Voltadex Tablet : Obat Keras Dewasa untuk Meredakan Nyeri dan Peradangan

1323
Voltadex Tablet : Obat Keras Dewasa untuk Meredakan Nyeri dan Peradangan
Voltadex Tablet : Obat Keras Dewasa untuk Meredakan Nyeri dan Peradangan

Bidhuan.id – Obat Voltadex buat apa? Voltadex merupakan obat yang termasuk golongan obat anti-inflamasi nonsterid (NSAID) yang biasanya digunakan untuk mengurangi atau meredakan nyeri dan peradangan. Perlu diketahui bahwa obat Voltadex ini hanya ditujukan untuk orang dewasa atau seseorang yang berusia di atas 18 tahun sehingga anak-anak tidak diperbolehkan untuk menggunakan obat ini. Lantas apakah voltadex tablet dapat digunakan sebagai obat asam urat dan sakit gigi? Berapa harga voltadex di Apotik? berikut jawabannya

Voltadex: Obat Nyeri Sakit Gigi, Asam Urat dan Peradangan

Obat Voltadex tidak dapat Anda beli secara bebas di apotek sebab obat ini merupakan salah satu obat yang termasuk kategori obat keras, sehingga Anda harus menggunakan resep dari dokter saat membelinya di Apotik. Sebab jika Anda tidak menggunakan obat ini berdasarkan resep dari dokter dikhawatirkan justru akan memperparah penyakit atau kondisi Anda.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai obat Voltadex tablet ini, simaklah pembahasannya berikut.

Indikasi Obat Voltadex

Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa Voltadex ialah obat yang berfungsi untuk meredakan rasa nyeri dan peradangan atau inflamasi.

Adapun beberapa kondisi yang berindikasi dapat diatasi dengan Voltadex, yaitu :

  • Penggunaan Voltadex tablet diketahui efektif dalam membantu mengurangi rasa nyeri atau sakit pada pasien penderita asam urat, batu ginjal ataupun empedu, osteoarthritis, spondylarthritis, ankylosing spondylitis, arthritis, serta rheumatoid arthritis.
  • Obat ini dapat pula dipakai guna mengurangi rasa nyeri untuk migrain akut, sakit gigi serta saat setelah mencabut gigi.
  • Voltadex tablet dapat dipakai untuk meredakan nyeri saat haid atau dismenore.
  • Selain itu, obat ini juga sering dipakai guna mengurangi nyeri saat setelah operasi terutama bagi pasien yang juga mengalami peradangan.

Kontra Indikasi

Sedangkan, hal-hal yang dikontraindikasikan dengan obat Voltadex, antara lain:

  • Jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap diklofenak atau obat-obatan analgesik NSAID (non-steroid anti-inflamasi) lainnya (misalnya, ibuprofen, aspirin) maka Anda tidak diperbolehkan menggunakan obat ini.
  • Dianjurkan untuk tidak mengonsumsi Voltadex tablet bagi pasien yang sedang hamil terutama selama 3 bulan terakhir masa kehamilan.
  • Obat ini tidak diperbolehkan untuk dipakai oleh pasien yang memiliki riwayat penyakit jantung, masalah ginjal, fungsi hati yang buruk, tukak/radang pada lambung atau usus, maupun penyakit cerebrovascular
  • Selain itu, untuk memastikan bahwa Anda aman dalam menggunakan Voltadex tablet beritahukan dokter jika Anda memiliki hipertensi, sakit maag, asma, diabetes, stroke, kolesterol tinggi, ataupun bekuan darah
  • Voltadex tablet disarankan untuk tidak digunakan bagi pasien yang akan atau telah melakukan operasi by-pass jantung (CABG) sebab dapat beresiko terjadinya pendarahan pada usus atau perut yang dapat berakibat fatal.
  • Dikarenakan Voltadex tablet merupakan golonan obat NSAID maka obat ini tidak boleh diberikan pada pasien penderita demam berdarah sebab dapat meningkatkan resiko terjadinya kebocoran kapiler dan gagal jantung.

Dosis Voltadex Tablet dan Aturan Pemakaian

Bacalah aturan pemakaian yang tertera pada kemasan sebelum menggunakan obat ini serta konsumsilah Voltadex tablet sesuai dengan resep dari dokter. Adapun dosis umum penggunaan Voltadex tablet, yaitu tidak lebih dari 150 mg sehari yang mana dapat dibagi menjadi, 25 mg – 50 mg yang dikonsumsi 3 kali sehari.

Sedangkan untuk pengobatan jangka panjang, obat ini cukup dikonsumsi dengan dosis 75 mg – 100 mg sehari.

Konsumsilah Voltadex tablet saat sesudah makan atau bersamaan saat makan guna mengurangi efek samping yang dapat ditimbulkan pada saluran pencernaan. Selain itu, janganlah menggandakan dosis yang sudah ditetapkan sebab dikhawatirkan dapat meningkatkan resiko timbulnya efek samping yang dapat berbahaya bagi tubuh Anda.

Kemasan Obat Voltadex Tablet

Voltadex tablet tersedia di apotek atau toko-toko obat lainnya dalam dua jenis kemasan dosis, yakni :

  • VOLTADEX 25 mg (Diklofenak sodium 25 mg)
  • VOLTADEX 50 mg (Diklofenak sodium 50 mg)

Harga Voltadex

Bicara soal harga voltadex di Apotik, obat ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau, yakni untuk obat voltadex 50 mg tablet seharga Rp 4.000-5.000/ tablet.

Komposisi Obat Voltadex

Pada tiap kemasan Voltadex tablet terkandung zat aktif :

  • Diklofenak sodium 25 mg/tablet
  • Diklofenak sodium 50 mg/tablet

Diklofenak sodium merupakan turunan asam asetil asetat yang mengandung khasiat, sebagai berikut :

  1. Antirematik (nyeri pada sendi dan tulang)
  2. Anti-inflamasi (peradangan atau inflamasi yang ditandai dengan bengkak, kemerahan, dan kaku)
  3. Antipiretik (menurunkan demam)
  4. Analgetik (meredakan rasa sakit)

Kegunaan Obat Voltadex

Obat ini digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri atau sakit mulai dari yang tingkat ringan hingga menengah serta inflamasi atau peradangan yang disebabkan oleh sakit kepala, asam urat, sakit gigi, arthritis, dan sebagainya.

Diklofenak merupakan salah satu obat yang tergolongan dalam obat obat anti-inflamasi nonsterid (NSAID). Umumnya, diklofenak diberikan dalam bentuk garamnya, berupa kalium diklofenak atau natrium diklofenak serta berupa Diclofenac diethylamine yang mana diberikan secara topikal / dioleskan.

Cara Kerja Voltadex

Zat aktif diklofenak yang terkandung didalam Voltadex tablet bekerja dengan cara menghambat kerja enzim siklooksigenase (COX). Enzim siklooksigenase merupakan enzim yang berfungsi membantu pembentukan prostaglandin saat terjadi luka yang dapat menyebabkan timbulnya rasa sakit dan inflamasi.

Sehingga, dengan menghambat kerja dari enzim siklooksigenase, prostaglandin yang diproduksi akan lebih sedikit. Dengan begitu, maka berarti rasa sakit dan inflamasi yang ditimbulkan akan mereda atau hilang.obat

Efek Samping Voltadex Tablet

Pada umumnya, setiap obat-obatan memiliki efek samping yang dapat ditimbulkan begitu pula sama halnya dengan Voltadex tablet. Berikut beberapa efek samping yang dapat dialami dalam pemakaian Voltadex tablet mulai dari yang umum dialami hingga efek samping yang bersifat serius.

  • Efek Samping Umum

Efek samping yang umumnya dapat dialami dalam penggunaan Voltadex tablet bisa dikatakan merupakan efek samping yang bersifat ringan, akan tetapi Anda tetap harus berhati-hati karena tidak menutup kemungkinan efek samping ini dapat menjadi sangat serius.

Berikut beberapa efek samping yang umumnya dapat terjadi, yaitu sakit kepala, sulit tidur, telinga berdengung, ruam pada kulit, kembung, mual, muntah, perut terasa nyeri atau kram, diare, sembelit, dyspepsia, serta tukak pada lambung, usus, ataupun kerongkongan.

  • Efek Samping Serius

Sedangkan, efek samping serius yang dapat dialami karena pemakaian obat ini, antara lain:

  • Gagal jantung kongestif yang ditandai dengan tubuh mudah lelah, napas sesak, ataupun inflamasi pada bagian tungkai bawah.
  • Kelainan pada darah, misalnya penurunan kadar hemoglobin dan rendahnya jumlah trombosit
  • Walaupun jarang terjadi obat ini beresiko menimbulkan efek samping yang berkaitan dengan kesehatan mental, seperti mudah marah, depresi, mimpi buruk, cemas, dan reaksi psikotik.
  • Anemia atau tekanan darah rendah.
  • Selain itu, penggunaan Voltadex tablet jangka panjang atau dosis yang tinggi diketahui dapat meningkatkan resiko timbulnya masalah atau gangguan pada tubuh yang mana dapat memperburuk keadaan, seperti kerusakan pada ginjal, penyakit jantung, stroke, sakit kuning, gagal hati, nekrosis hati, serta hepatitis fulminan.
  • Siklus menstruasi normal dapat terganggu.
  • Obat-obatan NSAID berpotensi menimbulkan reaksi dermatologis pada tubuh, seperti sindrom Stevens-Johnson, nekrolisis epidermal toksik, dan dermatitis eksfoliatif yang mana ditandai dengan adanya ruam.

Hentikanlah penggunaan obat ini jika Anda mengalami salah satu dari efek samping diatas, baik efek samping yang umum terjadi maupun yang bersifat serius dan segeralah untuk memberitahukannya pada dokter.

Baca: Kalium Diklofenak – Obat Anti Nyeri untuk Sakit Gigi hingga Kram saat Menstruasi

Peringatan dan Perhatian

Adapun hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam penggunaan obat Voltadex Tablet, yaitu sebagai berikut :

  • Obat ini tidak dianjurkan digunakan oleh seseorang yang berusia dibawah 18 tahun.
  • Sebelum mengonsumsi Voltadex Tablet pasien harus dipastikan cukup cairan.
  • Dianjurkan untuk tidak meminum alkohol selama penggunanaan obat ini sebab resiko pendarahan lambung akan meningkat.
  • Selama pengobatan berlangsung tekanan darah bagi penderita hipertensi wajib dipantau dikarenakan Voltadex termasuk golongan obat NSAID yangmana berpotensi meningkatkan tekanan darah bahkan dapat memperburuk kondisi hipertensi.
  • Resiko terjadinya pendarahan akan lebih tinggi bagi pasien yang memiliki riwayat sakit maag atau pendarahan gastrointestinal.
  • Jika menggunakan obat ini dalam jangka waktu yang lama maka fungsi hati pada pasien harus dipantau secara teratur selama masa pengobatan.
  • Pada dasarnya, belum diketahui apakah diklofenak dapat diekskresikan melalui ASI. Namun, untuk mengantisipasi timbulnya efek yang buruk pada anak maka dianjurkan untuk tidak menyusui selama menggunakan obat ini.
  • Penggunaan Voltadex pada pasien lansia harus lebih berhati-hati dikarenakan tubuh mereka lebih sensitif terhadap efek samping yang dapat ditimbulkan terutama masalah ginjal dan pendarahan perut.
  • Pada umumnya, obat-obatan yang termaasuk NSAID beresiko menyebabkan pusing, hilang keseimbangan, kebingunan, serta rasa kantuk.
  • Obat-obatan NSAID diketahui dapat mengakibatkan edema atau retensi cairan, oleh karena itu bagi pasien yang menderita gagal jantung ataupun pernah mengalami retensi cairan harus diberikan perhatian khusus dalam menggunakan obat ini.
  • Jika saat Anda menggunakan obat ini timbul tanda-tanda reaksi anafilaksis, seperti kesulitan bernafas serta pembengkakan pada wajah maupun tenggorokan maka segeralah berkonsultasi pada dokter.

Berikut adalah informasi terkait Obat Voltadex yang dapat kami berikan pada anda. Ingat! Obat ini adalah obat keras dan hanya dapat digunakan oleh orang dewasa. Sehingga penting bagi Apoteker dan Dokter untuk mengetahui hal tersebut.



Baca: Apa itu Zenith? Obat Pengganti Narkoba yang Sering Disalahgunakan