunaannya dihindari bagi ibu menyusui atau hamil.

  1. Efisol Lozenges (Obat sakit tenggorokan susah menelan)
Efisol Lozenges
Efisol Lozenges

Seperti Degirol, Efisol Lozenges pun mengandung dequalinium chloride yang bekerja sebagai antiseptik pembasmi bakteri dan jamur pada rongga mulut dan tenggorokan. Obat ini diketahui sangat efektif dalam mengatasi radang tenggorokan serta infeksi lainnya pada kerongkongan dan rongga mulut, seperti sariawan, tonsillitis, angina, bahkan nafas bau yang disebabkan oleh infeksi tersebut.

Selain itu, obat ini juga mengandung vitamin C yangmana dapat memperkuat sistem daya tahan tubuh Anda, sehingga dengan sistem daya tahan tubuh yang kuat maka proses penyembuhan dapat berlangsung lebih cepat.

  1. SP Troches (Obat generik radang tenggorokan)
SP Troches
SP Troches

SP Troches merupakan obat berbentuk tablet hisap dengan kandungan dequalinium chloride didalamnya yangmana tersedia dalam tiga varian rasa, yakni stoberi, melon, dan kopi.

Obat ini bekerja dengan cara membunuh bakteri, virus, dan jamur yang berada didalam tenggorokan dan rongga mulut secara optimal. Dosis umum SP Troches ialah 1 tablet 6 kali sehari, dengan dosis maksimum dalam sehari adalah 8 tablet.

  1. Cephalexin (Obat Antibiotik Radang tenggorokan resep dokter)
Cephalexin
Cephalexin

Cephalexin merupakan obat yang termasuk dalam kelompok antibiotik cephalosporin. Obat ini dapat Anda temukan di apotek dalam bentuk tablet, kapsul, dan puyer. Cephalexin dikuhususkan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Selain ampuh digunakan untuk mengobati radang tenggorokan, obat ini dapat pula dipakai untuk mengobati pneumonia, infeksi saluran kemih, otitis media, selulitis, serta infeksi tulang dan sendi. Dalam penggunaannya, Cephalexin harus dikonsumsi berdasarkan resep dokter dikarenakan obat ini tergolong obat keras.

  1. Azithromycin (Obat radang tenggorokan akut)
Azithromycin
Azithromycin

Indikasi obat Azithromycin tidak jauh berbeda dengan Cephalexin yangmana sama-sama digunakan untuk mengobati infeksi akibat bakteri. Obat ini sangat efektif dalam mengobati radang tenggorokan maupun tonsillitis yang disebabkan oleh bakteri S. Pyogenes.

Azithromycin bekerja dengan cara mengikat subunit 50S ribosom bakteri agar menghambat terjemahan dari mRNA. Dengan begitu, maka sintesis protein bakteri akan terganggu sehingga pertumbuhan dan perkembangan bakteri dapat dicegah. Obat ini tersedia di apotek dalam berbagai bentuk, yakni tablet, sirup, kapsul, dan cairan injeksi.

Berikut itulah sekilas pembahasan mengenai 7 obat radang tenggorokan atau faringitis yang tersedia di apotek, mulai dari FG Troches, Degirol, Lemocin, Efisol Lozenges, SP Troches, Cephalexin, serta Azithromycin. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat ya Bidhuaners!



Baca: Efek Kandungan Dekstrometorfan pada Obat Batuk, mulai dari Halusinasi sampai Kematian