Curcuma fct: Manfaat, Efek Samping, Dosis dan Aturan Minum

9732
Curcuma fct - Manfaat Efek Samping Dosis dan Aturan Minum
Curcuma fct - Manfaat Efek Samping Dosis dan Aturan Minum

Bidhuan.id – Curcuma fct penambah nafsu makan selalu menarik untuk dibicarakan. Sebelum produk hasil ekstraksi temulawak seperti curcuma fct diperjualbelikan secara bebas, masyarakat umumnya mengkonsumsi air rebusan temulawak atau menyaring parutannya. Biasanya, cairan yang didapatkan dari rebusan atau saringan ini dijadikan minuman yang memiliki khasiat meningkatkan nafsu makan dan menjaga kesehatan organ tubuh. Lalu, apakah temulawak yang sudah diproses ini juga memiliki khasiat yang sama untk dewasa dan anak-anak? bagaimana aturan minum curcuma fct dan efek samping? Apa manfaat lainnya selain untuk penambah nafsu makan? Lihat jawabannya dibawah ini.

Apa Isi Kandungan Curcuma fct?

Dalam setiap tablet curcuma fct, terdapat ekstrak curcuma xanthorrhiza sebanyak 20 mg. Karena diperjualbelikan dalam bentuk ekstrak, maka kandungan zat aktif dalam tiap kaplet telah diperkaya dan dipadatkan.

  • Manfaat Curcuma fct untuk dewasa dan anak

Karena berbahan dasar temulawak yang merupakan herbal alami, manfaat curcuma fct pun tak jauh berbeda dari manfaat pasti obat keluarga ini. Beberapa diantaranya adalah:

  • Memelihara Kesehatan Organ Hati

Dengan kandungan katagoganya, ekstrak temulawak mampu menjaga kinerja optimal hati. Zat aktif yang berperan adalah minyak asirin.

  • Melancarkan Buang Air Besar

Dengan kandungan seratnya yang cukup tinggi, obat curcuma fct juga mampu mendorong sisa pencernaan yang tertumpuk di dalam usus.

  • Mengeluarkan Racun Dari Tubuh

Kandungan Pheladren membantu mengeluarkan racun yang beredar dalam tubuh melalui sekresi air seni.

  • Memperbaiki Proses Metabolisme

Manfaat inilah yang sering dicari oleh para konsumen. Temulawak dapat meningkatkan metabolisme tubuh secara keseluruhan. Hal ini disebabkan oleh kandungan pati dan tumerol di dalamnya.  

  • Mengobati Penyakit Amenore

Penyakit ini biasanya dialami oleh para wanita. Amenore merupakan gangguan sistem metabolisme yang menyebabkan haid atau datang bulan tidak teratur. Dengan mengkonsumsi ekstrak temulawak secara teratur, efek penyakit ini dapat perlahan menghilang.

  • Efek samping Obat Curcuma fct

Semua produk yang diproduksi secara massal di pabrik memiliki kandungan bahan kimia tambahan yang akan menyerang tubuh. Beberapa efek samping obat curcuma fct yang mungkin terjadi karena campuran bahan kimia tersebut diantaranya:

  1. Mual ringan
  2. Iritasi lambung atau nyeri ulu hati

Jika dikonsumsi sesuai dengan dosis dan aturan yang diberikan, maka efek ini tidak akan muncul. Pemakaian melebihi dosis dan dalam jangka waktu lama akan memunculkan gejala yang disebutkan diatas dan merusak fungsi lambung untuk konsumsi dalam waktu lama.

  • Dosis Dan Aturan Pakai Obat Curcuma fct

Satu produk ekstrak temulawak ini dapat mengobati beberapa jenis penyakit. Untuk setiap indikasi, konsumen harus mengkonsumsi dosis yang berbeda pula.

  • Curcuma fct untuk nafsu makan

Bagi pasien yang mengalami penurunan nafsu makan atau gejala ringan anoreksia dianjurkan untuk mengkonsumsi obat ini sebanyak satu atau dua tablet setiap hari.

  • Gangguan Ikterus Karena Tersumbat

Untuk konsumsi awal, konsumen diminta untuk mengkonsumsi sebanyak satu sampai dua tablet setiap hari. Jika dianjurkan oleh dokter, maka dosis bisa ditingkatkan menjadi tiga tablet per hari.

  • Mengatasi Amenore

Para wanita yang mengalami gangguan haid, bisa mengkonsumsi obat temulawak ini satu sampai dua tablet per hari. Disarankan untuk mulai mengkonsumsi pada hari pertama siklus haid.

Baca: Curcuma Tablet Penambah Nafsu Makan – Aturan Minum, Efek Samping, Dosis dan Harga

Aturan minum Curcuma fct dan efek samping

Seperti sudah disinggung di atas, ada hubungan yang erat antara aturan minum curcuma fct dan efek samping yang mungkin timbul. Selama konsumen mengikuti aturan pakai berikut, maka efek samping dapat dihindari.

  1. Konsumsi obat setelah makan atau pada saat makan, agar iritasi lambung dapat dihindari.
  2. Untuk konsumsi beberapa tablet per hari, pastikan ada jarak waktu yang cukup antara konsumsi pertama dan kedua.
  3. Sebaiknya obat ini disimpan pada tempat sejuk, bersuhu kamar, dan jauh dari jangkauan anak.

Temulawak telah dipercaya secara turun temurun sebagai tanaman herbal yang mampu menjaga kesehatan organ hati dan meningkatkan nafsu makan. Dalam bentuk ekstrak, temulawak tidak kehilangan fungsi utamanya. Namun sayangnya, ada efek samping yang harus diperhatikan. Konsumen diharapkan membaca dengan jeli aturan pakai dan juga dosis curcuma fct yang dianjurkan, untuk menghindari efek yang tak diinginkan.



Baca: Curcumin Prospektif untuk Obat Luka Karena Diabetes