Vitrolenta (Obat tetes mata) : Kegunaan, Dosis, Efek Samping dan Harga

10075
Vitrolenta (Obat tetes mata) - Kegunaan Dosis Efek Samping dan Harga
Vitrolenta (Obat tetes mata) - Kegunaan Dosis Efek Samping dan Harga

Bidhuan.id – Obat Vitrolenta tetes mata atau yang biasa dikenal juga dengan cendo vitrolenta merupakan obat yang dapat mengatasi berbagai keluhan mata. Namun sayangnya masih banyak yang tidak tahu bahwa vitrolenta adalah salah satu obat tetes mata yang cukup bagus. Sebagian besar dari kita mungkin asing atau bahkan belum pernah mendengar produk yang satu ini. Faktanya, obat tetes mata Vitrolenta ini sudah ada sejak cukup lama dan terbukti ampuh dalam mengobati bermacam gangguan pada mata. Untuk lebih jelasnya, ada baiknya kita cari tahu lebih banyak tentang obat tetes mata ini.

Kegunaan Obat Vitrolenta (Obat Tetes Mata)

Seperti yang sudah disebutkan di atas, vetrolenta adalah obat yang khusus dirancang untuk menyembuhkan berbagai keluhan atau gangguan yang seringkali muncul pada mata. Sebagai salah satu panca indera yang sangat vital perannya, wajar jika kita mendapati banyak obat yang diciptakan khusus untuk mata, tak terkecuali vetrolenta.

Lebih dari sekedar tes mata, obat yang satu ini memiliki beberapa kemampuan yang tak dimiliki obat mata lain. Apa saja?

Komposisi

Keampuhan obat vetrolenta dalam mengatasi berbagai keluhan mata tentu bukan tanpa sebab. Obat mata yang satu ini terdiri dari dua komposisi pokok yang membuatnya dapat bekerja secara maksimal. Kedua bahan tersebut ialah 5 mg Potassium Iodide dan 10 mg Sodium Iodide yang merupakan bahan kimia yang bersahabat bagi mata.

Indikasi Cendo Vitrolenta

Jika pada umumnya obat tetes mata hanya bekerja untuk mengobati iritasi atau mata merah, obat mata yang satu ini dapat melakukan lebih dari itu. Selain bisa digunakan untuk mengobati mata merah, obat mata ini juga mampu untuk mengobati pendarahan serta keruh pada tubuh mata dengan berbagai macam penyebabnya. Selain itu, obat ini juga mampu menyembuhkan keruh pada lensa mata yang kita ketahui sebagai gejala awal katarak senilis.

Dosis Obat Vitrolenta

Membahas perihal dosis cendo vitrolenta, tentu kebutuhan dan keluhan tiap orang akan berbeda. Namun pada umumnya ada patokan atau petunjuk yang dapat digunakan untuk menghindari over dosis.

Jangan gunakan lebih dari tiga kali sehari. Gunakan obat ini antara 1-3 kali sehari dalam rentang waktu yang tentu tidak boleh berdekatan.

Cara Pemakaian Obat Tetes Mata Cendo vitrolenta

Karena kemampuannya yang lebih dari obat tetes mata yang lain, cara pemakaiannya tentu juga akan berbeda. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Sebelum menggunakan, pastikan tangan Anda sudah steril terlebih dahulu.
  2. Setelah itu buka tutup botolnya lalu periksa kondisi penetes pada botol dan pastikan bahwa penetesnya dalam konsisi baik.
  3. Jika sudah, condongkan kepala ke belakang sambil menarik kelopak mata yang akan dites.
  4. Gunakan satu tangan lainnya untuk mengetes cairan ke mata dengan jarak sewajarnya.
  5. Jangan langsung berkedip setelah dites. Setelah beberapa saat barulah tutup mata selama 2-3 menit lalu bersihkan obat yang menetes di wajah.

Cara Penyimpanan Obat

Simpan obat ini di ruangan dengan kondisi ruangan yang sejuk dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Cara Kerja Obat

Kandungan Potassium Iodide dan Sodium Iodide dalam obat mata ini secara perlahan akan membunuh terlebih dahulu berbagai kuman yang ada di mata sebelum melapisi mata sebagai pelindung dari debu dan benda kecil lain.

Efek Samping Obat Vendo vitrolenta (Obat Tetes Mata)

Iritasi ataupun rasa terbakar yang mungkin muncul jika obat diteteskan dalam waktu yang berdekatan

Kontra Indikasi

Obat yang memiliki nama asli cendo vitrolenta ini tidak dianjurkan untuk digunakan pada anak dibawah umur 12 tahun.

Baca: Penyebab Mata Bengkak dan Daftar Nama Obatnya

Peringatan dan Perhatian

Hindari pemakaian berlebih karena dapat menyebabkan iritasi dan rasa terbakar pada mata.

Kemasan dan Harga Obat Vitrolenta tetes mata 

Berikut ini adalah info harga Obat Vitrolenta (Obat tetes mata) di apotik:

  • Harga vetrolenta tetes mata satu botol vetrolenta isi 5 ml dijual pada kisaran Rp 45.000,- hingga Rp 50.000,-.
  • Tersedia juga dalam bentuk kemasan, satu kemasan berisi lima ampul dengan kisaran harga yang sama.

Diproduksi oleh PT. CENDO PHARAMEUTICAL

Ternyata obat mata ini bukan obat mata sembarangan. Meskipun masih jarang didengar namanya, Obat tetes mata vetrolenta memiliki kemampuan yang tak dimiliki obat tetes mata lain.



Baca: 4 Obat Iritasi Mata untuk Mengatasi Mata Merah, Bengkak dan Belekan