Acyclovir Obat Apa: Penjelasan, Indikasi dan Peringatan Penggunaan Obat

1016
Acyclovir Obat Apa - Penjelasan Indikasi dan Peringatan Penggunaan Obat
Acyclovir Obat Apa - Penjelasan Indikasi dan Peringatan Penggunaan Obat

Bidhuan.id – Acyclovir Obat Apa? Sebagian orang memang mungkin belum mengenal sebenarnya Acyclovir obat apa. Padahal obat ini sangat direkomendasikan oleh dokter untuk mengatasi infeksi varicella zoster, herpes simplex, dan campak. Lalu, bagaimanakah obat ini bekerja dalam mengatasi berbagai permasalahan kulit ini? Apakah obat acyclovir untuk cacar air? Selain itu juga acyclovir untuk ibu hamil dan ibu menyusui itu apakah aman digunakan? Berikut akan dijelaskan mengenai cara kerja, indikasi, dan kontraindikasi dari pemakaian obat acyclovir cream (salep) dan tablet.

Mengenal Obat Acyclovir

Sebenarnya Acyclovir obat apa? Obat ini adalah obat antivirus yang mampu memperlambat replikasi virus dan sintesis DNA, sebagai contoh virus herpes simplex oral (HSV-1) dan genital (HSV-2) serta virus varicella zoster (VZV). Obat ini mampu mengatasi virus herpes pada tubuh meskipun sifatnya hanya sebagai pertolongan pertama saja.

Memiliki nama lain ACV atau acycloguanosine, obat ini bekerja dengan cara diubah oleh protein timidin virus (VZV, HSV-1, dan HSV-2) menjadi Acyclovir monofosfat. Setelah itu, senyawa ini kemudian diubah guanylate kinase menjadi difosfat dan akhirnya menjadi trifosfat yang diubah oleh phosphoglycerate kinase, piruvat kinase, dan phisphoenolpyruvate carboxykinase.

Perubahan terakhir inilah yang mampu memperlambat polymerase DNA virus dan bekerja sama dengan bentuk alami deoxyguanosine triphosphate untuk masuk menuju DNA virus. Senyawa ini nantinya akan bekerja sebagai terminator rantai yang mampu memperlambat sintesis DNA.

Walaupun telah berubah menjadi senyawa aktif, Acyclovir memiliki sifat selektif dan mempunyai sitotoksisitas cukup rendah akan sel normal sehingga infeksi tidak akan terjadi.

  • Acyclovir Tablet dan Salep (cream)

Obat ini tersedia dalam bentuk tablet dan cream (salep). Dalam bentuk tablet, obat ini tersedia dalam dosis obat Acyclovir 400 mg dan 200 mg. Sedangkan untuk bentuk cream, obat ini tersedia dalam dosis 5% dan 3%.

  • Indikasi dan Kegunaan Acyclovir

Dengan mekanisme kerja Acyclovir yang telah dijelaskan di atas, obat ini dapat digunakan dalam beberapa hal sebagai berikut.

  • Mengatasi infeksi varicella zoster (acyclovir untuk cacar air).
  • Mengatasi herpes simplex berat yang dialami oleh kulit dan membrane mukosa.
  • Mengatasi herpes simplex encephalitis untuk neonatus yang berusia dibawah enam bulan.
  • Mengatasi Herpes Zoster tahap awal dan berulang.
  • Mengatasi herpes genital tahap awal dan berulang.
  • Mencegah kambuhnya herpes simplex untuk pasien immune compromised.
  • Kontraindikasi Obat Acyclovir

Sebelum menggunakan obat ini, ada baiknya untuk memperhatikan peringatan yang tertera dalam kemasannya. Obat ini tidak boleh digunakan orang yang mengalami berbagai hal berikut.

  • Memiliki alergi atau hipersensitif akan Acyclovir dan Valassiclovir.
  • Penggunaan Acyclovir untuk ibu hamil dan menyusui tidak disarankan.

Baca: Trifamycetin: Salep Antibiotik untuk Atasi Infeksi Bakteri di Kulit

Peringatan dan Perhatian

Baik obat Acyclovir salep (cream) maupun tablet, penggunaannya harus didasari oleh resep dokter. Selain itu, pengguna perlu memperhatikan beberapa hal penting berikut.

  • Untuk mengurangi efek samping bagi saluran pencernaan, minum obat ini bersamaan atau setelah makan.
  • Obat ini dapat menimbulkan kantuk sehingga hindari berkendara setelah meminumnya.
  • Penggunaan Acyclovir untuk ibu menyusui dan hamil sangat disarankan untuk lebih dulu mendapat dan menggunakan resep dokter.
  • Obat ini dapat menimbulkan gangguan pada ginjal. Untuk itu, sangat disarankan untuk banyak meminum air putih untuk menghindari dehidrasi.
  • Konsumsi obat sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dokter.

Acyclovir merupakan pilihan terbaik dalam mengatasi berbagai virus yang menyerang tubuh seperti herpes simplex oral dan genital serta varicella zoster. Untuk hasil yang lebih maksimal, pasien wajib untuk menggunakan obat ini tepat waktu sesuai dengan anjuran dokter. Selain itu, konsultasikan berbagai keluhan dan gejala yang sering muncul dengan dokter apabila tidak kunjung membaik. Jadi, tidak perlu bingung lagi sebenarnya Acyclovir obat apa.



Baca: Tetracycline Antibiotik Kegunaan, Dosis, dan Efek Sampingnya