Caviplex Tablet / Syrup: Manfaat, Dosis, Efek Samping dan Harga

0
3035
Caviplex Tablet atau Syrup - Manfaat Dosis Efek Samping dan Harga
Caviplex Tablet atau Syrup - Manfaat Dosis Efek Samping dan Harga

Bidhuan.id – Caviplex, obat apa itu? Bagi kebanyakan orang, Caviplex tablet atau syrup pasti tidak terdengar asing lagi. Ya, obat yang satu ini memang seringkali diresepkan oleh Dokter untuk berbagai fungsi dan tujuan. Selain manfaat Caviplex yang beragam, obat yang satu ini memang aman untuk dikonsumsi mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga ibu yang sedang hamil dan menyusui. Lalu, seperti apa konsumsinya dan seberapa banyak dosis yang dianjurkan dan apa saja efek samping caviplex tablet yang mungkin muncul? Berapa pula harga caviplex di Apotik? Berikut ini ulasannya.

Manfaat Caviplex Syrup dan Tablet

Pada dasarnya, Caviplex adalah obat yang sering juga disebut multivitamin, yang akan sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Banyaknya kandungan dan jenis vitamin serta mineral di dalam obat ini tak hanya berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh, namun juga untuk mengobati berbagai penyakit yang datang. Itulah sebabnya banyak orang yang pasti pernah mengkonsumsi Calviplex baik itu caviplex syrup maupun caviplex tablet.

Komposisi Caviplex

Dengan segala kemampuannya, obat Calviplex tentu dibekali berbagai macam kandungan sehingga aman dan baik untuk dikonsumsi secara rutin. Berikut beberapa kandungannya:

  • 10 mg Vitamin E
  • 0,1 mg Biotin
  • 1 mg Asam Folat
  • 20 mg Nicotinamide
  • 5 mg Ca Panthothenat
  • 135 mg Fe Fumarat
  • 50 mg Asam Glutamat

Indikasi Caviplex

Obat yang satu ini sangat dianjurkan untuk mereka yang kekurangan asupan gizi dan vitamin. Obat ini juga dianjurkan untuk mencegah anemia yang disebabkan karena kekurangan zat besi atau mencegah penyakit lainnya.

Obat ini aman dikonsumsi untuk anak yang dalam masa pertumbuhan, ibu yang sedang hamil atau menyusui, dan untuk mengembalikan energi setelah menjalankan pekerjaan berat dan melelahkan.

Dosis Caviplex tablet dan syrup

Karena suplemen ini tersedia dalam bentuk tablet dan syrup, dosis mengkonsumsinya pun juga berbeda.

Orang dewasa dan anak-anak diatas 12 tahun dianjurkan untuk mengkonsumsi Caviplex tablet tiga kali sehari. Khusus untuk dewasa, dosis bisa diperbanyak jika memang disarankan oleh dokter. Sementara itu, anak-anak dibawah 12 tahun disarankan untuk meminum Caviplex syrup satu sendok gula per harinya.

Cara Pemakaian

Seperti yang sudah disebut pada dosis di atas, ada berbagai cara mengkonsumsi suplemen ini baik untuk bentuk tablet maupun syrup. Obat dalam bentuk tablet dapat dikonsumsi ketika makan atau bersamaan dengan air mineral. Sedangkan untuk yang syrup, minum air mineral setelah mengkonsumsi obat ini.

Cara Penyimpanan Obat

Obat sebaiknya disimpan pada suhu di bawah 25°C, namun jangan sampai membeku. Obat ini bisa juga disimpan di kulkas atau tempat sejuk lainnya.

Cara Kerja Obat 

Kandungan multivitamin, kalk, dan asam glutamate dalam obat ini bekerja secara bersamaan untuk mendukung dan meningkatkan daya tahan tubuh. Multivitamin berfungsi untuk mencegah penyakit, dan kalk berfungsi untuk mencegah alergi. Sementara itu, asam glutaman berfungsi sebagai sumber energi.

Efek Samping Minum Caviplex 

Walaupun dikenal manjur, obat caviplex tablet/syrup ini memiliki beberapa efek samping seperti menyebabkan kantuk dan sedikit pusing kepala jika berlebihan dikonsumsi.

Kontra Indikasi

Multivitamin ini aman dikonsumsi oleh siapa saja selama dalam dosis dan pemakaian yang wajar.

Baca: Mecobalamin Injeksi dan Kapsul: Indikasi, Kegunaan, Dosis, Efek Samping dan Harga

Peringatan dan Perhatian

Hindari overdosis, terlebih pada anak-anak pada usia di bawah 12 tahun karena dapat menyebabkan keracunan.

Kemasan dan Harga caviplex tablet dan Syrup

Harga caviplex digolongkan menjadi dua macam, berikut perinciannya:

  • Caviplex dalam bentuk tablet djual dengan harga Rp 5.300,- per strip, satu stripnya berisi 10 tablet
  • Caviplex dalam bentuk syrup dijual dengan harga Rp. 6.000,- per botol

Obat ini diproduksi oleh PT. ERELA

Harus diakui, obat dan multivitamin yang satu ini memang disarankan untuk dikonsumsi secara rutin. Penggunaan secara rutin dan sesuai dosis maupun saran dokter diyakini akan membuat seluruh kandungan dalam calviplex bekerja secara optimal.



Baca: 10 Suplemen Kalsium untuk Ibu Hamil dan Menyusui Berserta Harganya