Canesten Krim Kulit: Indikasi, Dosis, Cara Kerja, Efek Samping dan Harga di Apotik

1592
Canesten Krim Kulit Indikasi Dosis Cara Kerja Efek Samping dan Harga di Apotik
Canesten Krim Kulit Indikasi Dosis Cara Kerja Efek Samping dan Harga di Apotik

Bidhuan.id – Apa itu Canesten krim kulit? Canesten cream merupakan obat anti jamur yang termasuk golongan imidazole yang berfungsi dalam mengobati infeksi jamur pada kulit yang disebabkan oleh ragi, demartofita, dan macam jamur lainnya. Selain dapat Atasi Jamur Pada Kulit, Canesten Salep juga dapat digunakan sebagai obat untuk mengobati Panu, Ruam Popok, Kadas/Kurap, infeksi jamur di selangkangan dan Kutu Air. Lantas, apa saja kandungan yang terdapat dalam canesten krim kulit ini sehingga membuatnya mampu untuk mengatasi berbagai keluhan dan masalah di kulit? Bagaimana dosis penggunaannya serta efek samping apa saja yang dapat timbul dikulit? Berapa juga harga canesten di apotik? Berikut ini adalah ulasannya.

Canesten Krim Kulit 

Canesten Krim Kulit ini dapat Anda temukan dengan mudah di toko-toko obat atau apotek sebab pada kemasan Canesten cream terdapat logo lingkaran berwarna biru dengan garis hitam ditepinya. Logo tersebut menandakan bahwa obat Canesten termasuk kedalam golongan Obat Bebas Terbatas yaitu obat yang sebenarnya termasuk obat keras akan tetapi dalam jumlah tertentu masih dapat dijual di apotek serta dapat Anda beli tanpa menggunakan resep dari dokter.

Untuk informasi lebih rinci mengenai Canesten cream, berikut simaklah penjelasannya dibawah ini

Indikasi Canesten krim kulit

Adapun kegunaan dari Canesten cream yaitu dapat digunakan dalam mengobati beberapa hal berikut, antara lain :

  • Candidiasis ialah infeksi yang disebabkan oleh jamur Candida albicans
  • Miliaria rubra atau biang keringat yang disebabkan oleh infeksi jamur Candida albicans
  • Ruam popok yang disebabkan oleh infeksi jamur Candida albicans
  • Onkomikosis adalah infeksi jamur pada kuku
  • Tinea capitis yaitu infeksi jamur pada kulit kepala
  • Pityriasis versicolor yang disebabkan oleh infeksi jamur Malassezia furfur
  • Tinea crusis yaitu infeksi jamur pada selangkangan
  • Athlete’s foot atau Tinea pedis ialah infeksi jamur pada sela-sela jari kaki
  • Tinea corporis yaitu kurap pada tubuh
  • Trikomoniasis yaitu penyakit menular pada wanita yang disebabkan oleh infeksi Trichomonas va gina lis

Komposisi Salep Canesten

Setiap kemasan pada Canesten cream mengandung  Clotrimazole 150 mg dan Hydrocortisone 150 mg. Crotimazole merupakan obat yang termasuk golongan obat anti jamur imidazole.

Obat Salep ini berfungsi dalam mengobati infeksi jamur pada kulit dengan cara mematikan dan menghambat pertumbuhan jamur. Sedangkan, Hydrocortisone adalah obat salep kortikosteroid oles yang berfungsi untuk mengurangi gatal-gatal, kemerahan, serta inflamasi pada kulit.

Dosis dan Cara Pakai Canesten krim kulit

Gunakan salep Canesten 2-3 kali sehari dengan mengoleskannya pada daerah kulit yang terinfeksi secukupnya.

Perkembangan positif dalam pemakaian obat Canesten krim kulit ini ditandai dengan berkurangnya rasa gatal yang umumnya terjadi pada minggu pertama pemakaian obat. Namun, jika dalam waktu 4 minggu tidak terlihat adanya perkembangan positif setelah pemakaian obat, maka diagnosa ulang harus dilakukan.

Cara Kerja Canesten Cream

Zat aktif Clotrimazole yang terkandung dalam Canesten bekerja dengan cara mengubah permeabilitas dinding sel pada jamur. Fosfolipid dalam membran sel diikat oleh Clotrimazole sehingga akan mencegah biosintesis ergosterol dan sterol lainnya yang dibutuhkan dalam memproduksi membran sel. Dengan demikian, unsur intaseluler akan menghilang sehingga sel akan mati.

Cara Penyimpanan

Canesten cream sebaiknya disimpan pada tempat kering yang terlindungi dari sinar matahari dengan suhu ruangan dibawah 30 0C. Serta, jauhkanlah obat ini dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Efek Samping Canesten krim kulit

Pada umumnya, setiap obat-obatan memiliki efek samping dalam penggunaannya, begitu pula dengan Canesten. Adapun efek samping yang dapat ditimbulkan akibat penggunaan Canesten cream pada kulit, antara lain gatal, ruam, kemerahan, menyegat, kulit terasa panas dan seperti dibakar, serta kejadian iritasi umum lainnya.

Baca: 4 Nama Obat Jamur untuk Mengatasi Jamur Kulit dengan Cepat

Peringatan dan Perhatian

Dalam penggunaan obat ini terdapat beberapa hal yang harus Bidhuaners perhatikan guna mencegah efek samping yang dapat ditimbulkan, yaitu :

  • Canesten cream tidak diperbolehkan untuk digunakan oleh pasien yang alergi terhadap clotrimazole atau obat golongan imidazole lainnya
  • Hentikanlah pemakaian Canesten cream jika timbul ruam pada kulit ataupun tanda-tanda lainnya yang menunjukkan reaksi alergi
  • Obat ini tidak dianjurkan untuk digunakan pada anak-anak berusia dibawah 3 tahun

Harga Canesten di Apotik

Adapun terkait harga Canesten krim kulit di apotek, yakni :

  • Produk : Harga Salep Canesten 5gr

Harga : Rp 25.000,-/tube

  • Produk : Harga Salep Canesten 10gr

Harga : Rp 40.000,-/tube

Berikut merupakan informasi mengenai obat Canesten krim kulit, sebagai obat salep kulit untuk mengatasi Jamur Pada Kulit, Panu, Infeksi jamur di selangkangan, Kadas/Kurap, Ruam Popok, dan Kutu Air. Semoga infromasi yang kami berikan ini bermanfaat ya Bidhuaners!



Baca: Salep Miconazole – Obat Topikal Anti-Jamur Golongan Azol untuk Mengatasi Penyakit Kulit