Dextral obat apa? Kegunaan, Dosis, Efek Samping dan Harga di Apotik

0
1256
Dextral obat apa - Kegunaan Dosis Efek Samping dan Harga di Apotik
Dextral obat apa - Kegunaan Dosis Efek Samping dan Harga di Apotik

Bidhuan.id – Dextral obat apa? Dibandingan dengan obat sejenis yang lain, obat dextral bisa dibilang masih jarang didengar di kalangan umum. Obat yang berbentuk tablet atau biasa juga disebut dextral tablet ini biasa dikonsumsi oleh mereka yang sedang menderita batuk, flu, maupun demam. Tak hanya itu saja, Obat ini ternyata memiliki khasiat yang cukup banyak apa sajakah itu? Apa juga indikasi dextral forte? Berapa Dosis Obat dextral tablet ini? Apa saja efek samping dari penggunaan obat dextral? Berapa harga obat dextral di apotik?  . Mari cari tahu lebih banyak dengan membaca ulasannya dibawah ini.

Kegunaan  Obat Dextral

Pada umumnya obat dextral dikonsumsi untuk mengobati beberapa alergi seperti alergi pada serbuk bunga maupun batuk yang sering ditimbulkan karena alergi terhadap hal tertentu. Tak hanya mengobati batuk, obat ini juga sering digunakan untuk mengobati tenggorokan gatal, pilek, hingga mata berair. Untuk memahami informasi lebih jelas mengenai dextral obat apa, mari kita lihat komposisi obat ini.

Komposisi Obat Dextral

Dextral adalah obat yang terdiri dari beberapa kandungan, seperti:

  • 10 mg Dextromethorphan HBr
  • 50 mg Glyceryl Guaiacolate
  • 12,5 mg Phenylpropanolamine HCl
  • 1 mg Chlorpheniramine Maleate

Indikasi Obat Dextral

Obat yang bernama lengkap Dextral Forte ini cocok dikonsumsi untuk mereka yang sedang mengalami batuk karena alergi, batuk tidak berdahak, bersin, dan hidung tersumbat karena influenza. Jika pasien menderita semua penyakit tersebut dalam waktu bersamaan, ada baiknya menkonsumsi obat yang satu ini karena komposisinya memang dirancang untuk mengatasi beberapa indikasi tersebut.

Dosis Dextral Tablet 

Dextral tablet aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewasa. Untuk orang dewasa, dosis yang tepat adalah tiga kaplet dalam sehari. Sedangkan untuk anak usia 6-12 tahun, dianjurkan untuk mengkonsumsi setengah kaplet saja sebanyak tiga kali dalam sehari.

Cara Pemakaian

Obat ini dapat dikonsumsi dengan makanan maupun minuman. Walaupun lebih mudah dan praktis ketika dikonsumsi dengan minuman, obat ini tetap bekerja dengan baik ketika dikonsumsi bersamaan saat makan. Cara lain untuk mengkonsumsi obat dalam bentuk tablet ini ialah dengan cara melarutkannya dengan air. Cara ini juga tak akan mengurangi manfaat dan khasiat dari obat itu sendiri.

Cara Penyimpanan Obat 

Disarankan untuk menyimpan obat ini pada kisaran suhu 15-25°C. Jangan sampai membeku ataupun terkena air kecuali ketika akan dikonsumsi. Jauhkan juga dari jangkauan anak-anak agar tidak dikonsumsi secara sembarangan.

Cara Kerja Obat

Setelah dikonsumsi, obat ini akan bekerja sebagai antitusif, dimana kandungan Ekspektoran dan Antihistamin-nya akan mengobati berbagai penyakit yang sedang dialami. Selain itu, kandungan Dekongestan-nya akan bekerja untuk menyehatkan hidung dari mampet ataupun pilek.

Efek Samping Obat Dextral

Seperti obat pada umumnya, obat Dextral ini menimbulkan efek samping setelah dikonsumsi. Berikut beberapa efek samping dari penggunaan Obat dextral  yang mungkin dialami:

  • Mengantuk
  • Gangguan pencernaan dan psikomotor
  • Mulut kering
  • Retensi urin

Kontra Indikasi

Suplemen ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh mereka yang menderita penyakit darah tinggi,  jantung, paru-paru, dan berbagai kelainan organ dalam lainnya.

Baca: Obat Fasidol – Obat Penurun Panas Demam dan Pereda Nyeri untuk Semua Umur

Peringatan dan Perhatian

Obat ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh mereka yang memiliki penyakit jantung dan diabetes mellitus, dan mereka yang memiliki hipersensitif terhadap kandungan obat ini.

Kemasan dan Harga Dextral

Berikut ini adalah harga Obat Dextral Tablet di apotik:

Dalam satu dus, terdapat 15 kemasan yang masing-masing berisikan 10 tablet. Harga satu dusnya ada pada kisaran Rp 50 ribuan.

Obat ini diproduksi oleh PT. MOLEX AYUS PHARMACEUTICAL

Meski masih jarang didengar, obat yang satu ini ternyata tak kalah berkhasiat dengan obat sejenis yang lain. Sebagai penyakit yang paling umum dan paling sering menjangkit kita, batuk dan pilek memang dapat diatasi dengan beragai macam obat. Salah satunya adalah dengan Obat dextral, yang tersedia dalam bentuk tablet.



Baca: Obat Anakonidin – Obat Batuk Sirup Tanpa Alkohol yang Bagus untuk Anak